Tips Merencanakan Asuransi Pendidikan Sejak Kecil

Memiliki perencanaan keuangan adalah hal penting dalam hidup, terutama saat Anda merencanakan asuransi pendidikan untuk si kecil. Terkadang Anda perlu membandingkan berbagai asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan untuk bisa mengetahui mana produk yang paling sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak Anda kelak. Jika Anda telah mendapat beberapa penawaran dari beberapa perusahaan asuransi, lakukan 6 tips berikut dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat dan terbaik.

Tips Merencanakan Asuransi Pendidikan Anak

Sebelum melirik penawaran dari perusahaan asuransi, Anda perlu membuat rencana pendidikan anak. Rencana ini sangat penting dan menjadi panduan untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat. Tanpa adanya rencana pendidikan yang jelas, Anda akan kebingungan dalam memilih produk asuransi.

Buat Rencana Pendidikan Anak

Sudahkah Anda memikirkan setinggi apa jenjang pendidikan anak Anda nantinya? Rencana pendidikan berisi jenjang pendidikan anak, dari pendidikan dasar, menengah, hingga lanjutan.

Sudah tahukah ke mana anak Anda akan bersekolah? Rencana pendidikan perlu dibuat sedetail mungkin hingga mencantumkan nama-nama sekolah serta tahun masuk sekolah di masa mendatang. Hal ini berkaitan erat dengan biaya pendidikan anak.

asuransi anak tips cara memilih asuransi pendidikan anak

Dalam membuat perencanaan pendidikan, Anda perlu mengetahui profil beberapa sekolah. Tanyakan kepada kerabat, tetangga atau orang tua lain yang telah memasukkan anaknya di sekolah-sekolah tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi sekolah-sekolah tersebut. Hal ini akan membantu Anda memilih sekolah yang bagus dan berkualitas.

Hal penting lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan dalam membuat rencana pendidikan anak adalah mengidentifikasi minat dan bakat anak sejak dini. Anda boleh berencana, tetap yang melakukannya adalah anak Anda. Jadi, jangan sampai mengabaikan passion anak.

Lakukan Riset Biaya Pendidikan

Selain profil dan prestasi sekolah, Anda perlu melakukan riset biaya pendidikan saat ini untuk memperoleh perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang. Setelah mengantongi beberapa nama sekolah di setiap jenjang pendidikan, cari tahu rincian biaya yang dikeluarkan oleh orang tua dari awal masuk sampai lulus sekolah.

Biaya pendidikan ini meliputi biaya sekolah (baik itu tahunan dan bulanan), pembelian buku-buku sekolah, pendidikan tambahan (bimbingan belajar, les privat, atau ekstrakurikuler), biaya seragam sekolah dan alat tulis, uang saku serta biaya kebutuhan sekolah lainnya.

BACA JUGA:   CARA MENGHITUNG HARGA TANAH PERMETER YANG TEPAT

tips memilih asuransi pendidikan

Rincian biaya pendidikan saat ini akan memberi gambaran biaya pendidikan anak Anda di masa depan. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengetahui biaya pendidikan anak beberapa tahun ke depan?

Menurut Kompas.com, rerata biaya pendidikan di Indonesia meningkat 15 persen per tahun. Jadi, Anda bisa melakukan perhitungan biaya pendidikan di masa mendatang dengan mengetahui total biaya pendidikan saat ini. Dengan mengetahui perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang, Anda dapat memilih asuransi yang tepat untuk menjamin pendidikan anak.

Kenali Perusahaan Asuransi Terpercaya

Setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, Anda perlu memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan tersebut, yaitu aset dan liabilitas dan kualitas tenaga kerja. Aset dan liabilitas dapat dilihat dari laporan neraca keuangan yang secara transparan disampaikan kepada publik.

Selanjutnya, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki track record yang baik dan terpercaya. Dengarkan penjelasan dari agen asuransi dan bertanyalah sebanyak mungkin sehingga Anda benar-benar paham tentang produk yang ditawarkan. Sebaiknya Anda mengajukan beberapa case misalnya apabila pencari nafkah mengalami musibah dan meminta solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

asuransi pendidikan terbaik

Selain memperoleh informasi terperinci dari agen asuransi, Anda perlu bertanya kepada beberapa orang yang telah mengikuti program asuransi pendidikan tersebut. Tanyakan secara detail apa kelebihan dan kekurangan serta pengalaman pahit dan manis menjadi nasabah asuransi pendidikan.

Untuk mencari asuransi pendidikan yang bagus mencari informasi secara langsung, Anda dapat memanfaatkan internet untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap tentang asuransi tersebut. Anda bisa bergabung dalam forum online dan group media sosial yang membahas tentang asuransi yang hendak Anda pilih.

Pilih Asuransi Sesuai Kemampuan Finansial dan Rencana Pendidikan Anak

Nah, apabila dihadapkan pada beberapa pilihan perusahaan asuransi, Anda perlu melihat aspek-aspek lainnya dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat dan berkualitas. Rencana pendidikan sang buah hati, khususnya perkiraan biaya pendidikan di masa depan, dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat.

Pelajari segala informasi yang Anda peroleh baik dari agen asuransi maupun dari nasabah lain yang telah mengikuti program asuransi pendidikan. Buka kembali rencana pendidikan serta perkiraan biaya pendidikan anak di masa mendatang. Sesuaikanlah rencana pendidikan tersebut dengan program asuransi pendidikan yang ditawarkan.

asuransi pendidikan

Sebelum Anda menginvestasikan pendapatan ke sebuah produk asuransi, Anda perlu mengidentifikasi kondisi finansial terlebih dahulu. Anda sebaiknya mengukur berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan dengan nyaman dan apa resiko keuangan yang akan Anda hadapi bila membeli produk asuransi tersebut.

BACA JUGA:   Noda Membandel

Mulailah mengelola keuangan (gaji) Anda agar bisa memenuhi perencanaan pendidikan anak di masa depan. Ukur kemampuan finansial Anda dan pilih premi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Pilih Polis yang Fleksibel dan Menguntungkan

Program asuransi tidak seperti menabung di bank yang bisa Anda tarik kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan. Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi jangka panjang yang bisa diambil setelah anak mencapai usia tertentu dan siap masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, kita tidak pernah tahu perubahan di masa mendatang. Perubahan sistem pendidikan dan kurikulum dapat berpengaruh terhadap biaya pendidikan, seperti bergantinya buku-buku sekolah dan meningkatnya kebutuhan pendidikan anak. Tentu saja hal ini berpengaruh besar terhadap perkiraan biaya pendidikan yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Untuk itu, Anda sebaiknya memilih polis yang fleksibel dan menguntungkan, yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Pastikan Anda melakukan kalkulasi secara akurat agar tidak terjadi kekurangan biaya pendidikan setelah melakukan klaim.

Selain fleksibel dalam melakukan klaim, pilih juga asuransi yang memberi kemudahan untuk meningkatkan investasi secara bertahap. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila pendapatan Anda meningkat. Jika Anda berencana menyekolahkan anak ke luar negeri, pilih polis yang bisa berganti mata uang negara lain misalnya Dollar atau Euro.

Periksa Fasilitas Lainnya

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah memeriksa fasilitas lain yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Selain menjamin pendidikan anak, biasanya fasilitas lain yang ditawarkan adalah jaminan kesehatan.

Apabila anak yang terdaftar dalam asuransi pendidikan mengalami masalah kesehatan, biaya perawatan di rumah sakit akan diganti oleh pihak asuransi. Jika Anda merasa memerlukan jaminan kesehatan anak, Anda dapat memilih asuransi pendidikan yang memiliki benefit ini.

aturan memberikan suplemen anak usia sd

Walaupun ada fasilitas tambahan yang ditawarkan, pastikan bahwa prioritas utama Anda adalah pendidikan anak. Fasilitas tambahan tersebut sebaiknya tidak memotong investasi pendidikan anak terlalu banyak sehingga biaya sekolah anak di masa depan tetap terjamin

Saat memilih produk asuransi pendidikan, Anda sebaiknya melakukan perhitungan dengan cermat dan memperhatikan kebutuhan serta mempertimbangkan kondisi finansial Anda. Jangan pernah memilih asuransi pendidikan jika Anda belum memiliki gambaran dan perencanaan yang matang tentang pendidikan anak di masa depan.

Ingat, asuransi pendidikan adalah jenis asuransi jangka panjang. Jadi, jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan pilihlah asuransi pendidikan terbaik bagi anda. Sekali Anda memutuskan, Anda tidak pernah bisa mundur, kecuali Anda merelakan premi yang sudah dibayarkan sebelumnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.