Say Good Bye to Peter

Akhirnya setelah sekian lama mendampingi para MPers kedudukan Peter Pezaris sebagai CEO dari situs yang dibangunnya pun bergeser. Multiply, rumah yang dibangun Peter dan kawan2 di tahun 2003-2004 dan telah menjadi rumah para MPers sekian lama akhirnya tidak lagi dalam genggaman pendirinya.

Kami, para MPers sudah sering merasakan jatuh bangunnya MP bersama Peter, dari heboh2nya MP sebagai situs tukar menukar MP3 sampai berubah kelamin berkali-kali. Yah MP terpaksa menutup kemampuan mendownload lagu karena kalah dalam pengadilan, sekarang bahkan upload lagu di MP sudah dilarang, oke lagu pernah jadi salah satu kekuatan MP dan pada akhirnya dijadikan senjata pihak lain menjatuhkannya, tapi itu tidak menjatuhkan derajat MP dimata kami para MPers.

ppezaris Say Good Bye to Peter  wallpaperKami tetap nyaman berada dalam Multiply, beraktifitas sehari hari saling berkomunikasi dengan MPers lain, ya kami memberikan detak kehidupan di Multiply, bahwa Multiply belumlah habis, bahwa MP masih tempat terbaik bagi kami. Kami sadar meskipun Multiply tidak setenar blogspot maupun wordpress tapi tidak ada tempat senyaman MP, realtime reply, inbox teratur, setting privacy posting, pemisahan content yang jelas, blog, lagu, video, notes, message, photos bahkan resep, kalender dan review.

Banyak keunggulan MP yang membuat kami enggan berpaling, kami juga terhindar dari komentar spam anonymouse karena MP menerapkan kebijakan no account no comment. Akhirnya keunggulan2 itu membuat sebagian dari kami sadar, kami bisa mendapatkan pemasukan dari komunitas dan fasilitas di MP.

Mengupload foto2 kreasi sendiri mendapat pujian dan akhirnya terjadi transaksi, kemudian barulah muncul keinginan menjual barang secara online disini, tidak masalah karena selama ini kami saling mengenal satu sama lain, lalu muncullah MPers baru yang juga ingin berjualan secara online, sayang kebanyakan dari mereka tidak tahu adat, sering guestbook kami dibanjiri iklan sampah mereka,

Buat aku gampang, setiap MPers yang ngejunk iklan di tempatku langsung ku masukan filter block dan kumaki2, lambat laun jenis MPers baru ini semakin banyak, mereka ini sering disebut online seller, karena berbeda dengan kami yang memang murni berada di Multiply untuk saling menulis dan berbagi, ya kami blogger, blogger yang ngeblog dalam jejaring sosial bernama multiply.

BACA JUGA:   Farewell

Saat ini online seller membentuk kesepakatan bersama salah satu poinnya adalah tidak ngejunk sembarangan termasuk ke rumah para blogger, dan kami sendiri juga enggak mau ambil pusing dengan barang dagangan para online seller. Banyak persinggungan tapi kami anggap hal itu adalah wajar karena bagi kami seperti hidup dalam 1 rumah dengan dua dunia berbeda.

Namun, dengan diakusisinya Multiply oleh Nasper, entah kenapa Peter bisa memberikan Multiply pada Nasper, benarkah MP benar2 telah bangkrut sehingga terpaksa harus menjual diri pada lintah darat macam Nasper, setahu aku sejak resmi dijajah Nasper, praktis hidup kami sebagai blogger semakin sulit di MP, karena tujuan Nasper jelas, Vini Vidi Vici, Mereka ingin menjadikan MP senjata untuk mengeruk keuntungan bisnis online.

Hidup kami di Multiply seolah hidup segan mati tak mau, kemunculan reps office di Indonesia dan Filipina tak lepas dari gesekan2 keras dengan para blogger, diantaranya tindakan represif para pegawai Multiply terhadap para user, tindakan pengancaman, memecah belah, dan serentetan ketidakberesan yang terjadi membuat kami muak terhadap cecunguk2 yang baru saja lahir dalam dunia multiply.

Peter, adalah orang yang kami hargai sebagai MPers, karena beliau adalah orang tua kami para MPers dan kami telah mengalami masa pasang surut bersama. Kami tahu Peter mencintai Multiply sama seperti kami mencintai Multiply, tapi aku tidak yakin anak2 baru itu bisa mencintai Multiply dengan hati mereka seperti apa yang kami rasakan.

Sekarang dengan kepergian Peter dari Multiply, itu menorehkan luka kepada kami, dan ketidakpastian tentang masa depan blogger, ya Peter pernah berjanji pada kami akhir tahun lalu, kami masih akan tetap bisa blogging di Multiply, ia menjanjikan itu, tetapi setelah ia resmi tidak lagi menjabat, kami tidak bisa mengandalkan janjinya akan dilaksanakan seorang pekerja Nasper.

BACA JUGA:   Daftar Blog Baru Keluarga MPers

Saya terlalu khawatir? mungkin iya, tapi setidaknya tindakan represif yang diperlihatkan para cecunguk itu sudah memperlihatkan sinyal yang buruk terhadap kelangsungan blogger di Multiply, saya akhirnya memutuskan pindah kesini, ya saya memilih sebuah rumah baru untuk saya tempati sewaktu-waktu jika rumah kami di Multiply benar2 dihancurkan.

Akhirnya saya ucapkan selamat jalan Peter, terimakasih telah memberikan kepada kami para MPers cinta terhadap Multiply, cinta terhadap persaudaraan sesama blogger Multiply. Kita tidak tahu apa yang terjadi esok hari tetapi kami tahu kami masih bisa menyimpan kenangan kebersamaan para MPers dalam hati kami masing2, dan kali ini tidak akan ada satu cuilpun cecunguk Nasper mampu mengambilnya dari hati kami.

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan untuk “Say Good Bye to Peter

  • Mei 16, 2012 pada 2:14 am
    Permalink

    ajarin gw dong bikinnya, mas Pri…

    Balas
    • Mei 16, 2012 pada 8:28 am
      Permalink

      gawe opo ded? WP?

      Balas
    • Mei 12, 2012 pada 2:58 am
      Permalink

      yah moga2 sih ora ana apa2 lah

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: