5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah adalah masalah rongga mulut yang sangat umum terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Mulai dari adanya trauma, seperti terbentur sikat gigi ketika menggosok gigi terlalu kencang atau karena ada desakkan dari gigi yang tidak tumbuh pada tempat yang normal.

Kondisi gusi berdarah juga sangat sering dijumpai pada orang yang memakai kawat gigi atau behel. Adanya benda asing berupa behel di dalam rongga mulut sangat rawan menyebabkan gusi menjadi berdarah. Jika sudah seperti ini maka rongga mulut akan terasa sangat tidak nyaman dan tentu saja sangat mengganggu aktivitas.

Gusi yang berdarah sebenarnya bisa dengan mudah diatasi. Tidak perlu dengan menggunakan obat-obatan kimia, anda bisa mengobati gusi berdarah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Kali ini kita akan membahas apa saja jenis bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat untuk gusi yang berdarah.

Bahan Alami untuk mengatasi Gusi Berdarah

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda andalkan untuk mengatasi gusi berdarah :

  1. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dinilai ampuh untuk meringankan kondisi gusi berdarah. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda bisa memeras buah lemon kemudian mencampurkan air perasannya dengan air yang hangat. Tambahkan sedikit garam kemudian aduk rata dan gunakan sebagai obat kumur sebanyak dua kali sehari.

  1. Akar Sereh

Untuk mengobati gusi berdarah, anda bisa menggunakan akar sereh yang sudah dikeringkan. Akar sereh ini bisa anda dapatkan di pasar tradisional dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Akar sereh direbus terlebih dahulu kemudian dibiarkan dingin baru digunakan sebagai obat kumur. Untuk lebih sempurna, anda juga bisa menambahkan daun sereh.

  1. Daun Sirih

Daun sirih menjadi salah satu jenis bahan alami obat gangguan mulut yang paling populer di masyarakat. Sama seperti penggunaan akar sereh, anda bisa merebus daun sirih kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur. Anda bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan daun sirih. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan sakit gigi dan sariawan.

cara mengatasi gusi berdarah

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan salah satunya adalah untuk mengobati gusi berdarah. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian gusi yang berdarah minimal sebanyak dua kali sehari. Namun, pastikan bahwa minyak kelapa yang anda gunakan adalah minyak kelapa yang asli.

  1. Stroberi

Buah stroberi ternyata tidak hanya enak untuk disantap tetapi juga memiliki ragam manfaat. Stroberi juga bisa mengobati gusi berdarah. Caranya mudah, anda bisa menghaluskan beberapa buah stroberi lalu menggunakannya untuk menggosok gigi atau gusi yang berdarah. Selain bisa mengobati gusi berdarah, buah stroberi juga bisa membantu memutihkan gigi.

  1. Bawang Putih

Meskipun baunya agak menyengat, namun bawang putih menjadi salah satu pilihan bahan alami yang bisa mengatasi gusi berdarah. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda bisa menghaluskan satu siung bawang putih kemudian menempelkannya ke bagian gusi yang berdarah. Mungkin akan sedikit perih dan bau namun cara ini juga dibilang sangat ampuh.

Itulah tadi beberapa jenis bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati gusi berdarah. Selain aman karena bahannya alami, anda juga bisa menghemat uang karena biayanya murah dan bisa didapatkan dimana saja dengan mudah. Pastikan anda mencuci bersih semua bahan sebelum kemudian digunakan sebagai obat untuk gusi berdarah.

BACA JUGA:   Inilah Manfaat Menjadikan Oatmeal Sebagai Menu Sahur di Bulan Ramadhan
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.