Tips Mudah Cara Mengatasi Sariawan dan Bau Mulut

cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

Kesehatan mulut sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih semua makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh melalui organ mulut. Jadi, kebersihan mulut juga harus dijaga agar apa-apa yang masuk ke dalam tubuh juga aman untuk tubuh. Apa lagi organ ini cukup rentan dengan permasalahan sariawan dan bau mulut. Itu artinya Anda pun harus tahu betul bagaimana cara mengatasi sariawan dan bau mulut.

Saat sariawan melanda, ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tidak hanya menghilangkan kenikmatan rasa makanan, untuk berbicara pun akan terasa perih. Begitu juga dengan gangguan bau mulut, yang mana ini akan membuat Anda tidak percaya diri ketika berinteraksi langsung dengan rekan atau teman.

Gangguan kesehatan mulut lainnya adalah gusi berdarah dan bengkak. Selain membuat ngilu, ini juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut.

Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak

Ada banyak penyebab dari gusi berdarah dan juga bengkak. Misalnya terlalu keras ketika menyikat gigi, penumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi, atau kekurangan vitamin C dan K. Kekurangan vitamin C juga bisa menjadi penyebab sariawan.

Penyebab gusi bengkak dan berdarah juga bisa karena penggunaan sikat gigi yang tidak tepat. Seperti memakai sikat gigi yang terlalu besar atau sudut sikat gigi yang terlalu runcing. Bisa juga karena perubahan hormon menjelang menstruasi dan mengonsumsi antibiotik tertentu.

Penyebab Sariawan di Lidah 

Selain permasalahan gusi bengkak dan berdarah. Masalah yang sering dialami adalah sariawan. Namun berbeda halnya dengan sariawan di lidah. Penyebab yang paling sering muncul adalah karena luka gigit. Luka gigit ini biasa terjadi ketika Anda makan. Selain itu juga bisa karena menyikat gigi yang terlalu keras. Faktor penyebab lain adalah karena antibodi yang turun dan kondisi tubuh kurang fit.

cara alami mengatasi sariawan

Sariawan pada lidah bisa diobati dengan obat tradisional atau dengan obat yang dijual di apotik. Saat ini sudah ada banyak obat-obatan yang bisa menyembuhkan sariawan. Anda juga bisa sering meminum jus yang mengandung vitamin C tinggi. Karena vitamin ini bisa meningkatkan antibodi dalam tubuh dan dapat mempercepat penyembuhan sariawan pada lidah.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan mulut. Dengan cara berkumur air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Kumur kurang lebih selama 30 detik. Bisa Anda lakukan ketika pagi, siang, dan juga malam hari. Air kumur bisa membunuh kuman penyebab sariawan di lidah.

Penyebab Bau Mulut

cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami

Bau mulut bukan hanya karena masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang memiliki bau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa menjadi penyebab bau mulut, misalnya :

  1. Xerostomia

Ini adalah kondisi mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur karena bakteri yang menumpuk pada rongga mulut.

  1. Gangguan saluran pencernaan

Misalnya seperti bakteri Hpylori yang menjadi penyebab sakit maag dan asam lambung.

  1. Sinusitis

Sinusitis dapat menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.

  1. Kondisi lainnya seperti gangguang hati, diabetes, atau infeksi saluran pernafasan.
  2. Kebiasaan buruk

Seperti kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, diet yang berlebihan sehingga menjadi penyebab kurangnya karbohidrat.

Menghilangkan Bau Mulut dengan Cara Alami

Jika Anda sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi tetapi masih mengalami bau mulut, beberapa cara di bawah ini bisa dicoba untuk mengatasinya :

  • Menyikat gigi dua kali sehari secara teratur
  • Mengganti sikat gigi dengan kurun waktu dua bulan sekali
  • Membersihkan bagian lidah
  • Meminum segelas air setelah bangun tidur
  • Jika menggunakan gigi palsu, lepas dan bersihkan, sehingga tidak ada bakteri yang hidup pada gigi palsu
  • Mengunyah kulit jeruk, lemon, dan peterseli. Produksi air liur dari asam jeruk bisa membantu menghilangkan bau mulut, sedangkan peterseli bisa menetralisir bau mulut yang tidak sedap
  • Mengecek kesehatan gigi, setiap 6 bulan sekali
  • Berhenti merokok
  • Menghindari konsumsi kopi yang berlebih
  • Mengunyah permen karet yang rendah gula
  • Mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol
  • Meminum air putih yang cukup agar bakteri dan kotoran dalam mulut bisa dengan cepat hilang.

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi sariawan dan bau mulut yang perlu Anda ketahui. Menjaga kesehatan mulut adalah keharusan, sebab ketika terdapat gangguan kesehatan pada mulut, ini memungkinkan adanya jenis penyakit lain yang timbul. Oleh karena itu upayakan untuk senantiasa menjaga kebersihan mulut agar kesehatan mulut tetap terjaga.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.