ide ngabuburit kreatif selama bulan puasa bikin prakarya

Aktifitas Ngabuburit Kreatif Untuk Mengisi Waktu Berbuka Puasa

Bulan Puasa akan segera tiba sebentar lagi, tidak terasa kan ya? perasaan baru kemarin sungkem ke rumah calon mertua eh sekarang udah mau sungkem lagi, apa kabar besok klo ditanya, kapan ngajak orang rumah kesini sama bokapnya gebetan. Atau lagi sibuk mikirin jawaban saat ditanya keluarga besar yang balik dari rantau, kapan lulus? kapan kawin? udah isi belum? Ya kali sana mau bantu ngisiin aja… ngisiin pulsa maksudnya.

Tapi btw, daripada kamu bingung mikirin strategi buat menghadapi hal-hal yang mbuh-mbuhan terjadi itu, mendingan kamu mikirin deh, selama bulan puasa besok mo ngapain aja sih? Ndonlot jadwal imsakiyah udah?

Ya namanya orang puasa, di Indonesia agak identik dengan agenda sedikit lebih malas dibanding bulan lainnya. Ya bangun lebih siang, berangkat kerja lebih siang, jam kuliah dipangkas dan leha-leha di kamar doang main game tetris di hape.

Kamu bisa aja sih mengagendakan ngabuburit bareng pacar, jalan-jalan kemana, ke tempat-tempat yang ramai, pasar kaget, taman kota, atau sekedar mangkal nungguin takjil gratis di masjid, eh tapi tentu hal-hal romantis kek gini gak bakalan bisa kamu lakuin andai kamu tak punya pacar. DUH!

So baiklah, skip aja deh. Jadi sebenernya banyak lho ide kreatif yang bisa kamu jalankan selama bulan puasa, mayan kan klo ngisi waktu ngabuburit sambil tetap produktif. Karena saat puasa kita gak boleh makan dan minum, sebaiknya aktifitas yang melibatkan tenaga ekstra seperti olahraga dikurangin, meski bukan berarti gak boleh, hanya porsinya diturunkan tapi tetap banyak ide lain yang bisa kamu eksekusi selama menunggu waktu berbuka puasa, ya kan daripada liatin bolak balik antara nasi yang mulai dingin di piring kamu sama jam di dinding yang seolah enggak mau muter aja.

Ide Aktifitas Kreatif Ngabuburit Selama Puasa

So karena di bulan puasa ini kamu nggak boleh nunggu waktu berbuka sambil minum es teh, jadi ini beberapa referensi aktifitas kreatif selama bulan puasa.

1 Bikin Prakarya dari Barang Bekas

Bulan puasa banyak waktu senggang, karenanya biar tetap produktif gak ada salahnya kamu nyobain bikin berbagai prakarya dari barang bekas. Misal apa aja nih, kamu bisa deh kumpulin botol-botol bekas buat kamu warnai dengan kisah cintamu cat warna lalu kamu sulap jadi aneka benda bermanfaat, mulai pot dinding atau tempat bumbu dapur.

ide ngabuburit kreatif selama bulan puasa bikin prakarya

Kamu juga bisa bikin photo frame cardboard dari barang-barang bekas, tambahin saja ornamen seperti daun kering dan ranting kecil biar photo frame hasil bikinanmu nampak keren. Jadi sambil nungguin ibumu bikin minuman buka puasa kamu bisa tetep produktif lho gaes.

2 Menghias Dinding Rumah dengan Kertas Warna

Karena setelah puasa sudah jelas pasti lebaran datang, sudah jamak di Indonesia klo orang-orang kemudian merenovasi tampilan rumahnya biar lebih seger dan kinclong, mulai dari ngepel, mencuci gorden, ganti karpet n sofa dan masih banyak lagi, tapi klo kamu pengen punya solusi yang enggak mehong dan bisa dipake buat bikin suasana ruang tamu kamu lebih seru, boleh lah kamu hiasi dinding rumahmu dengan beraneka bentuk yang kamu buat sendiri dari kertas warna, misal bikin 3d butterfly di dinding rumah kamu. Seru kan?

3 Membuat hiasan toples dari kain flanel

Toples kue lebaran kamu biasa banget? Kenapa enggak kamu coba hias sendiri? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan kaleng biskuit yang biasa-biasa aja. Tambahin deh dengan hiasan yang terbuat dari flanel. Selain bisa kamu pake buat bikin kepincut anak kecil dan emaknya sekaligus yang datang ke rumah kamu, kamu juga bisa banget jual hasil bikinan kamu ini. Namanya bulan puasa, orang-orang mulai kendor soal urusan ngeluarin duit, nah bisa nih jadi berkah kamu buat nambah angpau lebaran besok.

4 Membuat ketupat lebaran

Menjelang hari H, boleh nih klo kamu juga bikin ketupat lebaran. Kenapa? Karena tyda ada lontong selama lebaran, yang ada hanya ketupat dan aneka varian menu nget-ngetan. Gak semua orang bisa bikin ketupat, nah klo kamu juga bisa bikin ketupat, kan mayan tuh ditawarin ke tetangga-tetangga. Nah untuk bikin ketupat ini pastiin juga klo kamu punya akses ke bahan bakunya ya, daun kelapa muda alias janur. Klo emang gak bisa, jangan dipaksa naik sendiri ya, minta tolong orang yang emang udah biasa naik ke pohon kelapa. Jangan sampe masuk ke timeline facebook sodara-sodara gara-gara terjebak lima jam di pucuk pohon kelapa gara2 gak berani turun, karena komen netijen julid itu sungguh kedjam

 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.