Golput: Memilih untuk tidak memilih

Pemilu tinggal hitungan hari. Sebentar lagi bakal ada pagelaran Indonesia Memilih, live di semua stasiun Tivi, tentu saja bakal selalu dibumbui cangkeman caleg, pengamat politik bosok di tivi2 itu sendiri. Demokrasi, sebuah paham dari Yunani yang kini mendunia dan menjadi pilihan sebagian besar negara untuk berkehidupan dan berkebangsaan. But, after all, demokrasi bukanlah sebuah sistem […]

“?” Jurusan Kependidikan

Peraturan Menteri Pendidikan no 87 tahun 2013 (klik link) tentang pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru menuai banyak penolakan di kalangan dunia pendidikan. Berbagai alasan dikemukakan baik dari kalangan pendidik, maupun civitas akademika, tidak terkecuali mereka yang bergerak dalam lingkup jurusan kependidikan. Adalah benar bahwa seorang guru adalah sebuah profesi, tanpa perlu menambah embel2 pendidikan profesi bagi […]

Debu Vulkanik

Tidak ada manusia yang bisa mengalahkan kekuatan Tuhan, hal paling sepele saja, sudah cukup untuk membuat kerepotan puluhan ribu manusia di Pulau Jawa 2 terakhir ini. Debu, debu vulkanik made in Gunung Kelud van Kediri hampir menutupi sebagian besar jawa tengah, jawa timur bahkan sampai ke jawa barat. Dan orang2 bersusah payah membersihkan halaman, rumah […]

Korupsi Lebaran Monyet

Enek liat berita korupsi disana sini, para politikus n pejabat negara seolah cuma nunggu giliran ke-gep KPK, enggak ada kesan bahwa penyelenggara negara saat ini pantas menyandang gelar negarawan, lebih pantes disebut kenegarakewanan. Siklus hidup artis/tokoh masyarakat/organisasi – politikus – napi sudah jadi jamak dan wajib terjadi. Sialnya meski mereka didakwa korupsi masih hobi cengar […]

Titip Doa berbayar

Demikianlah yang terlintas dibenakku ketika seorang kawan menelurkan tweet tentang adanya orang yang akan mendoakan orang lain di Baitullah dengan syarat harus bersedekah dengan nominal tertentu. Ternyata bukan hanya titip kiriman paket saja yang berbayar, titip doa juga mbayar! Gemblung!!!! Tentu saja aku memaki hal semacam ini, karena sejauh yang aku tahu, sedekah tidaklah seperti […]

Bisa tertib kok

Orang Indonesia, pada umumnya punya rasa tepa selira yang begitu tinggi, bahkan jika hal itu merupakan hal yang enggak terlalu baik. Ada orang yang melanggar aturan tidak diingatkan, yang berwenang tidak menindak dengan tegas, hingga pada akhirnya pengabaian aturan memang selalu menjadi sesuatu yang lumrah, disiplin dan rasa tanggung jawab menjadi sesuatu yang berharga mahal tapi tidak laku dijual di negeri […]

Skripsi: know and how

Skripsi, derita puncak mahasiswa abadi dan para veteran di kampus, inilah ujian terakhir sebelum merengkuh gelar kesarjanaan strata 1. Banyak yang bilang skripsi itu susah, lha emang iya wong belum pada rampung ta?? klo sudah selesai ya lain soal. Skripsi bisa jadi sumber kegalauan berabad-abad klo gak dikerja2in, lebih menggalaukan daripada setatus jomblo sejati. Nah biar enggak […]

Pemilihan Umum dan Politik Pencitraan

Politik pencitraan, tau kan? thanks bingit to our President yang bisa disebut sebagai pelopor politik jenis ini. Berusaha nampak sebagai manusia teraniaya waktu pengen maju di pilpres 2004 silam. Sejak tumbangnya orde baru menurutku sistem politik kita semakin kebablasan, bukan hanya soal betapa banyaknya partai yang ikut di pemilu 1999 tapi juga cost yang harus disiapkan untuk gawe yang […]

Pengemis

Pengemis merupakan sebuah fenomena dalam kehidupan kita. Orang2 tua, muda bahkan anak balita menggelandang di pinggir jalan dan mengacungkan tangan meminta belas kasihan. Kata ngemis sendiri berasal dari kata kemis (kamis: dalam bahasa jawa). Ketika itu Raja dan bangsawan Solo kerap memberikan sedekah kepada warganya setiap hari kamis, dan orang2 berdatangan untuk mengharapkan sedekah rajanya. […]

Kondomisisasi Kampus

Kondom, buat para manusia dewasa tentu sudah mahfum arti benda satu ini. Kondom dibuat sebagai alternatif cara untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit ketika melakukan aktifitas seksual. Sejarah kondom sendiri lebih pada menjaga seseorang dari penularan penyakit dari aktifitas seksual daripada mencegah kehamilan. Pekan kondom nasional diadakan bertepatan dengan peringatan hari AIDS menurutku enggak tepat. […]

Itu email kan ya?

Indonesia itu emang ya? negeri yang tingkat teknogroginya mungkin termasuk tertinggi di Asia tenggara, gimana enggak lagi happening FB, semua pake, lagi jaman tweet semua bikin, jamane path, soundcloud, foursquare, bbm, android, whatsapp. Sopo sik ra nduwe? Jujur deh dari multiakun itu mana saja yang emang bener2 kita perlukan dalam konteks; pekerjaan dan kegiatan keseharian? Embuh, klopun rame2 […]

Posisi Menentukan Prestasi

Rata2 anak sekolah ngerti maksud dari frasa judul di atas, Posisi Menentukan Prestasi, sering diidentikkan dengan posisi memilih tempat duduk ketika menghadapi ulangan. Posisi terbaik menurut anak2 enggak bakalan jauh dari deretan meja di belakang dan terjauh dari pengawasan guru. Dan seburuk2nya posisi adalah tepat berada di depan meja pengawas!

Jogja Ora Didol

Yogyakarta, dikenal sebagai kota, sebagai provinsi, tetapi lebih penting lagi dikenal sebagai rumah bagi banyak warga negara Indonesia. Tak berlebihan kiranya jika ada istilah as homy as Jogja, karena banyak manusia Indonesia pernah merasakan keramahan Jogja, baik sebagai wisatawan ataupun juga pendatang yang menimba ilmu di kota ini. Rata2 mereka selalu ingin kembali ke kota […]

Kereta Kelinci

Kereta kelinci, begitu kebanyakan orang memanggil kendaraan bermotor satu ini. Secara spesifik entahlah kereta ini dikategorikan sebagai jenis kendaraan apa. Di Jogja dulu keberadaannya dimulai sejak perayaan Sekaten beberapa tahun silam, dan sejak itu selalu menjadi langganan penyemarak acara Sekaten. Kereta hias satu ini mungkin pada mulanya adalah bentuk kreatifitas orang2 di Indonesia untuk memanfaatkan […]