manfaat buah bit untuk kesehatan

Khas Dengan Warna Merah Keunguan, Inilah 5 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Buah bit memiliki warna merah keunguan dan sering dimanfaatkan sebagai olahan jus. Dikenal sebagai salah satu buah, sebenarnya bit ini masih masuk dalam kategori umbi-umbian (akar). Buah dengan warna yang tajam ini juga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan maupun sebagai pewarna makanan.

Kadar kalori pada bit terbilang rendah, yakni 44 kal / 100 gramnya. Buah ini juga mengandung serat sebanyak 2 gram serta protein sebanyak 1,7 gram. Selain itu, bit juga memiliki kandungan vitamin B6, B9 dan C serta mineral berupa magnesium, zat besi, fosfor, kalium, dan mangan. Mengandung banyak nutrisi dan vitamin, tidak heran kemudian banyak yang menjadikan buah ini sebagai minuman harian untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Buah bit untuk Kesehatan

manfaat buah bit untuk kesehatan

Lalu apa saja manfaat dari buah yang khas dengan warna merah keunguan ini? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Melawan inflamasi

Bit memiliki pigmen merah tua dan di dalamnya mengandung flavonoid yang disebut betalain. Senyawa ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap inflamasi. Selain itu ada pula senyawa fitokimia antosianin yang dapat membantu dalam mengontrol resistensi insulin.

Oleh karena itu bit ini sangat disarankan dikonsumsi oleh Anda yang memiliki keluhan pada ginjal, area persendian maupun pencernaan. Mengonsumsi jus bit secara rutin juga dapat mengobati infeksi pada mulut serta membantu mengurangi tumbuhnya jerawat pada wajah.

  1. Membantu menstabilkan tekanan darah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah bit ini mengandung banyak mineral. Mineral ini lah yang berperan dalam menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dilansir dari The Journal of Nutrition (2013), disebutkan bahwa terapi kesehatan yang dilakukan dengan minum jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 4 hingga 10 mmHg dalam hitungan beberapa jam.

Menjaga kestabilan tekanan darah sangat penting untuk dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Saat tekanan darah stabil, tubuh akan terlindungi dari risiko penyakit jantung, stroke, maupun kerusakan arteri.

  1. Mengatasi permasalahan pencernaan

Dalam 1 gelas bit terdapat serat sebanyak 3,4 gram. Serat ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Itulah mengapa bit ini juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan.

Pada buah ini terdapat dua jenis serat, yakni serat larut dan serat tidak larut. Serat larut ini berperan dalam memperlambat proses pencernaan serta meningkatkan massa air di dalam usus. Sementara itu, serat tidak larut berperan dalam meningkatkan volume feses serta membantu proses detoksifikasi tubuh.

  1. Mengandung zat anti kanker

Bit juga dikenal sebagai buah andalan untuk mencegah maupun mengobati kanker. Hal ini karena bit mengandung antioksidan tinggi yang berasal dari elemen pigmen berwarna merah ungu tua yang dimilikinya.

Paduan antara senyawa antosianin dan betalain yang dimiliki bit menghasilkan senyawa anti Kanker. Pernyataan ini disebutkan dalam Anti-Cancer Agent in Medicinal Chemistry pada tahun 2011 lalu.

  1. Mengoptimalkan fungsi otak

Kandungan nitrat yang dimiliki bit bermanfaat bagi saraf tepi dan saraf pusat. Tidak hanya itu, bit ini juga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam otak sehingga fungsi otak bisa lebih maksimal. Terlebih oksigen ini bekerja melalui sistem neurotransmitter serta berperan meningkatkan kinerja jaringan dalam otak.

Demikianlah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh. Mengingat manfaat buah ini sangat baik untuk kesehatan, tidak ada salahnya jika mulai hari ini Anda menjadikan bit sebagai salah satu bahan minuman harian. Dengan begitu kesehatan akan senantiasa terjaga.

BACA JUGA:   Baper's talk, ngomongin hal baper?

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.