Among among ala Pesbuk

1241427969-m Among among ala Pesbuk  wallpaperAmong among bagi sebagian masyarakat jawa wilayah barat dan masyarakat jawa barat wilayah timur, haha ya maksudnya masyarakat daerah di sekitar peralihan budaya jawa dan sunda gitu deh ya adalah sebuah budaya adat informal yang digunakan sebagai pemberitahuan kelahiran, pemberian nama seorang bayi kepada anak2 di lingkungan mereka atau untuk mendoakan kebaikan anak dengan mengundang teman2 bermainnya.

Ya sengaja kusebut budaya adat informal, karena ada juga budaya adat formal yang punya tata aturan seperti prosesi pernikahan adat. Among among semacam ritual kenduri tetapi para tamunya adalah anak2 kecil yang lucu. Sementara masyarakat Jogja juga mengenal istilah gudangan untuk sebutan makanan yang disajikan dalam acara ini.

Suasana among2 itu sungguh menyenangkan, karena hampir pasti dipenuhi perasaan gembira para tamu kecil yang tidak sabar mendapatkan jatah sepincuk nasi urap dengan lauk telur rebus dan kacang hitam. Prosesi ini mengajarkan pada anak2 untuk bisa menghormati undangan di masyarakatnya, mengajarkan kebersamaan dan berbagi meski yang makanan yang mereka dapatkan tidak cukup untuk membuat mereka kenyang.

Sayang sekali budaya ini sudah ditinggalkan masyarakat bahkan di pedesaan, aku sendiri tiap pulang ke Cipari enggak lagi menjumpai ada prosesi semacam ini, ah sungguh disayangkan karena pelan tapi pasti, suasana harmonis kekeluargaan seperti budaya among among ini mulai terkikis tergerus oleh derasnya teknologi.

BACA JUGA:   Tantangan Integrasi Layanan Pelanggan Berbasis Social Media

among-among-ala-facebook Among among ala Pesbuk  wallpaper

Pun begitu, hari ini sempat dikejutkan oleh notif pesbuk yang tiba2 menghalangi aktifitas mesbuk, menurut pesbuk, gw secara sengaja telah merubah nama gw jadi nama yang enggak sebenernya, nama palsu, gak sesuai KTP, nama gw 4L@Y dst, dan gw dipaksa buat ganti nama, bathinku cangkemmu Mark aZuckerbreg dengkulmu koprol njuk sekarang dapuranmu ki ameh mangayubagya gawe among2 versi online merga aku kudu kepeksa ngganti jeneng warisan almarhumah ibuku pa? kene tak raupi awu merapi sik, wooo kucluk

nasi among among, among among bayi, among among, resep membuat among among jawa, menu among among bayi di jawa, menu among-among, nasi among2, nasi bok kecil among ambong bayi, nasi urap untuk among-among, poto nasi among among

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Among among ala Pesbuk

  • November 10, 2012 pada 6:10 pm
    Permalink

    pdhl budaya spt itu bs meningkatkan rasa kebersamaan ya.. sayang kl sp ilang

    Balas
    • November 11, 2012 pada 1:54 am
      Permalink

      iya mbak orang tua sekarang mungkin lebih merasa PD ngerayain ultah anaknya di mcD

      Balas

Berikan tanggapan anda

%d blogger menyukai ini: