Jogja Ora Didol

Yogyakarta, dikenal sebagai kota, sebagai provinsi, tetapi lebih penting lagi dikenal sebagai rumah bagi banyak warga negara Indonesia. Tak berlebihan kiranya jika ada istilah as homy as Jogja, karena banyak manusia Indonesia pernah merasakan keramahan Jogja, baik sebagai wisatawan ataupun juga pendatang yang menimba ilmu di kota ini. Rata2 mereka selalu ingin kembali ke kota […]

Beda kota beda batiknya

Indonesia memang terkenal dengan negeri batik, dan sudah diakui bahwa batik merupakan kekayaan intelektual bangsa Indonesia. Kekayaan intelektual, berarti bahwa setiap corak batik merupakan sebuah kekayaan intelektual, ada sebuah proses kreatif untuk menciptanya, dan tentu saja, ada sebuah pesan yang ingin disampaikan dalam setiap coraknya. Jika ditanya, ada berapa jenis batik di Indonesia? setahu saya […]

Nguwongke Uwong

Nguwongke uwong, dalam bahasa jawa uwong; wong; berarti orang/manusia, kurang lebih arti frase tersebut adalah meng-orang-kan orang. Apa meneh itu frase semacam itu? aneh bangget, lha wong sudah cetha itu orang beneran kok masih di orang-kan? emang selama ini di-hewan-kan po piye??? Dalam istilah orang jawa, nguwongke uwong maksudnya adalah menempatkan orang lain dengan rasa […]
antareja, anantareja, bimaputra, tawur kresna

Sirnaning Antareja

Antareja terdiam, dadanya penuh sesak oleh pikiran2 yang menggelisahkan. Dihadapannya, sesosok manusia yang konon maha bijak, manusia titisan dewa, Sang Hyang Kresna memintanya untuk menjilat telapak kakinya sendiri. Matanya nanar menatap Narayana Kresna, permintaan ini bukanlah permintaan sembarangan, karena Sri Kresna pun mengenal baik kesaktian Antareja. Tidak ada manusia dan dewa yang mampu menahan kesaktian […]

Nrimo Ing Pandum

Nrimo ing pandum dalam bahasa Jawa kurang lebih berarti nrimo (menerima) apa yang diberikan dengan rasa ikhlas dan syukur. Bagi masyarakat Jawa wejangan ini merupakan himbauan agar dalam setiap laku kehidupan kita harus bersikap ikhlas dan mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan. Bagi sebagian orang, konsep ini seringkali dianggap sebagai bentuk kebodohan dan penyamanan diri […]

Buku: Kitab Yang Omong Kosong

Tolong sampaikan agar cerita ini tidak usah dibaca karena membuang waktu, pikiran dan tenaga Sungguh hanya suatu omong kosong belaka. Mohon maaf sekali lagi untuk permintaan tolong ini Maaf Beribu-ribu kali mohon maaf Kata kitab biasanya digunakan untuk merujuk sebuah buku yang sarat dengan makna dan ilmu. Tetapi bagi Seno Gumira Ajidarma a.k.a Togog, kitab […]
rias pengantin, pacaran 6 tahun, paes ageng, penganten jawa

Hari Baik

Buat orang Indonesia, untuk melaksanakan prosesi pernikahan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti menyiapkan undangan unik, sewa gedung, catering, baju pernikahan, menentukan hari baik dan lain sebagainya. Khusus orang jawa pasti ngerti banget maksudnya “hari baik”. Hari Baik adalah hari yang menurut perhitungan karakter, weton memberikan hasil maksimal. Perhitungan hari baik biasanya didasarkan pada […]

Menjual persepsi

Hari kamis kemaren ada acara sekolah main ke gua pindul, sebenernya dari awal ada rencana ini aku sudah ketar ketir mengingat akhir2 ini gua pindul sedang rawan konflik terkait sengketa pengelolaan wisata yang simpang siur.¬†Wajar dong kalo ada kekhawatiran bakalan terjebak dalam konflik kek di tipi2 gitu kan berabe, meski begitu sampai acara selesai tidak […]

Hijab Street Style Fighter, Dian Pelangi

Palestina boleh berbangga hati punya Bashaer Othman si walikota termuda dan tercantik di dunia. Dan Indonesia pun tak kalah punya gadis muda sekaliber Bashaer Othman, tentunya ia bukanlah seorang walikota melainkan seorang desainer dan model ternama yang bernama Dian Pelangi. Pertama ngelihat cara berpakaian gadis kelahiran Palembang 14 Januari 1991 ini sudah mencuri perhatianku, bolehlah […]

Ilat Jowo

Tentunya pernah denger pitnahan untuk orang Sunda, klo orang Sunda itu gak bisa ngomong F dan V, dan terbukti itu Pitenah!! nah setali tiga karung dengan sodaranya dibelahan dunia jawa sebelah barat, begitu pula sodara mereka yang berada di belahan dunia jawa sebelah tengah ke timur. Bokap gw aja kagak bisa manggil nama Zaenal dengan […]

Ganteng kek Arjuna?

Ganteng kek arjuna??? Trus gw harus bilang WOW geto??? lurus aja mas nyemplung ke laut aje. Dari jaman dulu dicekokin cerita wayang tentang sosok cowok ganteng keturunan Batara Indra bernama Arjuna a.k.a Janaka a.k.a Permadi a.k.a dsb dsb saking okehe jenenge. Arjuna, sosok penengah Pandawa dalam lakon Mahabarata digambarkan sebagai sosok makhluk Tuhan paling seksi […]
jaka tarub mencuri baju bidadari

Wohing Pakarti

Mungkin sedikit orang menyadari bahwa di berbagai belahan dunia ada banyak cerita rakyat yang mirip satu sama lain, sementara berdasar sejarah belum ditemukan hubungan masing2 cerita rakyat yang mirip tersebut,misal kisah Cinderela dan Bawang Merah Bawang Putih, Jaka Tarub, Legenda Danau Toba cerita rakyat korea (Bau dan Unbyol) dengan salah satu cerita rakyat jepang bedanya […]

Mitos dalam Idiom Budaya Jawa

Budaya Jawa sering diidentikan dengan berbagai mitos, baik itu tentang keberadaan Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan, maupun mitos2 tentang makhluk penunggu tiap benda keramat, pusaka dan lain sebagainya. Tradisi dan kebiasaan dilakukan secara turun temurun terkadang hanya merupakan sebuah keharusan, sudah dilakukan sejak lama dan generasi saat ini merasa takut jika budaya itu terputus […]