Tag: heritage

Leaves Crown

Jamanku kecil, sering main perang2an gaya kerajaan, ada yang jadi raja ada yang jadi prajurit, biasanya rajanya sih yang bawang kothong, prajuritnya anak2 yang lebih gede bertugas melindunginya. Nah senjata yang kita pakai, ada pedang-pedangan dari batang daun pisang, keris dan...

Jogja Ora Didol

Yogyakarta, dikenal sebagai kota, sebagai provinsi, tetapi lebih penting lagi dikenal sebagai rumah bagi banyak warga negara Indonesia. Tak berlebihan kiranya jika ada istilah as homy as Jogja, karena banyak manusia Indonesia pernah merasakan keramahan Jogja, baik sebagai wisatawan ataupun juga...

Beda kota beda batiknya

Indonesia memang terkenal dengan negeri batik, dan sudah diakui bahwa batik merupakan kekayaan intelektual bangsa Indonesia. Kekayaan intelektual, berarti bahwa setiap corak batik merupakan sebuah kekayaan intelektual, ada sebuah proses kreatif untuk menciptanya, dan tentu saja, ada sebuah pesan yang ingin...

Sirnaning Antareja

Antareja terdiam, dadanya penuh sesak oleh pikiran2 yang menggelisahkan. Dihadapannya, sesosok manusia yang konon maha bijak, manusia titisan dewa, Sang Hyang Kresna memintanya untuk menjilat telapak kakinya sendiri. Matanya nanar menatap Narayana Kresna, permintaan ini bukanlah permintaan sembarangan, karena Sri Kresna...

Hari Baik

Buat orang Indonesia, untuk melaksanakan prosesi pernikahan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti menyiapkan undangan unik, sewa gedung, catering, baju pernikahan, menentukan hari baik dan lain sebagainya. Khusus orang jawa pasti ngerti banget maksudnya “hari baik”. Hari Baik adalah hari...

Menjual persepsi

Hari kamis kemaren ada acara sekolah main ke gua pindul, sebenernya dari awal ada rencana ini aku sudah ketar ketir mengingat akhir2 ini gua pindul sedang rawan konflik terkait sengketa pengelolaan wisata yang simpang siur. Wajar dong kalo ada kekhawatiran bakalan terjebak...

Ilat Jowo

Tentunya pernah denger pitnahan untuk orang Sunda, klo orang Sunda itu gak bisa ngomong F dan V, dan terbukti itu Pitenah!! nah setali tiga karung dengan sodaranya dibelahan dunia jawa sebelah barat, begitu pula sodara mereka yang berada di belahan dunia...