Perubahan Sosial Budaya Akibat Penemuan Telepon Pintar Smartphone

Halo semua, ada dua faktor yang menyebabkan masyarakat mengalami perubahan sosial budaya. Faktor tersebut berasal dari internal dan eksternal. Penemuan telepon pintar smartphone dapat membawa perubahan sosial budaya. Hal ini merupakan faktor internal. Untuk lebih jelasnya bisa disimak ulasan berikut.

Perubahan Sosial Budaya dari Penemuan Baru

Faktor internal ini merupakan salah satu faktor yang mendorong adanya perubahan sosial budaya pada masyarakat. Faktor ini ada dalam masyarakat itu sendiri. Adapun yang termasuk dalam faktor internal yaitu demografi, adanya penemuan baru dan lain-lain.

Kali ini kita hanya akan membahas mengenai faktor internal yang terkait dengan adanya penemuan baru dalam hal ini smartphone.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat mengalami perubahan sosial budaya. Adanya perubahan sosial itu muncul seiring dengan adanya penemuan baru.

Penemuan baru tersebut sangat berpengaruh pada perubahan sosial. Misalnya penemuan alat, penemuan gagasan dan lainnya. Penemuan baru yang nantinya akan diterima oleh masyarakat tersebut bisa dinamakan dengan invention.

Misalnya saat ini komunikasi dan teknologi menjadi makin berkembang sehingga memunculkan berbagai penemuan baru dibidang teknologi.

Seperti yang kita tahu bahwa teknologi dan komunikasi ini merupakan dua bidang yang saling berhubungan. Seperti telepon. Telepon ini merupakan salah satu alat yang dihasilkan dari adanya teknologi.

Dalam perkembangan alat tersebut digunakan untuk komunikasi. Jaman dahulu banyak orang menggunakan surat menyurat untuk berkomunikasi.

Namun seiring dengan berkembangnya jaman muncullah telepon. Sehingga saat ini banyak orang yang beralih dan meninggalkan surat menyurat. Kemudian jaman makin berkembang lagi dan saat ini muncul telepon pintar atau smartphone.

Smartphone Mempengaruhi Perubahan Sosial Masyarakat

Smartphone juga merupakan salah satu benda yang banyak memberikan perubahan sosial budaya pada masyarakat.

Komunikasi

Jika di masa lalu masyarakat saling berkomunikasi menggunakan telepon, sms, berkirim surat, maupun email. Dengan adanya smartphone masyarakat bisa mengakses komunikasi audio visual dalam bentuk video call. Memang sebelum jaman ponsel pintar, video call sudah dikenal dalam dunia personal computer. Namun tetap saja membutuhkan hardware webcam yang biasanya harus dibeli secara terpisah dan tentunya koneksi internet yang mumpuni.

perubahan sosial budaya akibat penemuan telepon pintar

Smartphone mampu menggabungkan semua kebutuhan PC ber-webcam untuk berkomunikasi secara realtime menggunakan paket data. Jika dahulu kita mengenal Skype sebagai layanan panggilan di PC, sekarang banyak aplikasi yang mensupport panggilan video call, baik dari whatsapp, facebook, zoom, google meet dan lain sebagainya.

Update Berita Terbaru

Saat ini, dengan adanya smartphone, masyarakat telah beralih dari menggunakan media konvensional seperti surat kabar dan majalah menjadi berita digital. Contohnya saat dulu orang membaca koran dan berlangganan setiap harinya. Mereka membaca koran untuk mengetahui kabar terkini.

Namun saat ini dengan hanya menggunakan smartphone banyak memberikan perubahan, bukan hanya untuk berkomunikasi saja. Saat ini orang sudah banyak beralih untuk membaca berita pada telepon pintar yang dimilikinya. Karena didalam smartphone juga terdapat informasi yang sama dengan yang ada di koran-koran.

Dan ini tentunya berpengaruh terhadap perubahan sosial. Penerbit akan berlomba-lomba untuk menerbitkannya dalam bentuk digital. Contohnya pada sosial media, website maupun aplikasi. Dan lama-lama banyak orang meninggalkan koran dan beralih ke telepon pintar smartphone.

Belanja Online

Perubahan berikutnya dari smartphone adalah metode belanja yang berbeda. Di jaman dahulu, orang berbelanja di pasar, supermarket maupun tempat penjualan. Saat ini dengan adanya marketplace apps di smartphone, orang cukup menggunakan aplikasi mereka untuk melakukan pemesanan belanja online. Perilaku switching ini juga ditandai dengan meningkatnya channel penjualan digital, misalnya minimarket Alfamart membuat aplikasi Alfagifft untuk memudahkan masyarakat berbelanja di minimarket secara online.

Sektor Transportasi

penemuan telepon pintar dapat membawa perubahan sosial budaya seperti ojek online

Salah satu kehandalan smartphone adalah fitur GPS yang tertanam pada body smartphone, dengan adanya fitur GPS ini memungkinkan penyedia aplikasi ride hauling seperti Gojek dan Grab untuk mengetahui lokasi penjemputan penumpang. Di masa lalu, untuk mengakses kendaraan kita harus datang ke titik berkumpulnya kendaraan. Entah di terminal, pangkalan ojek, menunggu di sepanjang jalan trayek bus yang lewat.

Namun perubahan sosial berkat penemuan smartphone ini membuat kita tidak perlu menunggu lama tanpa kepastian akan kendaraan yang akan mengantar kita ke tujuan. Kita bisa memesan layanan ojek online dengan mudah.

Hiburan

Tentu tidak lupa penemuan telepon pintar membawa perubahan sosial masyarakat di bidang hiburan, berkat paket data kita bisa melakukan aktivitas gaming hanya dengan bermodal smartphone kapan saja dan dimana saja. Berbagai aplikasi hiburan di smartphone bisa kita install dengan mudah sesuai dengan kebutuhan kita.

penemuan telepon pintar membawa perubahan sosial masyarakat di bidang hiburan

Untuk mereka yang suka menyanyi, mereka bisa menginstall aplikasi karaoke seperti smule, star makers dan lainnya. Bagi para penikmat film, ada cukup banyak aplikasi smartphone yang memanjakan mereka tanpa harus datang ke bioskop atau menyewa VCD bajakan. Sementara untuk para gamers, terutama siswa sekolah. Mereka tetap bisa memainkan game online mereka tanpa harus membolos di jam sekolah.

Sistem Pembelian Software

Revolusi smartphone memungkinkan pembelian software terjadi dengan metode subscribtion, dimana masyarakat selaku user akan melakukan pembelian software dengan cara membayar melalui e-wallet. Metode berlangganan ini jauh lebih menguntungkan untuk perusahaan karena mampu memberikan mereka keuntungan setiap bulan. Bandingkan dengan pembelian software yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Biaya berlangganan dapat menjadi sumber pundi-pundi uang perusahaan setiap bulannya.

Nah itulah beberapa perubahan sosial budaya akibat penemuan telepon pintar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.