Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian

Siap Darling. Pada hari Selasa 12 November, ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Jogja yang tergabung dalam Darling Squad mengikuti acara Candi Darling, Candi Darling sendiri merupakan bagian dari Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) Sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Djarum Foundation untuk mengajak generasi milenial tidak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata menjadi bagian dari gerakan peduli terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian 1

Siap Darling, Candi Darling

Candi Darling di selenggarakan di dua lokasi Candi yang berada di perbukitan Shiva Plateau, sebuah perbukitan purba yang terletak di sebelah selatan Candi Prambanan ini tidak hanya memiliki kecantikan alam luar biasa tetapi juga merupakan tempat berdirinya beberapa situs purbakala seperti Candi Ijo, Candi Barong, Candi Banyunibo, Kraton Ratu Boko serta beberapa petilasan yang terserak di perbukitan Shiva Plateau.

Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian 2

Acara Candi Darling dipusatkan di dua situs bersejarah yakni Candi Ijo dan juga Keraton Ratu Boko. Pemilihan kedua situs ini karena kedua situs bersejarah ini menjadi daya tarik wisatawan terutama generasi muda untuk mengabadikan sunset di yang tenggelam di sore hari. Selain itu kondisi kedua area tersebut cukup panas, terutama di musim kemarau yang membuat pengunjung merasa kepanasan. Berangkat dari hal tersebut, Vice Presiden Director Djarum Foundation FX Supanji menyatakan Djarum Foundation berkomitmen untuk menggerakkan generasi milenial lewat Siap Darling agar dapat menumbuhkan rasa bangga dan memiliki serta merawat situs bersejarah yang ada di Indonesia. Serta agar mereka kelak dapat meniptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:   Berkontribusi untuk Negeri Bareng PRUvolunteers di Selopamioro

Di situs Ratu Boko ada sekitar 1350 tanaman perdu dan semak berbunga seperti bunga bougenvil, tanjung merak, soka dan kepel. Sementara di Candi Ijo, ditanam 1000 tanaman soka, ruellia dan melati. Tanaman ini berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman Djarum Foundation yang dikelola sejak 1979 di Kabupaten Kudus.

Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian 3

Ketua unit kerja situs Ratu Boko dan Candi Ijo Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. Dra Tri Hartini memberikan apresiasi kepada program Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan gerakan Siap Darling dan Candi Darling ini karena memberikan pengaruh baik bagi generasi muda sekaligus ikut serta berperan merawat situs cagar budaya.

Di lokasi acara, para darling squad juga mendapatkan workshop bertema “pilah sampah jadi berkah” dari Kertabumi dalam workshop ini mahasiswa diajak untuk memanfaatkan kembali sampah sebagai bendar bernilai ekonomis dan dapat dipergunakan kembali.

 

Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian 4
@siapdarling

Untuk menarik generasi milenial, Studio Antelope juga turut menyemarakkan dengan workshop gratis tentang pembuatan video bagi generasi millenial, tahu sendiri kan klo saat ini banyak banget milenial yang menggunakan media video di platform youtube dan instagram dan hobi mereka itu bisa menambah portofolio karya dan kesempatan bekerjasama dengan banyak pihak

BACA JUGA:   BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo

Siap Darling, Karena Membuat Perubahan itu Ga Bisa Sendirian 5

Dalam acara yang sama, para Darling Squad selanjutnya dihibur oleh penampilan Kunto Aji. Hujan rintik di malam hari tidak mengurangi kemeriahan dan semangat para Darling Squad yang seharian ikut dalam Aksi Darling di Candi Ijo dan Ratu Boko. Rasa kebersamaan begitu terasa diantara para peserta, karena membuat perubahan itu, gak bisa sendirian.

siap darling candi ijo ratu boko

Selain di Candi Ijo dan Ratu Boko, Aksi Candi Sadar Lingkungan ini telah dilaksanakan di beberapa Candi Indonesia seperti di kawasan Candi Prambanan, Candi Roro Jonggrang, Candi Sewu, Candi Bubrah serta Candi Lumbung, serta diikuti di situs warisan sejarah Benteng Van Den Bosch yang terletak di Ngawi, Jawa Timur.

8 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.