Cara Membuat Landing Page yang Menarik, Mudah untuk Pemula!

Penggunaan website dalam aktivitas berbisnis bisa mendatangkan beberapa keuntungan, salah satunya yaitu menciptakan kesan yang lebih profesional. Oleh sebab itu, tampilan website, khususnya pada bagian landing page, wajib untuk diperhatikan. Tapi, apakah Anda masih bingung bagaimana cara membuat landing page yang menarik?

Jangan khawatir. Telah tersedia jasa pembuatan landing page untuk bisnis yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Hanya dengan beberapa langkah, Anda pun bisa mendapat landing page dengan desain menawan. Yuk ikuti panduan lengkapnya di sini!

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman khusus pada website yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan leads atau potential visitors. Landing page juga biasanya berisi informasi menarik seputar produk atau service dilengkapi CTA (call-to-action) yang mendorong pengunjung untuk melakukan transaksi.

Dapat dikatakan, landing page adalah salah satu strategi marketing online yang cukup efektif apabila didesain dengan tepat.

Jenis-Jenis Landing Page

Cara buat landing page tak bisa dilakukan secara asal. Anda perlu menyesuaikan desainnya dengan jenis landing page yang ingin dikembangkan, apakah jenis landing page click through atau landing page lead generation.

1. Landing Page Click Through

Halaman berikut memuat informasi spesifik untuk pengunjung tentang suatu penawaran atau detail produk dan biasanya berisi satu tombol CTA seperti “Daftar Sekarang”, “Beli Sekarang” atau “Pilih Sekarang” yang akan membawa Anda ke halaman registrasi atau transaksi selanjutnya.

Adanya satu tombol CTA ini bisa memancing pengunjung untuk melakukan registrasi atau pembelian sekaligus membatasi aktivitasnya untuk pergi halaman yang lain.

2. Landing Page Lead Generation

Jika di jenis landing page sebelumnya ditemukan tombol CTA sederhana, maka di jenis ini umumnya terdapat spot untuk Anda melakukan pendaftaran dengan cara memasukkan nama dan email.

Tujuan dari landing page lead generation adalah mengumpulkan data para calon pelanggan. Di mana pemilik website akan menggunakan email tersebut untuk tetap terhubung dengan calon pelanggan seperti membagikan informasi seputar promo dan kabar terkini lainnya.

Tips Buat Landing Page untuk Tingkatkan Konversi

Jadi, bagaimana cara membuat landing page yang menarik? Berikut tips-tips yang bisa membantu Anda.

Pasang CTA yang Persuasif

Call-to-action adalah tombol penting yang tak boleh Anda lupa saat hendak membangun landing page. Namun, bukan berarti Anda cukup menaruh tombol “Buka” di halaman tersebut. Pakai kalimat yang persuasif seperti “Dapatkan Produk Gratis” dan “Dapatkan Penawaran Terbaik”.

Tak hanya itu, persuasif di sini juga termasuk posisi tombol dan warna tombolnya. Pastikan tombol CTA menggunakan warna yang kontras dari warna background dan letaknya strategis sehingga mudah dilihat oleh pengunjung.

Visual Menarik, Rapi dan Jelas

Visual mencakup gambar, permainan warna hingga peletakan teks dan tombol. Pemilihan desain ini mempunyai pengaruh cukup besar terhadap keputusan calon pembeli. Semakin berkualitas visual yang ditampilkan, semakin besar pula kesempatan untuk memenangkan hati calon pembeli.

Nah, supaya tidak bingung merancang desain dari awal, Anda bisa menggunakan template yang sudah disediakan jasa pembuatan landing page. Praktis, bukan?

Isi Konten to-the-point

Cara membuat landing page yang menarik tidak lepas dari isi konten yang to-the-point, yaitu singkat, padat, dan jelas. Sebutkan informasi-informasi penting serta keunggulan dari produk tersebut. Jangan lupa, gunakan keyword atau kata kunci untuk optimasi dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Sehingga, mempermudah calon konsumen menemukan landing page Anda di Google.

Cara Membuat Landing Page

landing page zyro

Setelah memahami apa itu landing page dan tips-tipsnya, sekarang saatnya Anda mengetahui cara membuat landing page dengan mudah. Tak butuh keahlian khusus, pemula pun bisa!

1. Pilih Jasa Pembuatan Landing Page

Sebelum menjatuhkan pilihan, lakukan riset terlebih dahulu ke beberapa jasa pembuatan landing page, mulai dari harga, penawaran paket hingga kualitasnya. Sesuaikan dengan budget serta kebutuhan bisnis. Salah satu rekomendasi jasa pembuatan landing page yang bisa dipilih adalah Zyro.

2. Lakukan Registrasi

Nah, setelah memilih jasa pembuatan landing page, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan registrasi pembuatan akun. Data pribadi kemungkinan besar diperlukan dalam proses ini seperti nama Anda, alamat email dan nomor telepon.

3. Pilih Template

Jika pendaftaran telah berhasil, Anda bisa mulai memilih template landing page. Ada ratusan koleksi template landing page untuk Anda gunakan dengan bebas. Pilih desain yang sesuai dengan tema bisnis Anda, ya!

4. Kustomisasi dan Optimasi Landing Page

Langkah terakhir dari cara membuat landing page adalah melakukan kustomisasi dan optimasi. Tak perlu khawatir, sebab kustomisasi template landing page sangat mudah melalui fitur edit drag and drop.

Optimasi juga landing page dari sisi SEO. SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkan traffic melalui organic search. Optimasi paling mudah yang bisa Anda implementasikan adalah penggunaan keyword (kata kunci) untuk setiap konten landing page.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat landing page yang menarik melalui jasa web builder? Tak butuh waktu lama, dengan beberapa langkah saja landing page Anda sudah siap mendatangkan leads. Yuk mulai optimalkan landing page untuk bisnis!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.