4 Tips Merawat Rantai Motor Dengan Benar

Tentu saja rantai motor Suzuki menjadi salah satu hal paling penting yang harus anda perhatikan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor.

Hal ini karena keberadaan dari rantai motor bisa mempengaruhi kualitas dari berkendara di jalanan. Selain itu, fungsi rantai motor juga dapat dibilang memiliki fungsi yang cukup vital dalam kendaraan bermotor.

Bayangkan saja, kalau motor Suzuki yang anda miliki tidak memiliki rantai, tentu saja motor yang anda miliki tersebut tidak bisa berjalan sama sekali. Belum lagi jika rantai yang anda miliki putus di tengah jalan, tentu saja akan cukup menyusahkan dan juga membahayakan.

Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara dan juga tips merawat rantai motor agar tetap awet dan bisa berfungsi maksimal sebagaimana mestinya.

Rantai motor adalah salah satu komponen paling penting dari kendaraan roda dua, dimana rantai motor berguna untuk menggerakkan roda belakang.

Tentu saja karena memiliki peran yang cukup vital, kita harus selalu melakukan perawatan terhadap kondisi rantai motor agar selalu berfungsi normal sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, pastikan agar anda membaca postingan ini sampai selesai agar tahu bagaimana sih tips merawat rantai motor.

Ternyata Begini Tips Merawat Rantai Motor

rantai motor suzuki

Melakukan perawatan terhadap motor tentu saja harus dilakukan secara rutin, hal ini bertujuan agar motor bisa digunakan dengan maksimal dan juga bisa menunjang keseharian penggunanya.

Selain agar motor tetap dalam kondisi awet, faktor lainnya yang mempengaruhi dari perawatan motor adalah demi keselamatan pengendara. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa anda harus selalu memperhatikan kondisi sepeda motor yang anda miliki tersebut.

Nah salah satu komponen dari motor yang harus dirawat adalah rantai motor, dimana kondisi dari rantai motor harus selalu dijaga agar tetap awet.

Untuk itu, agar bisa membantu anda dalam merawat kondisi rantai motor. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya mengenai bagaimana tips merawat rantai motor Suzuki agar tetap terjaga kondisinya.

Ketahui Dulu Jenis Rantai Motor Yang Digunakan

Pertama, tentu saja anda harus tahu dulu apa kira-kira jenis rantai motor yang anda gunakan.

Dimana pada dasarnya rantai motor terdiri dari dua jenis yang pertama adalah rantai motor standar, dan yang kedua adalah rantai motor o-ring.

Untuk bisa membersihkan rantai motor standar, tentu saja akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan rantai motor o-ring.

Hal ini karena rantai motor o-ring, anda harus lebih berhati-hati karena memang material yang dipakai untuk menyambungkan antar mata rantai dibuat dari karet. 

Sementara untuk rantai standar, anda tidak usah khawatir karena dalam pembersihannya, rantai motor ini dibuat dari logam yang kuat.

Membersihkan Rantai Saat Sudah Digunakan

Selanjutnya, anda harus membersihkan rantai motor saat baru saja selesai dipakai. Rantai yang baru digunakan untuk berkendara tentu saja biasa nya akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa anda memarkirkan motor dengan menggunakan standar tengah. Ini berguna untuk memudahkan anda dalam memberi perawatan terhadap rantai motor secara menyeluruh.

Mengecek Kondisi Rantai

Selanjutnya, setelah motor sudah distandarkan tengah, anda bisa mengecek kondisi rantai motor terlebih dulu dengan menyeluruh. Cek dulu apakah rantai masih berada dalam kondisi baik atau justru sudah aus.

Cara termudah adalah dengan cara menggoyang-goyangkan motor ke kanan dan kiri, selanjutnya tarik ke belakang,

Jika anda merasa sudah kendur, lebih baik segera ganti rantai motor anda karena kondisi rantai motor sudah aus dan harus diganti.

Menggunakan Spray Khusus Untuk Rantai Motor

Hal penting dalam merawat kondisi rantai motor adalah, anda tidak boleh menggunakan cairan asal-asalan saat ingin membersihkan kondisi rantai motor.

Namun anda bisa menggunakan cairan spray khusus untuk membersihkan rantai motor. Dimana produk cairan spray ini bisa anda dapatkan dengan cara membeli di toko otomotif.

Saat anda menyemprotkan cairan spray ke rantai, tentu saja rantai akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Termasuk juga rantai motor yang berkarat yang mempunyai banyak kotoran menempel bandel di sekitar rantai.

Nah itulah bagaimana cara merawat rantai motor dengan benar. Untuk anda yang ingin melakukan perawatan berkala terhadap sepeda motor Suzuki. Anda bisa mengunjungi beberapa dealer resmi Suzuki terdekat dibawah ini.

Suzuki EPM Sumbar : https://suzukiepmsumbar.co.id/,

Suzuki Jambi : https://suzukijambi.co.id/,

Suzuki Bengkulu : https://suzukibengkulu.co.id/           

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.