Cara Mengatasi Burnout di Tempat Kerja Untuk Kesehatan

Kelelahan atau burnout dalam bekerja biasanya disebabkan oleh jam kerja yang panjang, tetapi tidak ada gangguan yang berarti. Burnout menyebabkan kelelahan yang terus-menerus dan hilangnya motivasi di tempat kerja, yang mengarah pada penurunan produktivitas kantor. 

Pekerja yang mengalami burnout kehilangan semangat mereka untuk pekerjaan sehari-hari dan bahkan mungkin berjuang dengan pekerjaan normal mereka.

Pengertian Burnout

Burnout adalah kondisi dimana seorang pekerja mengalami kelelahan fisik dan mental akibat tuntutan pekerjaan yang berlebihan. Burnout dapat terjadi karena berbagai hal baik berasal dari individu pekerja itu sendiri, maupun lingkungan kerja yang ada di sekitarnya.

Penyebab Burnout

Burnout umumnya disebabkan oleh mental pekerja yang sudah lelah ditambah beban pekerjaan yang tidak menentu seperti jam kerja yang tidak teratur, lingkungan kerja yang tidak sehat, melakukan perilaku hidup tidak sehat dan kurangnya interaksi sosial.

Gejala Burnout

Kelelahan dan stres sesekali di tempat kerja adalah hal  biasa. Namun, jika Anda lelah atau stres untuk jangka waktu tertentu, Anda mungkin mengalami sindrom kelelahan berikut: 

Hilangnya motivasi kerja 

Ketika Anda mengalami burnout, hal pertama yang Anda alami adalah hilangnya motivasi untuk bekerja. Anda mungkin merasa sulit untuk pergi bekerja, merasa terlalu cemas, dan bahkan takut beralih ke hari esok.  

Kelelahan berkepanjangan 

Kelelahan untuk waktu yang lama juga merupakan tanda menderita burnout. Kelelahan menyebabkan Anda kelelahan secara fisik dan mental, bahkan jika Anda tidak  melakukan aktivitas yang menghabiskan energi secara ekstrem. 

cara mengatasi burnout di tempat kerja

Cedera ringan 

Kelelahan akibat stres di tempat kerja juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini  membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap penyakit seperti sakit kepala dan nyeri otot.  

Sulit untuk tidur 

Burnout berikutnya yang mungkin Anda alami adalah insomnia, atau gangguan tidur. Kelelahan, yang memenuhi semua pikiran Anda, mengurangi kualitas tidur Anda. 

Lebih sensitif 

Orang yang sedang mengalami burnout biasanya  dipenuhi dengan energi negatif. Hal ini membuat mereka semakin sensitif dan sinis terhadap orang-orang di sekitarnya, bahkan bisa berdampak negatif pada lingkungan kerja.

Beberapa Cara Mengatasi Burnout

Ambil cuti atau Berlibur

Kamu bisa pergi berwisata atau traveling ke tempat-tempat yang mungkin akan kamu suka untuk melepas penat dalam bekerja serta menjaga kesahatan mental kamu.

Olahraga rutin

Olahraga rutin berfungsi untuk menurunkan tingkat stres. Kamu bisa rutin lari pagi keliling kompleks atau olahrga di gym terdekat bersama teman-temanmu.

Konsumsi makanan bergizi

Makanan tidak sehat memiliki pengaruh buruk terhadap mood dan mental kamu, loh. Jadi, mulai sekarang segera rubah pola makan kamu, ya!.

Nah, sampai juga di penghujung kata. Itu dia konten yang kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kalian merasa konten diatas kurang lengkap? Atau kalian belum puas dengan rangkuman kami? Yuk, cek langsung selengkapnya. Pokoknya dijamin lebih lengkap dan lebih keren, deh!. 

Kunjungi laman resmi Indozone untuk konten serta informasi lainnya yang tentunya keren dan bermanfaat!. Selamat Mencoba!. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.