4 Cara Pembayaran Freelancer, Pilih yang Paling Mudah!

Apakah kamu sedang mencari tahu bagaimana cara membayar jasa freelancer yang paling mudah? Jawabannya ada disini. Keempat jenis cara di bawah ini akan membantu kamu menyelesaikan pembayaran freelancer.

Sejak era digital berkembang, jasa freelancer turut populer di kalangan para pekerja. Tidak sedikit orang yang akhirnya memilih bekerja sebagai freelancer untuk mendapatkan sumber penghasilan. 

Demikian juga dengan pemilik bisnis. Pada beberapa industri, freelancer masih menjadi kebutuhan yang penting untuk keberlangsungan bisnisnya. 

Biasanya, beberapa pelaku bisnis sudah memanfaatkan software pembayaran dengan fitur lengkap dan praktis untuk pembayaran fee freelancer. Berikut ini informasi lengkapnya untuk kamu. 

4 Cara Pembayaran Freelancer

Jika kamu memiliki freelancer dalam jumlah banyak, tentu lebih baik memilih cara pembayaran freelancer yang paling mudah dan memiliki banyak fungsi otomatis. Contohnya seperti software pembayaran. Namun, agar lebih jelas, mari kita simak keempat jenis cara pembayaran freelancer yang bisa kamu gunakan.

1. Transfer bank

Transfer bank adalah cara paling umum yang biasa dilakukan oleh perusahaan dalam membayar upah tenaga kerja, termasuk freelancer. Bagi staf HR atau finance, melakukan pembayaran dengan transfer bank adalah cara yang paling populer dilakukan.

Pembayaran freelancer melalui transfer bank tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah perbandingannya:

  • Proses transfer bank mudah dilakukan dan sederhana
  • Transaksi transfer bank sangat aman
  • Proses transfer ke rekening tujuan memerlukan waktu hingga beberapa hari

2. Paypal

kamu memiliki freelancer yang berdomisili di luar negeri? Paypal adalah cara pembayaran freelancer yang paling umum dipakai jika harus melakukan pembayaran upah kerja ke negara berbeda.

cara pembayaran freelancer

Paypal biasa digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Namun pembayaran freelancer menggunakan Paypal memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, yaitu:

  • Bisa digunakan untuk membayar jasa freelancer ke seluruh dunia
  • Cara transfer mudah dilakukan
  • Keamanan sudah terjamin
  • Terdapat biaya transaksi

3. Tunai

Cara pembayaran tunai biasanya dilakukan oleh pemilik bisnis skala mikro hingga kecil. Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu berada dalam satu lokasi dengan freelancer

Pembayaran tunai memang cara pembayaran tradisional yang paling mudah dilakukan jika berada dalam satu lokasi kerja.

Berikut keunggulan dan kekurangan dari cara pembayaran freelancer secara tunai:

  • Proses pembayaran mudah dan simpel
  • Proses pembayaran bisa langsung selesai dalam waktu yang singkat
  • Bagi staf finance dan pemilik bisnis, mengelola serta menghitung uang tunai lebih merepotkan
  • Bagi freelancer, cara pembayaran tunai tidak praktis sebab harus datang ke kantor dan harus mengeluarkan biaya transportasi untuk mengambil upah

4. Jasa pihak ketiga

Jasa pihak ketiga yang bisa digunakan untuk membayar jasa freelancer adalah software pembayaran. Alat pembayaran ini dikenal juga dengan istilah SaaS (software as service).

Cara pembayaran dengan SaaS sebenarnya cara yang relatif baru. Namun, memiliki banyak keunggulan yang membuat aktivitas finance perusahaan maupun bisnis menjadi lebih simpel. Karenanya banyak perusahaan dan pemilik bisnis yang menggunakan cara ini.

Berikut kelebihan dan kekurangan cara pembayaran freelancer menggunakan SaaS:

  • Jadwal pembayaran dapat dibuat otomatis, hanya perlu sekali setting
  • Informasi status pembayaran upah freelance bisa diakses di dalam satu dashboard saja
  • Biaya transfer sangat rendah
  • Proses pembayaran terjamin aman
  • Proses pembayaran lebih cepat
  • Lebih praktis karena pembayaran terintegrasi dengan sistem pembukuan keuangan perusahaan
  • Penggunaan fitur harus lengkap dan menyeluruh karena harus melakukan integrasi dengan sistem akuntansi perusahaan

Cara paling praktis melakukan pembayaran freelancer

Jika kamu menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam pembayaran freelancer, maka software pembayaran adalah pilihan yang paling tepat.

cara melakukan pembayaran freelancer

Software pembayaran adalah sebuah sistem yang diprogram oleh komputer untuk membantu kita melakukan transaksi pembayaran secara online (non tunai). 

Sistem ini mengandalkan jaringan internet. Di dalam dunia bisnis, software ini memiliki banyak keunggulan karena bisa membuat transaksi pembayaran bisnis menjadi lebih mudah, efisien, dan cepat.

Terlebih lagi, transaksi pembayaran bisa dijadwalkan secara otomatis. Bahkan dilengkapi dengan fungsi pengelolaan pembukuan keuangan perusahaan. 

Mari kita lihat lebih dalam apa saja keunggulan dari software pembayaran untuk membayar jasa freelancer:

Keunggulan software pembayaran 

Berikut adalah daftar keunggulan dari metode software pembayaran yang bisa memudahkan proses pembayaran freelancer:

  1. Proses pembayaran menjadi sangat efisien, sebab melalui software pembayaran kamu bisa membayar puluhan hingga ratusan tagihan dalam waktu bersamaan. kamu hanya perlu mengunggah satu invoice online ke dalam sistemnya. Lantas software tersebut akan memindainya dan mengeksekusi pembayaran.
  2. Aktivitas keuangan tercatat otomatis dan real time, sehingga kamu bisa melacak status pembayaran dari setiap freelancer di dashboard yang tersedia.
  3. Biaya transaksi lebih rendah, apalagi jika kamu mempekerjakan freelancer dari luar negeri. Software pembayaran biasanya menggunakan kurs tengah tanpa menaikkan nilai tukar mata uang.
  4. Aktivitas keuangan perusahaan, termasuk pembayaran freelancer tercatat di dalam sistem pembukuan secara real time dan lengkap.

Cara pembayaran freelancer yang paling mudah, aman, dan murah memang masih menjadi keunggulan software pembayaran. Namun, tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. 

Untuk bisnis yang belum memiliki jumlah freelancer dalam jumlah besar, cara pembayaran transfer bank bisa digunakan. 

Lalu, untuk pemilik bisnis yang mempekerjakan freelancer dari luar negeri dengan jumlah sedikit bisa menggunakan Paypal. Jika kamu pemilik bisnis yang bekerjasama dengan puluhan hingga ratusan freelancer tentu lebih baik menggunakan software pembayaran.

Demikian cara-cara pembayaran freelancer yang bisa kamu gunakan. Semoga info ini dapat mempermudah pengelolaan bisnis kamu. Dapatkan info bisnis dan keuangan terbaru di website kami. Simak terus infonya! 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini