Kumur dengan Betadine Mouthwash Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Salah satu kendala orang berpuasa adalah bau mulut dan nafas tidak segar yang mengurangi kepercayaan diri, hal ini bisa diatasi dengan obat kumur Betadine Mouthwash dan Gargle. Di bulan ramadan ini, banyak orang yang menggunakan obat kumur untuk menjaga kepercayaan diri mereka saat berhadapan dengan klien di saat berpuasa.

Bau Mulut Saat Puasa

Kenapa bau mulut saat berpuasa? Bau mulut saat puasa disebabkan oleh menurunnya produksi air liur di mulut karena asupan cairan tubuh berkurang. Air liur memiliki zat glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut dari bakteri dan virus yang masuk ke tubuh.

Karena air liur berkurang, maka bakteri menjadi berkembang biak lebih cepat dibanding saat tidak berpuasa.

Tips Menjaga Bau Mulut Tidak Sedap saat Puasa

Untuk mengatasi gangguan bau mulut dan nafas tidak segar saat berpuasa tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara

Cukupi Kebutuhan Air Minum Harian

Berpuasa atau tidak, kebutuhan cairan tubuh manusia tetaplah sama. Dokter menyarankan untuk memenuhi kebutuhan air putih 8 gelas per hari, usahakan minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat sahur dan 4 gelas sisanya bisa dilakukan pada malam hari antara waktu berbuka dan sahur.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur baik dikonsumsi oleh orang berpuasa guna mencegah pertumbuhan kuman di mulut berkat adanya kandungan antioksidan, vitamin, mineral dan air yang terkandung di dalamnya.

Beberapa menu yang bisa dikonsumsi saat berbuka dan sahur adalah, brokoli, bayam, wortel, seledri, apel, melon, jeruk, nanas dan semangka

Hindari Makanan Berbau Menyengat

Tentunya makanan berbau menyengat akan menambah aroma mulut saat berpuasa, hindari mengkonsumsi jengkol, petai, bawang ataupun durian saat berbuka dan makan sahur.

Baca Juga Cara Alami Hilangkan Bau Mulut

Bersihkan Gigi dan Mulut Secara Rutin

Selepas makan sahur dan berbuka, serta sebelum tidur, rutinkan aktifitas mencuci gigi dan mulut. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride, bersihkan lidah, gunakan benang gigi dan sangat disarankan menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Berkumur dengan Betadine Mouthwash Setelah Sahur dan Berbuka

Sakag satu obat bau mulut di apotik yang bisa membantu masalah bau tidak sedap saat puasa adalah Betadine Mouthwash and Gardle. Betadine obat kumur satu ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah mulut seperti bau mulut, sariawan, radang tenggorokan, nafas tidak sedar, serta gusi bengkak karena kandungan zat aktif Povidone Iodine.

cegah bau mulut saat puasa gunakan obat kumur betadine

Harga obat kumur ini di apotik sendiri sekitar 25 ribu rupiah saja kok untuk ukuran 190 mL. Di pasaran juga tersedia Betadine kumur ini untuk ukuran 100 ml dan 250 ml.

Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar

Betadine Mouthwash and Gargle dapat digunakan untuk membersihkan mulut dengan aturan sebagai berikut.

  1. Gunakan Obat kumur Betadine Mouthwash ini setelah menyikat gigi
  2. Tuangkan Betadine Obat Kumur ini sekitar sepuluh ml atau sekitar ukuran 3/4 tutup botol Betadine
  3. Jika bisa melakukan gargling, lakukan gargling sekitar 30 detik
  4. Kumur2 di dalam mulut sekitar satu menit
  5. Buang cairan Betadine Mouthwash yang telah digunakan

Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, selain air putih 30 menit selepas berkumur.

Baca Juga 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Oh ya, obat kumur ini sangat tidak disarankan untuk ditelan. Meskipun jika tertelan tidak sengaja tidak apa-apa asal dengan jumlah sedikit, tetapi obat kumur memang difungsikan untuk membilas mulut dan kerongkongan untuk kemudian dibuang.

harga obat kumur di apotik betadine mouthwash and gargle

Betadine Mouthwash ini tersedia dalam kemasan warna biru, sementara Betadine kumur warna hijau adalah kemasan lama dengan kandungan yang sama, tidak ada perbedaan fungsi antara betadine kumur hijau dan biru. Informasi selengkapnya mengenai manfaat Betadine Mouthwash and Gargle dan produk Betadine lainnya bisa dicek di https://betadine.co.id

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.