Mengenal Jenis Cokelat

Buat kamu yang suka dengan cokelat, baik dalam bentuk cokelat batang maupun minuman. Mungkin kamu perlu tahu ada berbagai jenis cokelat di dunia. Dan mungkin, belum semua jenis cokelat ini pernah kamu nikmati. Hmm penasaran gak ya ada apa saja sih macam-macam cokelat?

Namun sebelum kesana, ada baiknya kita mengenal lebih jauh mengenai salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang di segenap penjuru dunia.

Sejarah Cokelat

Cokelat merupakan jenis olahan makanan dari biji kakao, atau Theobroma Cacao. Di masa lalu, cokelat merupakan tanaman asli amerika kuno. Sejak masa silam makanan ini hanya dinikmati oleh orang dewasa. Tanaman kakao, tumbuh di sepanjang Amazon utara sampai Amerika tengah, bahkan sampai Meksiko. Suku bangsa Olmec dan Maya diyakini merupakan orang yang pertama kali memanfaatkan biji kakao sebagai cokelat.

Informasi cokelat paling awal mengenai pengolahan cokelat bisa ditemukan di Puerto Econdido, salah satu wilayah di Honduras. Sisa peninggalan pengolahan cokelat ini berasal dari abad 11-14 sebelum masehi. Di Guatemala, Suku Maya dipercaya mengkonsumsi cokelat dalam bentuk minuman. Cokelat menjadi simbol kemakmuran masyarakat Maya.

Cokelat juga dikenal oleh bangsa Aztec dan Toitec (suku pengganti peradaban Maya Klasik) biji kakao bahkan digunakan sebagai mata uang. Seratus biji kakao dapat digunakan untuk membeli satu ayam kalkun.

Cokelat mulai dikenal di Eropa saat suku Maya Kekchi dari Guatemala mengunjungi istana Spanyol dan memberikan hadiah berupa minuman cokelat. Sejak saat itu, cokelat mulai dikenal kalangan elit eropa.

aneka varian dan jenis cokelat di dunia

Pada tahun 1689, Hans Sloane, seorang dokter dan kolektor mengembangkan minuman cokelat ini dengan nama Cadbury Brothers. Sebuah nama yang mengingatkan kita kepada salah satu brand cokelat ternama yang masih eksis hingga saat ini.

Manfaat Cokelat

Cokelat tidak hanya enak dan nikmat, namun juga kaya manfaat. Cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan digunakan juga untuk kecantikan.

Cokelat mengandung banyak nutrisi, dalam 100 gram cokelat terdapat nutrisi seperti protein, energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, zat besi, natrium dan juga kalium. Cokelat juga mengandung antioksidan, mineral, teobromin, kafein serta polifenol.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cokelat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Siapa sangka bahwa kebiasaan mengkonsumsi cokelat dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sepuluh tahun lalu pada 2012, Asosiasi American Heart melakukan penelitian antara manfaat cokelat dengan kinerja otak. Ternyata, kandungan flavonoid pada cokelat mampu melancarkan aliran darah pada otak. Sehingga otak menjadi lebih segar dan dapat berfungsi maksimal.

Cokelat dapat membantu memperbaiki penurunan fungsi kognitif pada cokelat.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Siapa nih yang suka makan gorengan? Jangan kuatir, karena kandungan polifenol dan teobromin pada cokelat dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih sehat dan resiko kerentanan penyakit berkurang

Bermanfaat untuk Meredakan Suasana Hati

Cokelat mengandung zat penenang, itulah mengapa cewek yang sedang PMS banyak yang ngemil dan suka sekali dengan cokelat. Kandungan flavonoid pada cokelat mampu meningkatkan produksi nitrit oksida yang berperan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi turun.

Menurunkan Hipertensi

Dalam laporan jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, diketahui bahwa orang yang gemar mengkonsumsi dark chocolate dapat menurunkan 18% tekanan darah selama 10 minggu. Sehingga cokelat dapat membantu penderita hipertensi dengan konsumsi rutin.

Menghambat Sel Kanker

Kita tentu tidak ingin mengalami sakit kanker, cokelat merupakan bahan alami pencegah kanker. Cokelat diyakini dapat mencegah kerusakan sel akibat sel kanker pada tubuh.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Cokelat juga mengurangi resiko serangan jantung berkat kemampuannya meningkatkan produksi nitrit oksida serta memperbesar pembuluh arteri sampai 32%. Hal tersebut diketahui dari laporan Jurnal Clinical Nutrition bahwa konsumsi cokelat 2 kali seminggu mampu menurunkan plak pada pembuluh arteri sebanyak 32% nya.

Jenis-jenis Cokelat

varian dan ragam jenis cokelat

Setelah mengetahui sejarah dan manfaat cokelat, sekarang apa saja sih jenis-jenis cokelat?

Cokelat Compound

Cokelat compound adalah jenis cokelat yang terbuat dari campuran kakao, pemanis, lecithin dan lemak nabati. Cokelat compound dikenal juga sebagai cooking chocolate. Cokelat ini biasanya digunakan untuk melapisi buah atau kue.

Cokelat Couverture

Cokelat couverture adalah cokelat yang terbuat dari mentega cokelat, gula dan cocoa liquor. Sama seperti cokelat compound, cokelat ini banyak digunakan sebagai cokelat pelapis kue.

Dark Chocolate

Dark Chocolate adalah cokelat hitam yang rasanya pahit dan kering. Hal ini masuk akal karena memang cokelat ini dibuat dengan persentase biji kakao paling tinggi tanpa adanya pemanis. Berdasarkan rasanya, Dark Choholate ini terbagi menjadi semi-sweet chocolate dan bitter-sweet chocolate

White Chocolate

White Chocolate atau cokelat putih adalah cokelat yang tidak menggunakan kakao. Melainkan dibuat menggunakan butter cacao atau mentega cokelat. Cokelat Putih ini dibuat dengan campuran susu, gula, vanila dan lemak susu, sehingga warnanya terlihat putih.

Cokelat Susu

Cokelat Susu banyak ditemukan dalam susu bubuk maupun produk susu kental manis. Cokelat susu memiliki rasa yang lebih manis dan ringan dibanding dark chocolate, secara alami, cokelat ini disarankan untuk membantu memperbaiki suasana hati karena kandungan kafein, teobromin, tirosin serta triptofan.

Sweet German Chocolate

Coklat Jerman manis adalah cokelat hitam yang dibuat untuk melapisi roti, namun berbeda dengan compound dan courvete cokelat. Cokelat ini memiliki rasa yang lebih manis.

Cokelat Bubuk

Biasanya kita mengenal pula cokelat dalam bentuk bubuk. Cokelat bubuk sendiri berasal dari ekstrak biji kakao yang dikeringkan, dipanggang kemudian digiling untuk mendapatkan bubuk kakao. Cokelat bubuk banyak digunakan sebagai bahan pembuat kue.

Gianduja Chocolate

Produk cokelat ini dikenal di Italia, di negeri maestro sepakbola ini, Gianduja dibuat dari biji kakao dan hazelnut sehingga rasanya cukup spesial. Bentuknya yang besar membuatnya cocok dinikmati sembari minum teh.

Nah itulah beberapa jenis cokelat yang ada di dunia. Hmm kalian sudah pernah menikmati yang mana aja nih?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini