5 Makanan yang Seharusnya Dihindari Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan radang sendi yang terkadang menyebabkan rasa nyeri. Peradangan pada sendi disebabkan karena kelebihan asam urat dalam darah. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu datangnya penyakit asam urat

Makanan yang Anda konsumsi mempunyai peran penting dalam meminimalkan datangnya penyakit asam urat. Penyakit asam urat dapat terjadi karena asupan pola makan yang terlalu tinggi purin.  

makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Makanan yang tinggi purin dapat menyebabkan tubuh memproduksi asam urat sebagai produk limbah yang hasilnya memperparah penyakit asam urat. Oleh karena itu, makanan yang bagus untuk penyakit asam urat dapat berupa kacang-kacangan, susu dan jamur.

Jika Anda ingin mengurangi kadar asam urat pada tubuh, Anda harus menghindari jenis makanan tertentu. Kalau Anda ingin tahu apa aja sih jenis makanan yang harus dihindari untuk menurunkan asam urat Anda? Mari simak penjelasan berikut ini.

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat 

Penderita asam urat memiliki beberapa pantangan dalam mengonsumsi makanan sehari-hari. Beberapa makanan memiliki zat yang sangat merugikan bagi penderita asam urat. Oleh karena itu, pola makan sangat berpengaruh pada orang yang memiliki penyakit asam urat. Lalu apa saja jenis makanan yang harus dihindari pada penderita asam urat?

  1. Daging Merah 

Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat yang pertama yaitu daging merah atau jeroan. Maksud jeroan pada hal ini adalah bagian organ dalam seperti hati, otak dan juga ginjal. Keduanya, daging dan jeroan, harus dihindari bagi Anda yang mengalami penyakit asam urat. 

penderita asam urat hindari daging merah dan jeroan
penderita asam urat hindari daging merah dan jeroan

Makanan ini mengandung purin yang tinggi dan dapat berakibat fatal bagi penderita asam urat jika mengonsumsinya terlalu sering. Selain daging merah, daging lain juga harus dihindari seperti daging rusa, daging burung, serta daging sapi muda. Bahan makanan ini  dapat memicu datangnya penyakit asam urat yang biasanya terjadi pada saat malam hari.

  1. Seafood

seafood makanan penyebab asam urat
Seafood merupakan makanan tinggi purin yang dapat menyebabkan gangguan asam urat

Seafood merupakan makanan penyebab asam urat yang harus dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Makanan jenis ini yang harus dihindari adalah lobster, udang, salmon, sarden dan kepiting. Makanan tersebut membuat asam urat Anda menjadi meningkat.

  1. Makanan yang Tinggi Fruktosa

Minuman tinggi fruktosa juga gula seperti jus buah dan minuman beralkohol dapat menyebabkan meningkatnya pembentukan kristal asam urat. Hal tersebut lah yang memperparah penyakit asam urat pada tubuh. 

makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari penderita asam urat junk food
junk food, makanan tinggi fruktosa yang harus dihindari penderita asam urat

Minuman yang memiliki fruktosa tinggi belum tentu mengandung purin yang tinggi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi penderita asam urat karena dapat mengaktifkan proses seluler tertentu di dalam tubuh. 

  1. Bayam 

Makanan yang dihindari pada penderita asam urat selanjutnya adalah bayam. Bayam merupakan sayuran hijau kaya akan nutrisi dan gizi yang seimbang. Namun, mengonsumsi bayam pada penderita asam urat sangat berpengaruh terhadap peningkatan kadar asam urat dalam tubuh Anda. 

bayam penyebab asam urat
bayam sebaiknya dihindari penderita asam urat

Bayam mengandung purin yang lebih tinggi dibanding dengan sayuran lainnya seperti kol dan asparagus.  Kandungan purin yang tinggi dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh secara drastis. 100 gram dari bayam sendiri dapat mengandung 57 gram purin.

  1. Durian

Durian tidak baik untuk penderita asam urat
Durian tidak baik untuk penderita asam urat karena kandungan purin yang tinggi

Buah durian merupakan buah yang sangat dihindari pada penderita asam urat. Walaupun rasanya yang manis dan enak, buah durian juga memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Tidak hanya kandungan purin, buah durian memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Jika penderita asam urat memaksakan untuk mengonsumsi durian maka dapat menyebabkan penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, stroke bahkan hipertensi. 

Demikian 5 makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat, mulai dari daging merah, seafood, makanan yang tinggi fruktosa, buah durian sampai dengan bayam. Meskipun enak, makanan penyebab asam urat ini sebaiknya dihindari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, terutama pada penderita asam urat agar dapat terhindar dari rasa nyeri akibat asam urat yang kambuh.

Namun jika Anda ingin menyembuhkan kadar asam urat dalam tubuh Anda dengan optimal dan cepat segera konsumsi ramuan herbal Bio Insuleaf. Ramuan yang dirancang menggunakan 21 tanaman herbal, sangat ampuh untuk menyembuhkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Bio Insuleaf juga bersertifikat halal MUI dan sudah terdaftar di  BPOM.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.