5 Ide Bisnis Makanan dari Olahan Singkong

Bisnis makanan dari olahan singkong merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Dikatakan menguntungkan karena harga singkong yang relatif murah di pasaran, artinya modal bisnis olahan singkong ini kecil. Biasanya kita menemukan singkong diolah dengan cara direbus atau dibuat sebagai campuran kolak. Melalui ide kreatif, Anda bisa mengolah singkong tersebut menjadi ide makanan yang luar biasa lezat.

Ide Bisnis Makanan dari Singkong

Ada apa saja di artikel ini?

Olahan singkong yang mungkin biasa Anda temui dipasaran dibuat menjadi makanan tradisional, seperti comro. Meskipun begitu, comro sangat laku dipasaran, khususnya bagi mereka pecinta gorengan. Selain comro, Anda juga bisa membuat kroket singkong yang dicampur dengan kentang. Ide bisnis dari olahan singkong lainnya yang bisa Anda coba akan diuraikan di bawah ini.

 

  • Comro

 

comro makanan enak dari singkong

Comro merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang terbuat dari singkong dengan isian oncom atau cabe. Comro adalah singkatan dari oncom dijero yang artinya oncom di dalam. Sebenarnya comro terbuat dari tape singkong, namun rasa tapenya tidak terlalu kuat karena telah dicampur dengan bahan makanan lainnya. Rasa khas comro sendiri terdiri dari manis, asin, gurih, dan pedas bercampur menjadi satu. Untuk saat ini, bisnis comro lebih banyak ditemukan di Bandung, baik dipinggir jalan maupun di kedai-kedai. 

 

  • Kroket Singkong

 

BACA JUGA:   BBQ All You Can Eat 65K aja, Pilihan Kuliner di Jogja

 ide bisnis makanan kroket singkong

Pada umumnya kita menemukan kroket terbuat dari kentang, akan tetapi Anda bisa juga membuatnya dari bahan dasar singkong. Bagian yang paling menarik dari kroket singkong ialah isiannya yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dicincang. Daging cincang tersebut kemudian dicampur dengan beberapa sayuran, seperti kentang, wortel, dan kol. Untuk rasanya sendiri pasti gurih dan cripsy, makin lezat kalau ditambah potongan cabe-cabe kecil.

 

  • Donat Singkong

 

donat singkong

Anda bisa berkreasi dengan bahan dasar utama singkong, misalnya membuat donat singkong yang biasanya terbuat dari kentang ataupun tepung. Akan tetapi, Anda tetap saja harus mencampurkan bahan-bahan lainnya, seperti tepung terigu, mentega, telur, dan gula. Untuk takarannya sendiri sama seperti membuat donat biasa. Dalam berkreativitas membuat donat singkong, Anda juga bisa menambahkan toping yang beragam, misalnya cokelat, strawberry, dan blueberry

 

  • Bolu Singkong Kukus

 

ide bisnis makanan bolu singkong kukus

Bisnis yang menguntungkan lainnya dari bahan dasar singkong ialah membuat bolu singkong kukus. Bolu kukus sendiri sudah familiar di masyarakat Indonesia dan bisa dijamin mereka akan menyukainya. Membuat bolu singkong kukus sendiri mudah dan sederhana, Anda hanya tinggal mencampurkan bahan-bahannya yang terdiri dari telur, gula, tepung, dan singkong. Untuk menambahkan rasa dan warna, Anda bisa menggunakan buah-buahan sebagai perasa alami.

 

  • Sentiling

 

BACA JUGA:   Menikmati Sajian di Festival Kampung Nusantara ala Horaios

5 Ide Bisnis Makanan dari Olahan Singkong 1

Bentuk sentiling yang biasa kita temui ialah persegi empat dengan ukuran yang lumayan besar. Untuk menambahkan cita rasanya, pada bagian atas sentiling ditaburi parutan kelapa yang menambahkan rasa gurih dan nikmat. Peminat sentiling cukup banyak, sehingga Anda bisa mengkreasikannya dengan memberikan sentuhan warna, seperti hijau, merah, dan kuning. Warna-warna yang cerah itu memang sangat menarik jika diaplikasikan pada makanan.

Demikianlah beberapa olahan singkong yang dapat Anda jadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Peluang bisnis ini memberi Anda kesempatan dalam berbisnis modal kecil, namun keuntungan besar. Akan tetapi, Anda harus pintar-pintar mengkreasikan olahan singkong ini menjadi makanan yang menarik, nikmat, dan lezat. Dikarenakan bisnis makanan seakan-akan tidak pernah ada matinya, semua manusia membutuhkan makan. Kemampuan lainnya yang harus diasah adalah berkreativitas menghasilkan karya makanan yang unik dan menarik. 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.