Gak Lagi Takut Memulai, Yuk Jualan Online Bareng Lazada

Langkah kecil pertama untuk menuju kesuksesan adalah tahapan paling penting yang perlu dilakukan, termasuk juga kita yang ingin memiliki bisnis online. Berbisnis secara online merupakan salah satu pintu yang bisa kita maksimalkan jika kita ingin memperoleh pendapatan dengan cepat menggunakan jejaring internet.

Statistik Pengguna Internet di Indonesia

Berdasarkan data pengguna internet di Indonesia yang dilansir oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada awal tahun ini menunjukkan jumlah yang cukup besar mencapai 210 juta jiwa, transaksi e-commerce sepanjang 2021 menembus angka Rp. 401 triliun, potensi menggiurkan ini tentunya menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian kita sebagai calon pebisnis online, yuk jualan online yuk!

Sementara itu merujuk data pelaku UMKM yang menggunakan internet sebagai media pemasaran mencapai 13 juta dari 65 juta pelaku UMKM, atau kurang dari 10% pengguna internet di Indonesia.

Secara kasar, setidaknya UMKM online dapat meraup omset 25-30 juta rupiah per pelaku usaha online. Nilai yang lumayan besar untuk mendukung pemulihan ekonomi di tanah air. Tentunya, potensi penjualan internet bisa dimaksimalkan bagi mereka yang memutuskan terjun ke bisnis online.

Pilihan Platform Bisnis Online

Untuk melakukan bisnis online, kita perlu mengetahui di mana lokasi netizen mencari barang, ya, mengingat tujuan kita adalah untuk menjual barang, terdapat beberapa platform yang bisa kita gunakan untuk berjualan secara daring.

E-commerce

Ada banyak platform e-commerce yang tersedia di Indonesia, salah satunya adalah Lazada, e-commerce merupakan tempat berkumpulnya para penjual yang menawarkan berbagai produk dagangan kepada masyarakat secara mudah.

yuk jualan online bareng Lazada

Dengan menggunakan e-commerce, pemilik bisnis cukup mengupload produk mereka dan menunggu terjadinya transaksi. Mengingat platform ini bertindak seperti sebuah pasar/mall online dengan jutaan pengunjung setiap hari akan sangat baik untuk pemula yang ingin mencoba menjadi pebisnis di era digital

Social Media

Platform social media bukanlah tempat untuk berjualan online, meskipun demikian, social media mulai terbuka dengan menghadirkan fitur marketplace, seperti facebook, tiktok dan instagram. Social media juga bisa digunakan untuk mendekatkan produk kita dengan para pelanggan. Mengingat sebagian besar netizen di Indonesia adalah social media enthusiast.

Website

Jika kita memiliki kemampuan mendevelope website pribadi, kita bisa menggunakannya untuk berjualan online, namun berbagai hambatan seperti kemampuan teknikal terkait alur pembelian cukup merepotkan untuk pemula.

Selain itu pebisnis harus memastikan webnya dapat terindeks dengan baik oleh search engine untuk mendatangkan pengunjung. Butuh waktu lama agar sebuah website dapat dikenal masyarakat dan terjadi transaksi pembelian di sana.

Dari ketiga jenis platform tersebut, berjualan di marketplace/e-commerce adalah pilihan yang paling mudah untuk berbisnis online

Yuk Jualan Online di Lazada

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, berdasarkan nilai transaksi bruto Lazada di tahun 2021, platform marketplace satu ini mencatatkan angka USD$ 21 Miliar atau setara Rp. 302 triliun dengan konsumen aktif mencapai 130 juta pengguna.

Peluang bisnis online di Lazada

Jika kita melihat data transaksi penjualan sepanjang 2021 dan jumlah netizen, maka Lazada merupakan platform e-commerce yang sangat rekomended untuk mulai berjualan online.

Tips Jualan Online di Lazada

Bagaimana jika kamu belum memiliki produk dan ingin menjadi penjual online yang sukses? Kamu bisa jualan di Lazada sebagai online seller. Apa aja sih keuntungan yang bisa kamu maksimalkan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu maksimalkan di Lazada.

Cara Membuka Toko di Lazada

Untuk mulai berbisnis online di Lazada, tentunya kamu pertama harus punya tokonya dulu bukan? Nah, begini cara menjadi seller/membuka toko di Lazada

  1. Buka Lazada.co.id dan klik tombol “Menjadi Seller”
  2. Klik tombol Daftar Penjual, kamu bisa memilih mau menjadi Penjual Lazada atau Penjual Lazmall
  3. Lengkapi data pendaftaran yang diperlukan ada dua jenis kategori penjual di Lazada
    1. Perorangan – KTP, Buku tabungan sesuai pemilik identitas
    2. Perusahaan – Izin usaha/NIB, Buku tabungan / rekening koran penanggung jawab izin usaha
  4. Baca dan setujui Ketentuan Layanan Penjual, Perjanjian Jasa Logistik dan Kebijakan Privasi
  5. Tunggu data kamu diverifikasi dan kamu bisa mulai berjualan setelah Lazada mengapprove permintaan kamu sebagai calon penjual.

Cari Produk yang Sedang Trend

Kamu bisa menggunakan fitur gratis dari Google Trends untuk menemukan produk apa yang banyak dicari pengunjung internet, gunakan lokasi negara Indonesia dengan timeline 7 atau 30 hari terakhir untuk melihat produk apa saja yang sedang dicari masyarakat.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur produk terlaris yang bisa kamu temukan di marketplace Lazada untuk melihat produk apa yang banyak dicari oleh netizen.

Gunakan fitur Bocoran Peluang

Lazada memiliki fitur bernama Bocoran Peluang, fitur ini gak akan kamu temukan di tempat lain. Lazada memberikan rekomendasi berdasarkan dua hal yaitu

  • Pertumbuhan Tinggi – produk yang laris manis
  • Direkomendasikan – produk yang belum ada di Lazada

Bayangkan jika kamu memiliki produk yang belum ada di marketplace dengan 130 juta pengguna aktif? Potensial banget bukan? Yuk Jualan Online!

Manfaatkan Kanal Belajar Bisnis Online Lazada

Memiliki kanal belajar bisnis online resmi Lazada memberikan peluang luas untuk kamu bergabung sebagai penjual online. Apa aja kanal belajar bisnis tersebut?

Lazada University

dukungan bisnis online di Lazada

Lazada University adalah kanal resmi untuk belajar dari Lazada yang ditujukan bagi para pemilik toko online. Di portal satu ini kamu bisa menemukan berbagai materi khusus untuk meningkatkan kemampuan kamu jualan di Lazada.

Kurikulum yang dibuat, ditujukan untuk membuat kamu sebagai penjual dapat memaksimalkan fitur yang ada di marketplace Lazada secara optimal. Misalnya di Lazada University kita diajarkan untuk menggunakan tools yang ada di Lazada seperti halnya buku menu/katalog yang bisa kita tawarkan.

Ternyata untuk setiap jenis toko, formula katalognya bisa berbeda, bergantung pada jenis toko yang kita miliki. Penjual food misalnya harus bisa menempatkan kategori yang berbeda untuk setiap produknya, bisa saja ia menjual dry food, makanan jadi, bumbu yang sebaiknya ditempatkan dalam kategori berbeda.

Selain itu juga terdapat beberapa event menarik seperti Lazada Learning Festival!

Lazada Club

Lazada Club merupakan komunitas resmi para penjual online yang menggunakan marketplace Lazada, disini kamu bisa belajar langsung dari para seller yang berhasil menggunakan marketplace ini untuk mendukung bisnis mereka. Tentunya, kamu bisa juga menemukan calon supplier untuk bisnis online kamu nantinya.

Bulan ini misalnya Lazada menggelar LazStart Academy dengan menggandeng Ketua Lazada Club Bandung untuk berbagi pengalaman sebagai top seller Lazada dan menjadi LazStart Trainer. Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini mengupas berbagai macam hal teknis seputar tips berjualan di Lazada.

Lazada Service Marketplace

Sudah punya produk yang oke tapi kurang menguasai kemampuan fotografi, desain produk yang oke? Tenang ada Lazada Service Marketplace, layanan ini ditujukan untuk mendukung para seller dalam berjualan.

Disini terdapat berbagai layanan jasa yang bisa kamu gunakan mulai dari desain toko online, pembuatan desain halaman produk, foto produk dan videografi serta manajemen konten. Hmm lengkap banget kan ya, yuk jualan online lah kalau gitu

Fulfilled by Lazada

Layanan satu ini adalah layanan warehousing, buat kamu yang sering melakukan pembelian di Lazada tentu tahu kalau produk yang dikirim Lazada biasanya punya packaging yang unik, hal tersebut bisa jadi karena penjual menggunakan fitur Fulfilled by Lazada atau FBL.

FBL akan menjemput produk penjual dan menyimpannya di gudang Lazada, begitu ada transaksi penjualan FBL akan memproses, mulai dari packing, pengantaran, return manajemen hingga risk inventory. Ah dimanjain banget deh sama Lazada.

Yuk Jualan Online Howwesell

Howwesell.Asia merupakan mini site by Lazada yang ditujukan untuk memberikan artikel-artikel inspiratif seputar jualan online, salah satu menunya adalah Yuk Jualan Online.

Di mini site ini para seller dapat memperoleh banyak insight dari artikel yang diberikan, sebagai contoh, penggunaan social media sebagai tools penunjang brand awareness dan penjualan. Sebagai seller kita perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk update di setiap social media.

So, prime time instagram dan facebook bisa saja berbeda, sebagai penjual kita perlu memahami kapan waktu yang tepat agar postingan kita menjangkau lebih banyak pemirsa.

belajar jualan di Lazada

Kesimpulan

Lazada bukan hanya marketplace yang bisa kita gunakan sebagai tempat untuk berjualan online saja, melainkan juga tempat untuk belajar lebih banyak mengenai dunia penjualan dan bisnis online. Aneka layanan Lazada sangat mendukung untuk berkembang, misalnya event LazStar Academy yang menggandeng Lazada Club Bandung kemarin turut menyajikan tips bagaimana seorang online seller harus melakukan promosi menjelang event-event belanja nasional, termasuk event Harbolnas di bulan depan. Kita juga bisa memaksimalkan mini site Howwesell Asia by Lazada untuk mendapatkan insight baru seputar cara marketing dan jualan online.

Buat kamu yang masih merasa perlu belajar banyak agar semakin siap, kamu bisa membaca berbagai tutorial bisnis online yang Lazada sediakan. Nah tunggu apalagi? Yuk Jualan Online di Lazada aja!

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.