Bagaimana Manajer Investasi dalam Mengelola Reksadana? Jangan Salah Pilih!

Reksadana Pendapatan Tetap merupakan salah satu jenis Reksadana yang populer dan menarik perhatian banyak investor. Selain itu, potensi keuntungannya juga menggiurkan. Ada banyak hal yang mendukung profit investasi Reksadana Pendapatan Tetap, salah satunya adalah pemilihan Manajer Investasi untuk mengelolanya.

Peran dan Cara Pilih Manajer Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik

Manajer Investasi berperan sebagai pihak yang mengatur portofolio investasi menurut peraturan yang berlaku. Manajer Investasi adalah lembaga profesional dengan izin dan lisensi untuk mengelola investasi seperti Reksadana. 

Pemahaman tentang Manajer Investasi menjadi penting karena merupakan salah satu kunci utama mendapatkan profit Reksadana secara optimal. 

Berikut adalah cara memilih Manajer Investasi terbaik untuk mendukung investasi Anda.

1. Periksa Legalitas

Manajer Investasi wajib mengantongi izin operasi dari pihak otoritas pasar modal terpercaya seperti Bapepam atau kini berubah nama menjadi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Negara telah memantau berbagai usaha Manajer Investasi, oleh karena itu, manfaatkanlah agar investasi Anda terproteksi dengan baik. 

ini peran manajer investasi mengelola reksadana pendapatan tetap

Anda dapat memastikannya dengan mengunjungi website Otoritas Jasa Keuangan secara langsung, mencari nama Manajer Investasi tersebut apakah sudah tercatat atau belum. Cara lain yang bisa dilakukan adalah melihat situs Manajer Investasi, apakah tercantum logo Otoritas Jasa Keuangan atau tidak. Perizinan sangat penting karena akan menjamin keberlangsungan investasi Anda.

2. Pengalaman Kerja

Pengalaman bisa dijadikan tolak ukur dalam memilih Manajer Investasi dan mempercayakan aset nasabahnya. Informasi pada prospektus Reksadana yang tercantum pada bagian Manajer Investasi umumnya memberikan data cukup mengenai pengalaman penanganan sebelumnya. Hal mulai dari nama pemiliknya, durasi operasi, keahlian, sampai pengalaman pengelolaan Reksadana atau bekerja dalam suatu tim. 

Anda bisa mencocokkan portfolio tersebut dengan kualitas yang Anda cari dari Manajer Investasi yang Anda inginkan. Manajer Investasi yang sudah beroperasi setidaknya lima tahun ke atas bisa dinilai cukup berpengalaman untuk menangani berbagai situasi maupun kondisi.

3. Periksa Rekam Jejak

Internet memungkinkan keterbukaan informasi mengenai kredibilitas suatu lembaga seperti Manajer Investasi. Rekam jejak sangat mudah dicari melalui mesin penelusuran maupun sosial media. 

Anda bisa mengetahui apakah Manajer Investasi tersebut memiliki komplain yang banyak, terlibat masalah hukum atau mendapatkan umpan balik negatif dari klien sebelumnya. Hal – hal ini sangat mencerminkan kinerja Manajer Investasi.

4. Kemampuan 

Selain memilih Reksadana Pendapatan Tetap terbaik, kinerja Manajer Investasi yang mengelolanya juga perlu diperhatikan. Hal ini dapat dilihat dari prospektus Reksadana bersangkutan dan bagaimana penanganannya pada investasi lain yang sudah pernah dikelola. 

Baca Juga : Berinvestasi Cermat dengan DBS Treasure

Pengalaman mencerminkan kemampuan Manajer Investasi tersebut. Grafik pengelolaan investasi dapat menjadi indikasi apakah Anda puas dengan pergerakan grafik performa investasi yang sudah pernah dilakukan. 

5. Reputasi 

Mempercayakan Manajer Investasi dengan reputasi baik bisa dilihat dari jumlah investor yang banyak atau total dana yang dikelola. Semakin banyak investor yang memberikan testimoni positif tentu akan meningkatkan kepercayaan investor lainnya untuk memakai jasa Manajer Investasi tersebut. 

Manajer Investasi kerap memiliki ciri khas khusus yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bisa karena penanganannya yang berani, analisanya yang akurat atau berbagai strategi investasinya yang jitu. 

6. Layanan Terbaik 

Kualitas pelayanan dari Manajer Investasi terbaik bisa berarti banyak hal. Mulai dari kemudahan mendapatkan informasi, transparan biaya dan pengelolaan, kelancaran komunikasi dan lain sebagainya.

Kualitas layanan akan bisa dirasakan khususnya ketika berhasil untuk mendatangkan keuntungan yang diinginkan. Investor jadi bisa lebih lega dan berani berinvestasi karena yakin kalau ditangani oleh Manajer Investasi handal dengan layanan terbaik. 

7. Transparansi

Manajer Investasi terbaik akan memberikan gambaran jelas mengenai pengelolaan investasi dan termasuk biaya yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Anda membutuhkan Manajer Investasi yang dapat dipercaya dan jujur dengan berbagai layanan yang diberikan termasuk harga yang termasuk didalamnya. 

bagaimana peran manajer investasi dalam mengelola reksadana

Manajer Investasi yang transparan adalah lembaga yang Anda butuhkan untuk mengatur investasi Anda. Kejelasan layanan memberikan rasa aman dan nyaman dalam berinvestasi. 

Itulah beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh Manajer Investasi dalam pengelolaan, khususnya dengan pengelolaan Reksadana Pendapatan Tetap. Anda bisa memaksimalkan pendapatan dan memperoleh hasil investasi sesuai dengan keinginan Anda. Bersama DBS Treasures, Anda dapat menemukan berbagai Manajer Investasi yang terbaik dalam hal tersebut. 

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan DBS Treasures

Percayakan investasi Reksadana Pendapatan Tetap hanya dengan DBS Treasures. Semua aktivitas terkait dengan investasi Anda dapat dilakukan dengan mempercayakan Manajer Investasi terbaik yang bisa dipercaya seperti pilihan dari DBS Treasures. Terlebih lagi mulai dari informasi terbaru mengenai investasi, analisa Reksadana dengan data terkait sampai berbagai aktivitas jual – beli, semua mungkin dilakukan dari satu aplikasi saja. 

Terdapat berbagai keuntungan yang akan nasabah peroleh dengan mempercayakan investasinya dengan DBS Treasures. Investasi memang tidak terlepas dari berbagai risiko, tapi dengan penanganan yang tepat, keuntungan bisa dioptimalkan dan risiko dapat diminimalisir. Keunggulan berinvestasi di DBS Treasures:

  1. Penanganan Investasi oleh Profesional

Tiap pilihan investasi ditangani oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures untuk bisa memaksimalkan kinerja produk sesuai target yang sudah ditetapkan.

  1. Wawasan Sebagai Panduan Berinvestasi

Anda akan dipandu tim ahli finansial yang andal dan dapat dipercaya. Mereka akan menampilkan kinerja proaktif untuk memperoleh analisis pasar akurat serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil dan kebutuhan Anda.

  1. Pengurangan Risiko

Investasi akan diversifikasi ke berbagai jenis aset investasi. Dengan demikian, dapat mengurangi risiko investasi dan berupaya untuk meningkatkan return.

Anda bisa mulai investasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan yakin bersama DBS Treasures yang merupakan priority banking dengan fasilitas dan layanan terlengkap yang akan mempermudah berbagai aktivitas transaksi atau investasi para nasabahnya. Bukan hanya untuk Reksadana Pendapatan Tetap tetapi juga jenis Reksadana lainnya. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.