7 Tips Content Advertising yang Efektif untuk Toko Online

Cara Content Advertising yang Efektif

Di tengah zaman yang semakin maju seperti sekarang, keberhasilan toko online sangat dipengaruhi oleh efektivitas strategi marketing yang dijalankan. Salah satunya adalah efektivitas pengelolaan platform marketing seperti website online shop tersebut. Mulai dari pemakaian domain murah untuk online shop yang tepat hingga pembuatan konten yang tepat sasaran. 

Strategi Content Advertising

Kesuksesan toko online juga dapat dipengaruhi oleh strategi content advertising yang diterapkan. Jika bisa diterapkan strategi content advertising yang tepat, maka angka penjualan bisa meningkat sesuai harapan. Berikut adalah 7 tips content advertising yang efektif untuk toko online Anda:

Tentukan Tujuan

Setiap jenis konten yang akan dibuat harus ditentukan dulu apa tujuannya. Asal tahu saja, semua jenis konten yang beredar di media pasti dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Konten bisnis Anda juga sudah seharusnya memiliki tujuan pembuatan. 

Tak selamanya konten dibuat untuk keperluan meningkatkan angka penjualan. Ada beberapa jenis konten yang dibuat dengan tujuan memperkenalkan produk baru. Ada juga konten yang dibuat untuk meningkatkan traffic website bisnis. 

tips content advertising efektif

Bentuk dan isi kontennya tentu harus disesuaikan dengan tujuan tersebut. Oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu apa tujuan utama pembuatan konten untuk mempermudah Anda membuat content advertising yang tepat.

Baca juga: Cara Menggunakan A/B Testing untuk Meningkatkan Penjualan Online Anda

Jika sudah dapat tujuan yang spesifik maka usahakan pembuatan konten memang menyasar ke tujuan tersebut. Misalnya, Anda menginginkan konten yang dibuat bisa meningkatkan traffic website online shop. 

Maka buatlah konten yang mengajak audiens untuk melakukan klik ke alamat website. Siapkan juga domain untuk online shop yang simpel dan mudah diingat agar melekat di benak audiens.

Siapkan Konsep Berkualitas

Berikutnya segera siapkan konsep konten yang berkualitas. Saat ini persaingan konten bisnis sangatlah ketat. Jangan sampai Anda merilis konten advertising yang tidak berkualitas. Jenis konten yang tidak menarik dan informatif sudah pasti hanya akan dianggap angin lalu saja oleh target audiens.

Tapi bagaimana caranya membuat konsep konten yang berkualitas? Carilah referensi sebanyak mungkin. Lihat seperti apa contoh konten-konten bisnis yang beredar saat ini. 

cara menghitung engagement rate instagram

Bagaimana para pelaku bisnis mengemas content advertising mereka dengan baik. Semakin banyak referensi yang didapat maka akan semakin banyak ide-ide yang Anda dapatkan.

Perhatikan tujuan utama pembuatan konten yang sudah diputuskan sebelumnya tadi. Pastikan konten yang akan dirilis berkualitas dan memang sesuai dengan tujuan awal. Usahakan identitas bisnis bisa tersirat melalui konten yang dibuat. 

Pastikan konten dibuat jelas untuk kepentingan advertising sehingga target audiens bisa memahami maksudnya dan melakukan tindakan sesuai harapan Anda.

Perhatikan Tren

Amati seperti apa tren yang saat ini sedang terjadi di masyarakat. Pembuatan konten harus memperhatikan tren yang sedang banyak diminati. Jika konten dibuat mengikuti tren maka akan lebih mudah untuk menarik perhatian target audiens. Saat ini masyarakat lebih suka mengikuti apa yang sedang banyak diminati agar tak dinilai ketinggalan zaman.

Baca juga: 5 Tips Memulai berjualan online

BACA JUGA:   Bagaimana Penjual Makanan Memaksimalkan Teknologi di Masa Pandemi

Tentunya tren ini harus seusai dengan kelompok target audiens yang dimiliki oleh bisnis Anda. Misalnya, Anda memiliki target audiens anak muda maka perhatikan apa yang menjadi tren di golongan mereka. 

Lain halnya jika target audiens content advertising Anda adalah lansia, maka buatlah konten yang temanya sesuai dengan tren di kalangan lansia. 

Pahami Kemauan Audiens

Content advertising tidak dibuat berdasarkan kemauan pelaku usaha maupun pembuat konten. Konten ini dibuat menyesuaikan kemauan audiens. Mengapa hal ini penting untuk diperhatikan? 

Karena tujuan dari konten advertising ini adalah untuk menarik minat dari audiens. Jika kontennya saja tidak disesuaikan kemauan mereka maka akan sulit untuk menarik perhatian tersebut.

content advertising efektif pahami audiens

Meskipun harus disesuaikan dengan kemauan target audiens, perlu diketahui bahwa semua informasi yang termuat dalam konten harus sesuai dengan bisnis yang dijalankan. 

Informasi yang disampaikan harus tetap sesuai dengan tujuan awal pembuatan konten. Apakah memang untuk meningkatkan angka penjualan, memperkenalkan produk baru, atau meningkatkan traffic website.

Distribusikan Konten

Apakah pembuatan content advertising yang bagus sudah cukup? Tentu tidak! Jika konten ini sudah dibuat maka ada langkah selanjutnya yang harus dilakukan yang pendistribusian konten. 

Content advertising ini harus didistribusikan atau dipromosikan ke berbagai platform. Tujuannya adalah untuk menjangkau target audiens yang jauh lebih luas.

cara mengetahui user ID instagram

Promosi konten ini akan membantu konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang. Mudah saja, jika konten diunggah di satu platform saja maka jumlah viewers-nya akan terbatas. Namun jika konten dibagikan ke platform yang berbeda maka jumlah viewers bisa bertambah. 

Salah satu platform distribusi konten yang bisa dimanfaatkan adalah website bisnis. Buatlah website khusus untuk online shop yang Anda jalankan. Beli domain untuk online shop yang mudah diingat dan mudah dikenali oleh konsumen. Kelola website tersebut agar bisa menjadi tempat distribusi konten yang efektif.

Gunakan Metode ATM

Salah satu metode yang bisa dicoba saat membuat content advertising adalah ATM. ATM merupakan kependekan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi. Metode ini sangat efektif untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan bisa memberikan manfaat yang bagus untuk bisnis online Anda.

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam metode ATM ini adalah mencari sebanyak mungkin referensi. Amati semua jenis content advertising yang bisa Anda temukan di berbagai platform. 

Baca juga: Wajib Tahu, Strategi UMKM Hadapi Persaingan Global

BACA JUGA:   Daftar 5 Web Penyedia Job Blogger dan Social Media Influencer

Setelah itu tirulah konten-konten tersebut dengan modifikasi agar tidak termasuk dalam tindak plagiarisme. Usahakan konten yang dihasilkan tetap berbeda meskipun terinspirasi dari content advertising lainnya. 

Metode ATM ini bisa diterapkan oleh para pemula sekalipun. Tidak sulit untuk menemukan ide-ide content advertising yang sudah beredar sebelumnya. Konsep content advertising bisa ditemui di beragam jenis platform. 

Jadi, Anda pun juga bisa dengan mudah menghasilkan konten berkualitas untuk kepentingan advertising bisnis Anda.

Tetap Konsisten

Kunci berikutnya dalam pembuatan content advertising adalah konsistensi. Pembuatan konten ini tidak cukup satu kali saja. Anda harus konsisten menghasilkan content advertising yang berkualitas secara berkala. Ini akan membantu bisnis berkembang lebih besar dan bisa menjangkau lebih banyak target audiens.

Konsistensi dalam pembuatan content advertising tentu tidaklah mudah. Apalagi untuk mempertahankan kualitas dari konten yang dibuat. Mencari ide konten pun membutuhkan usaha yang tidak mudah. Kreativitas harus terus diasah agar bisa menghasilkan content advertising yang menarik dan unik.

tips content advertising menarik

Brainstorming dalam pembuatan content advertising sangatlah penting untuk dilakukan. Terus cari referensi dari berbagai sumber dan tambah wawasan mengenai pembuatan konten. 

Ikuti terus tren yang sedang berkembang di masyarakat agar bisa menghasilkan content advertising yang sesuai dengan tujuan semula. Persiapan platform promosi content advertising juga sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah persiapan website bisnis untuk online shop Anda. 

Segera beli domain untuk online shop dan kelola website sebaik mungkin demi kemajuan bisnis. Selain memperhatikan kualitas content advertising yang diunggah, perhatikan juga kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.