Butuh Pinjaman Uang untuk Beli Mobil? Pake Simulasi Kredit Mobil dulu

Bagi anda yang membutuhkan pinjaman uang untuk membeli mobil baru, anda bisa menggunakan beberapa alternatif pemberi pinjaman, misalnya mengambil kredit di bank atau mengajukan pinjaman di perusahaan leasing. Sebelum anda memutuskan untuk memilih salah satunya, akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu perbedaan kredit di bank vs di leasing untuk memperoleh gambaran berapa nanti angsuran bulanan yang harus anda keluarkan untuk pinjaman tersebut.

Persamaan Kredit Bank dan Leasing

Baik bank maupun perusahaan leasing memiliki kesamaan dalam memberikan kredit mobil, yakni mensyaratkan DP minimal 30% dari harga jual mobil yang disepakati oleh penjual maupun pembeli. Bank dan leasing dapat memberikan anda pinjaman uang untuk berbagai kebutuhan selain membeli mobil, misal untuk keperluan usaha dan lain sebagainya.

Perbedaan Pinjaman Bank vs Leasing

Nah sekarang, ada enggak sih bedanya klo kita ambil kredit di bank dan di leasing? Yup ada, yuk simak penjelasan berikut

Pinjaman Bank

tips mengajukan KTA kredit

Saat anda mengambil kredit di bank, anda akan memperoleh suku bunga yang umumnya lebih rendah dibanding yang ditawarkan perusahaan leasing, anda juga bisa melunasi sebagian utang pokok dalam waktu tertentu untuk mengurangi beban asuransi setiap bulannya. Keuntungan mengajukan pinjaman di bank ini tentunya juga memiliki kekurangan, proses pengajuan kredit di bank umumnya lebih lama dan lebih rumit dibanding anda mengajukan kredit leasing. Dokumen-dokumen seperti slip gaji, KTP, KK, akta kelahiran dan lain sebagainya wajib anda lampirkan. Umumnya bank juga akan meminta dokumen tagihan seperti listrik, PDAM dan dokumen tagihan lain. Hal ini diperlukan bank untuk menghitung resiko pinjaman yang diberikan pada nasabah.

Kredit Menggunakan Jasa Leasing

Perusahaan leasing adalah perusahaan finansial non-bank yang melayani jasa peminjaman uang. Umumnya proses pengajuan pinjaman uang di leasing lebih mudah dibanding mengajukan pinjaman di bank. Staff marketing perusahaan biasanya memperlakukan istimewa calon penerima kredit dengan melakukan jemput bola untuk mengumpulkan berkas hingga membantu pencairan kredit lebih lancar.

Jual beli mobil bekas murah terjamin

Di perusahaan leasing ini ada biaya tambahan selain dari angsuran yang harus kita bayar setiap bulannya, yakni biaya fidusia, biaya asuransi dan biaya profisi. Biaya-biaya ini diperlukan untuk menghindari resiko saat mobil yang masih dalam masa asuransi mengalami kerusakan atau hilang. Untuk asuransi kredit mobil ada dua jenis yang umumnya ditawarkan yakni all risk dan total lost only. All risk mencakup segala jenis kerusakan akan ditanggung perusahaan asuransi, sementara total lost only menanggung sekurang-kurangnya 75% dari nilai kendaraan. Biaya asuransi all risk ini tentunya lebih tinggi dibanding dengan TLO.

Simulasi Kredit Mobil

Setelah anda memutuskan untuk mengambil kredit di bank atau leasing, anda bisa menghitung berapa biaya angsuran yang perlu anda keluarkan per bulan. Anda bisa meminta bantuan pada staff marketing baik pihak dealer, bank atau leasing untuk membantu anda menghitung biaya angsuran. Akan tetapi saat ini anda juga bisa menggunakan tools simulasi kredit mobil yang tersedia dan bisa digunakan secara gratis di internet. Anda tinggal memasukkan harga jual mobil, berapa DP nya, berapa % bunga yang diterapkan dan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan angsuran.

Anda bisa membandingkan beberapa simulator yang tersedia di website masing-masing penyedia layanan. Umumnya perusahaan leasing maupun bank menyediakan simulator untuk menghitung kredit nasabahnya. Pastikan anda sudah membandingkan hal-hal tersebut untuk memperoleh solusi terbaik untuk mengajukan kredit pembelian mobil.

tips memilih pinjaman bank vs leasing simulasi kredit mobil

Nah sudah paham kan ya sekarang?

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.