Wajib Punya Sinking Fund, Tabungan untuk Kebutuhan Khusus

sinking fund adalah

Sinking fund adalah istilah dalam dunia keuangan yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Sinking fund merupakan salah satu konsep keuangan yang berperan penting dalam menjaga stabilitas finansial, baik dalam skala perusahaan maupun keuangan pribadi. 

Sinking fund adalah tabungan khusus yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa depan. Selain mengalokasikan uang untuk tabungan jangka pendek dan dana darurat, sebaiknya Anda juga memiliki sinking fund untuk memudahkan mencapai financial goals. 

Dalam perencanaan keuangan jangka panjang, sangat penting bagi Anda untuk memiliki sinking fund. Saat mengumpulkan uang untuk sinking fund, sebaiknya tempatkan secara terpisah dari keuangan untuk kebutuhan lainnya. Anda bisa membuka rekening bank khusus untuk sinking fund supaya kegiatan menabung bisa efektif dan lebih terkontrol. 

Untuk lebih memotivasi Anda dalam membangun sinking fund, Anda perlu tahu fungsi sinking fund dan cara mempersiapkannya. 

Apa Itu Sinking Fund

Sinking fund merupakan tabungan jangka panjang untuk mengumpulkan sejumlah dana besar dalam periode waktu tertentu. Sinking fund bisa menjadi strategi keuangan untuk memenuhi pengeluaran yang telah ditentukan di masa mendatang. Tujuan utama dari sinking fund adalah untuk menjamin tersedianya dana yang cukup pada saat yang telah ditetapkan dan pada setiap periode tertentu.

Biasanya dana sinking fund digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masa depan, seperti membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan anak, membeli kendaraan, investasi properti, hingga pelunasan utang. Oleh karena itu, dalam membangun sinking fund, Anda perlu merencanakan besaran uang yang dialokasikan dan jadwal menabungnya. 

Tidak ada pedoman baku mengenai besaran persentase pendapatan yang harus dialokasikan ke sinking fund. Namun sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan finansial dan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Beberapa pakar keuangan merekomendasikan untuk menyisihkan sekitar 10-15% dari gaji Anda untuk membangun sinking fund.

Fungsi Sinking Fund

Sinking fund memiliki manfaat yang sangat penting dalam perencanaan keuangan jangka panjang atau mengejar financial goals di masa depan. Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat sinking fund yang perlu Anda tahu.

  • Untuk Memenuhi Kebutuhan Jangka Panjang

Sinking fund merupakan tabungan yang ditujukan untuk mempersiapkan kebutuhan jangka panjang. Misalnya Anda ingin mengumpulkan dana untuk pendidikan anak, membeli rumah, tabungan pensiun, atau target-target keuangan lainnya yang memerlukan dana besar. Dengan menyisihkan sejumlah dana secara teratur, Anda dapat membangun cadangan finansial yang cukup untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

  • Menghindari Kekhawatiran Finansial

Manfaat lain dari sinking fund adalah sebagai dana cadangan untuk menghadapi pengeluaran besar yang tidak terduga di kemudian hari. Dengan adanya sinking fund, maka Anda memiliki dana yang mencukupi untuk memenuhi berbagai biaya tidak terduga dan mendesak di masa depan. 

Saat memiliki sinking fund, Anda akan terhindar dari kekhawatiran finansial. Anda bisa menghadapi berbagai situasi tidak terduga yang membutuhkan pengeluaran besar tanpa menggoyahkan stabilitas keuangan Anda. Langkah ini dapat membantu menghindari kecemasan dan stres yang bisa dirasakan akibat masalah keuangan. Jadi dengan adanya sinking fund, Anda dapat merasa lebih tenang dan fokus pada kegiatan atau pekerjaan Anda.

  • Mencegah Utang

Sinking fund juga berperan untuk menghindarkan Anda dari perilaku berutang. Dengan memiliki cadangan dana yang cukup, Anda tidak perlu berutang ketika menghadapi kondisi yang membutuhkan pengeluaran. 

Dengan membiasakan diri menabung secara rutin untuk sinking fund, Anda dapat menyiapkan dana guna mengatasi kebutuhan finansial di masa depan. Jadi Anda tidak perlu bergantung atau menambah utang, baik itu dari keluarga, rekan, atau pinjaman dari bank.

  • Meraih Berbagai Financial Goals Sekaligus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sinking fund bermanfaat untuk membantu Anda meraih financial goals di masa depan. Bahkan jika Anda menabung sinking fund secara rutin dan maksimal, maka bisa mencapai beberapa target keuangan sekaligus. 

Misalnya jika Anda menyisihkan uang sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta setiap bulan. Anda bisa menabung selama jangka waktu tertentu untuk tujuan membeli rumah impian Anda. Bahkan Anda bisa membagi dua alokasi tabungan, misalnya Rp7 juta untuk membeli rumah dan Rp3 juta untuk membeli mobil.

Cara Mempersiapkan Sinking Fund

Mungkin Anda masih kebingungan mengenai cara memulai dan membangun tabungan sinking fund. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mempersiapkan sinking fund. 

  • Menentukan Tujuan

pengertian sinking fund

Langkah pertama yang harus lakukan saat ingin memulai tabungan sinking fund adalah menentukan tujuan keuangan. Apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu dengan sinking fund Anda? Misalnya Anda bisa menggunakan sinking fund untuk membeli rumah, biaya pernikahan, dana pendidikan anak, membeli mobil, dana pensiun, investasi dan lainnya. 

  • Membuat Rekening Khusus

Untuk mempermudah pengelolaan sinking fund, sebaiknya buatlah rekening terpisah khusus untuk menyimpan dana sinking fund ini. Hindari menggabungkan sinking fund dengan tabungan pribadi Anda agar Anda tidak kesulitan dalam manajemen keuangan. 

Saat ini membuka rekening bank juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda bisa membuat rekening online untuk memudahkan dalam memantau dan mengontrol dana sinking fund Anda, mulai dari mengecek saldo, mutasi rekening dan lainnya. 

  • Menentukan Jumlah dan Jangka Waktu

Sinking fund adalah bentuk tabungan yang memerlukan alokasi dana secara berkala. Setelah Anda menetapkan tujuan, Anda juga perlu menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Selain itu, sebaiknya Anda menghitung biaya yang dibutuhkan dengan terperinci, seperti biaya pendidikan anak atau pembelian rumah.

Selanjutnya Anda perlu memperhitungkan secara spesifik kapan tujuan tersebut harus tercapai. Kemudian tentukan besaran uang yang harus Anda tabung setiap bulannya agar dapat mencapai tujuan tersebut tepat waktu. 

Gunakan Rekening Online Untuk Dukung Sinking Fund

Setelah mengetahui manfaat dan pentingnya sinking fund, pastinya Anda langsung berniat untuk mengumpulkan dana sinking fund. Supaya kegiatan menabung Anda lebih efektif dan terkontrol maka sebaiknya Anda membuat rekening bank terpisah khusus untuk sinking fund. 

Kini pembukaan rekening bank juga lebih praktis karena bisa dilakukan secara online. Salah satu rekening online yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. 

Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening online ini juga sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai tabungan online PermataME dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini