Waspada! Ini Dia 5 Risiko Saat Menggunakan Online Banking

kejahatan cyber yang mengancam online banking

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat telah memberikan banyak dampak pada berbagai bidang. Misalnya saja dunia perbankan yang kini semakin mudah. Ditambah dengan penggunaan smartphone yang semakin luas, mobilitas dunia perbankan pun sekarang bisa dilakukan secara online. Bahkan melalui smartphone sekalipun. Contohnya cek saldo, transfer dan berbagai macam transaksi.

Walaupun banyak menawarkan kemudahan online banking tetap harus diwaspadai karena penuh dengan risiko tanpa disadari. Utamanya bagi Anda yang suka teledor. Hal yang sering terjadi dan kerap jadi kasus adalah phising, yaitu  sebuah tindakan yang menggunakan teknik meminta pengguna untuk membocorkan informasi rahasia untuk mendapatkan data rahasia milik nasabah tanpa disadari. Akibatnya password dapat terbobol dan data rahasia lainnya pun dapat terungkap.

Ini Dia 5 Risiko Saat Menggunakan Online Banking yang Wajib Anda Ketahui

Semakin banyaknya kemudahan yang ditawarkan online banking, rupanya membawa sisi lain yang ternyata membahayakan tanpa disadari. Kemudahan tersebut justru kadang membuat penggunanya terlena hingga lalai atau lengah ketika ada permintaan dari pihak tertentu lewat online banking. Lengah yang akhirnya menimbulkan risiko berbahaya tanpa disadari. Berikut adalah beberapa risiko menggunakan online banking yang jarang orang ketahui;

  • Password Bisa Dijebol

Layanan online banking adalah layanan yang dilakukan oleh bank dengan menggunakan jaringan online tanpa mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor bank tersebut. Misalnya jika ingin melakukan transfer, Anda tidak perlu repot datang ke bank yang bersangkutan.

Dengan fasilitas online banking Anda bisa melakukan aktivitas tersebut dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone. Akan tetapi, layanan ini pun penuh dengan risiko. Salah satunya adalah mudahnya password dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Akibat password yang dibobol, segala data serta uang yang ada di rekening pun bisa dicuri dengan mudah tanpa disadari. Agar tidak mengalami hal yang demikian, tips mudahnya adalah sering mengganti password secara berkala, jangan memberitahukan password tersebut pada sembarang orang dan tulis di tempat yang aman.

  • Malware

Risiko penggunaan online banking yang kerap pula terjadi adalah malware yakni teknik pembobolan rekening internet banking dengan memanfaatkan software jahat dan akan menginfeksi browser internet nasabah. 

Penggunaan malware akan merugikan Anda sebagai nasabah misalnya data dan password yang dicuri, penggantian halaman web di browser nasabah hingga pengambilalihan koneksi nasabah ke bank lalu memasukkan transaksi pemindahbukuan dari rekening nasabah ke rekening pelaku.

Untuk mewaspadainya jangan lupa untuk selalu menaruh antivirus di perangkat yang Anda gunakan untuk melakukan online banking, mewaspadai jika ada permintaan aneh dari pihak yang mencurigakan dan segera melapor jika Anda mendapati aktivitas transaksi yang mencurigakan.

  • Typo Site

Risiko selanjutnya yang mungkin akan terjadi apabila tidak ada kewaspadaan saat menggunakan online banking adalah typo site. Termasuk jenis layanan internet banking dengan membuat halaman web yang alamatnya mirip dengan halaman web internet banking bank tertentu.

Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk menjebak nasabah agar memasukkan password, user ID dan informasi penting lainnya yang akhirnya digunakan oleh pelaku untuk mengakses halaman web yang sebenarnya.

Umumnya halaman web palsu yang dibuat sangat mirip dengan halaman web yang asli sehingga Anda sebagai nasabah sulit untuk mengenalinya.

  • Keylogger

Keylogger adalah suatu perangkat yang dipasang di antara CPU dan keyboard yang bertujuan untuk merekam apa saja yang diketikkan nasabah pada papan keyboard. Tujuannya sudah jelas yakni untuk mendapatkan password nasabah hingga user ID. 

Perlu Anda ketahui, meskipun pengetikan password di layar tidak menunjukkan angka yang terlihat, tetap saja password tersebut dapat terbaca. Selanjutnya hasil rekaman akan dikirimkan melalui e-mail kepada pelaku.

Untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, selalu pastikan bahwa perangkat yang digunakan aman dari perangkat keylogger, hindari penggunaan komputer publik dan hentikan aktivitas perbankan saat itu juga saat Anda mendapati transaksi janggal pada komputer atau smartphone.

  • Spoofing

Spoofing adalah teknik kejahatan yang memanfaatkan perangkat lunak untuk menutupi identitas. Caranya adalah dengan menampilkan nomor hingga nama palsu yang berguna untuk menyembunyikan identitas. 

Digital Banking digibank by DBS Solusi Terbaik Online Banking Kekinian Era Digital

wanita menggunakan online banking

Online banking tidak selamanya memberikan dampak yang berbahaya. Ketika Anda bisa waspada sekaligus mengetahui tentang trik menggunakannya dengan tepat. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah Anda bisa menggunakan digital banking yang aman dan terpercaya seperti Aplikasi digibank DBS. Digibank telah lama diketahui memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  • Transaksi Aman dan Mudah

Keunggulan yang pertama dari online banking yang dimiliki digibank by DBS adalah adanya jaminan keamanan dalam setiap melakukan transaksi. Selain itu, dilengkapi fitur transfer bebas biaya, kartu debit, top up dan bayar tagihan. Jadi, Anda bisa bertransaksi dengan mudah dalam satu aplikasi. 

  • Investasi dan Asuransi

digibank by DBS juga memiliki fitur untuk berinvestasi. Beberapa produk investasi bisa Anda pilih sesuai tujuan dan kebutuhan, seperti investasi reksadana, obligasi, tabungan dan deposito.

Ada juga fitur asuransi jiwa yang bisa Anda lirik. Kini digibank by DBS telah bekerjasama dengan Manulife Indonesia terkait Asuransi Jiwa MiFirst Life Protector atau MiFLIP. Keuntungannya apabila Anda menggunakan produk ini adalah uang pertanggungan hingga Rp1 M, instan tanpa medical check up, bebas tentukan premi, dan jaminan premi 100% kembali

  • Kartu kredit dan pinjaman 

Bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman, Aplikasi digibank by DBS adalah solusi yang tepat. Karena disini Anda bisa mengajukan KTA secara online selama 24 jam dengan sistem approval 60 detik saja.  Anda juga bebas mengajukan jumlah pinjamannya sesuai dengan kebutuhan. Ada juga cashline atau dana siaga yang bisa cair berkali-kali. Dana siaga atau tunai ini bisa Anda cairkan kapan saja dengan nominal cicilan yang bisa dipilih.

Dengan adanya kelebihan tersebut, pastinya Anda tidak ragu lagi untuk memanfaatkan online banking di Aplikasi digibank by DBS. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan juga akhirnya dapat membuat Anda memiliki tingkat penghasilan yang aman. Untuk informasi selengkapnya bisa di klik di https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.