cara mengatasi bau badan

Keringat dan Cara Mengatasi Bau Badan

Saat kita berolahraga atau melakukan aktifitas fisik lainnya, tubuh kita biasanya akan mengeluarkan keringat, termasuk pada saat kita makan makanan pedas. Konon katanya orang Indonesia hanya akan berkeringat pada saat makan saja, sebenernya enggak bener-bener amat, karena toh rata-rata orang Indonesia juga akan berkeringat waktu mau nembak gebetan atau pertama kali ketemu orang tua si pacar.

Bicara soal keringat, keringat tuh apa sih kok bisa keluar dari tubuh kita?
Keringat sendiri adalah sebuah mekanisme dari tubuh untuk menjaga suhu badan kita akibat panas atau aktifitas berlebih. Dengan adanya keringat ini, suhu badan akan menjadi lebih dingin, seperti air radiator pada mobil? Ya kurang lebih seperti itu kerjanya, air radiator mobil juga berfungsi menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas.

Keringat berasal dari dua kelenjar yang berada di dalam tubuh kita. Kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kedua kelenjar ini memproduksi keringat untuk membantu tubuh menurunkan suhu badan. Kelenjar accrine biasanya berada di telapak tangan, dahi dan punggung. Kelenjar ini umumnya menghasilkan keringat yang tidak berbau. Kelenjar apokrin berada di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak. Kelenjar ini letaknya lebih dalam dibanding dengan kelenjar accrine. Keringat yang keluar dari kelenjar apokrin kemudian berekresi dengan bakteri yang menghasilkan bau tidak sedap. Jadi kalo keringat kalian bau, itu berarti tubuh kalian banyak bakterinya hehe.

cara mengatasi bau badan

Masalah bau badan ini bukan masalah sepele ya, karena dampaknya berasa banget jika kalian sedang berada dengan gebetan eh calon klien, kan bahaya tuh calon klien gak jadi kerjasama ma kita cuma karena gak tahan dengan aroma tubuh kita selama meeting.

Tapi jangan kuatir gaes, burket dan bau badan bisa kok diatasin. Makanya aku mau share cara mengatasi bau badan

Cara Mengatasi Bau Badan secara Alami

Ternyata banyak lho bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi bau badan, mungkin karena kita belum familiar n tahu saja makanya masih saja bau tuh badan. Oke kita mulai

1 Daun Sirih

Hasil gambar untuk sirih

Daun sirih dikenal sebagai daun sejuta umat, disukai nenek-nenek kita untuk memperkuat giginya, disukai juga oleh wanita untuk menjaga kebersihan organ intimnya. Daun sirih memiliki zat antiseptik yang dapat melawan kuman, bakteri dan juga bau badan. Daun sirih memiliki kandungan kadinen, kavinol, sienol, karvakol dan zat samak.

Untuk mengatasi bau badan dengan daun sirih, kita bisa merendamnya dengan air panas dan diminum, bisa juga dipakai mandi, atau dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur selanjutnya dioleskan ke ketiak.

2 Daun Kemangi

Daun yang biasa kamu temukan sebagai lalapan menu pecel lele ini emang punya bau yang khas dan memancing perut kita untuk berbunyi, hal ini karena daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat berfunsi sebagai antiseptik. Daun kemangi ini bisa kamu konsumsi seperti biasanya sebagai lalapan pecel lele kesukaan kamu atau bisa juga kamu jadikan sebagai teh, dijemur dulu, ditumbuk, lalu disaring n diminum menggunakan air panas ya

3 Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang punya bau yang juga khas, di daerah banyumas dan sekitarnya, bunga ini digunakan juga sebagai salah satu bahan dalam pembuatan pecel. Ini yang membedakan pecel ala banyumasan dengan daerah Jogja misalnya. Bunga ini dapat kita gunakan sebagai sabun mandi, caranya ditumbuk kasar bunga dan batang kecombrang kemudian dipakai sebagai sabun saat mandi.

4 Jeruk Nipis

resep minuman lemon tea

Ngebayangin jeruk nipis pasti kebayang deh kecutnya, buah yang kaya vitamin C, flavonoid, asam sitrat ini bisa kamu gunakan juga untuk mengatasi bau badan. Caranya pun gampang banget. Cukup dibelah dua dan dioleskan ke ketiak seperti mengoleskan deodoran, seger gaes

5 Mentimun

cara mengikis noda hitam di wajah dengan masker mentimun

Buah yang memiliki kandungan 95% air ini memiliki vitamin K, C, magnesium, kalium, vitamin A thiamin, riboflavin dan lain sebagainya. Mentimun biasanya digunakan sebagai masker pada muka untuk menghaluskan kulit. Untuk mengatasi bau ketiak? tempelin aja masker mentimunnya di ketiak

6 Daun Jambu Biji

Daun jambu biji punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, mulai untuk mencegah pendarahan pada demam berdarah, mencegah diare, diabetes, menurunkan kolesterol dan tentu saja, menggunakannya untuk mengatasi bau badan. Caranya cukup ditumbuk halus dan kemudian dioleskan pada ketiak, biarkan selama 15 menit dan kemudian dibilas dengan air bersih

7 Jeruk Purut

Sama seperti saudaranya jeruk nipis, jeruk purut juga bisa digunakan sebagai obat anti bau badan, caranya cukup meminum air perasan jeruk purut saja kok

Nah coba deh ternyata gak terlalu susah ya cara melawan bau badan, bahannya mudah, murah, caranya juga simpel.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.