Mengenal Apa Itu Squat Thrust

Meskipun pandemi covid-19 belum usai, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan terutama saat melakukan aktivitas diluar rumah. Dengan makin banyaknya aktivitas yang dilakukan tentu saja harus diimbangi dengan imunitas tubuh yang kuat.

Dalam menjaga imunitas tubuh tersebut ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya dengan makan makanan yang bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup. Ada salah satu olahraga yang bisa dilakukan dirumah yaitu dengan melakukan squat thrust.

Apa Itu Squat Thrust ?

Squat thrust adalah latihan fisik yang melibatkan gerakan jongkok hingga berdiri. Proses perubahan gerakan ini akan membuat otot-otot kaki, pinggul, perut, lengan dan bahu bergerak. Squat thrust sangat mudah dilakukan serta tidak membutuhkan sarana latihan yang sulit dan mahal. Supaya pada saat latihan squat thrust ini bisa memberikan manfaat yang maksimal maka harus dilakukan dengan baik dan benar.

Manfaat Squat Thrust

Dibawah ini akan kami berikan beberapa manfaat squat thrust yang sangat berguna bagi tubuh, diantaranya yaitu :

Melatih Otot Kaki

Manfaat yang pertama dari olahraga squat thrust ini yaitu melatih otot kaki dengan efektif dan cepat. Squat bukan hanya mengandalkan otot kaki saja, namun juga otot lainnya seperti otot perut, tangan serta pinggang.

pengertian squat thrust adalah

Sehingga jika Anda rutin melakukan olahraga ini maka Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman dan tanpa kendala.

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lainnya yaitu akan meningkatkan metabolisme. Pada saat melakukan gerakan-gerakan squat ini akan efektif untuk meningkatkan metabolisme. Jadi proses pencernaan menjadi lancar dan pembuangan racun juga menjadi lebih baik lagi.

Membakar Kalori dan Lemak

Kemudian bagi mereka yang memiliki keinginan dalam menurunkan berat badan maka dengan olahraga ini bisa membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh. Jadi makin rutin melakukannya maka Anda juga makin cepat mendapatkan manfaatnya.

Meningkatkan Dorongan Energi Spontan

cara melakukan squat thrust di rumah

Melakukan olahraga squat ini akan membantu Anda dalam membangun kekuatan statis serta akan mengembangkan dorongan energi tambahan yang berguna untuk menghasilkan kekuatan dengan cepat.

Meningkatkan Performa Seksual

Manfaat selanjutnya ini sangat penting khususnya bagi suami istri yang ingin meningkatkan performa dalam berhubungan seksualnya. Hal ini dikarenakan gerakan dalam squat akan meningkatkan produksi hormon testosteron dan menjadikan produksi sperma lebih baik lagi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan olahraga squat ini bisa juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Saat melakukan squat maka akan menciptakan gerakan dinamis sehingga akan meningkatkan detak jantung.

Mengencangkan Paha dan Bokong

Manfaat berikutnya yaitu bisa mengencangkan paha dan bokong. Bahkan dengan melakukan squat secara rutin bisa juga mengencangkan pinggang dan perut.

Menjaga Kekuatan Saat Usia Lanjut

Bagi yang sudah berusia lanjut, ternyata olahraga squat ini juga memiliki manfaat yang besar. Hal ini dikarenakan dengan latihan kekuatan maka akan lebih penting dibanding pelatihan kekuatan statis.

Teknik Melakukan Squat Thrust

Adapun cara melakukan teknik squat thrust yang baik menurut Hrsono (1988) ada berbagai cara yaitu :

  1. Berdiri tegak
  2. Jongkok tangan di lantai
  3. Lempar kaki ke bagian belakang, jadi tubuh lurus dalam sikap push up
  4. Dengan menggunakan kedua lengan tetap bersandar di lantai, lakukan lempar kedua kaki ke bagian depan diantara kedua tangan
  5. Kembali ke posisi jongkok
  6. Lalu kembali berdiri tegak sambil melompat pada posisi semua

Jadi disaat pandemi sekarang ini, penting sekali menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah terkena Covid-19. Adapun salah satu caranya yaitu dengan berolahraga squat thrust.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.