Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

cara mengatasi mimisan pada anak

Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi area hidung. Biasanya darah mimisan ini keluar dari salah satu atau dua lubang hidung dan durasinya pun berbeda-beda. Ada yang sebentar, namun ada juga yang mengalami mimisan lebih dari 15 menit. Pendarahan atau mimisan pada anak termasuk yang paling sering ditemui.

Pendarahan yang terjadi memang menimbulkan kepanikan, terlebih ketika mimisan ini dialami oleh anak-anak atau lansia. Meski begitu ada baiknya Anda tetap tenang apabila mendapati si kecil mengalami mimisan. Dengan begitu Anda bisa fokus mengatasi mimisan pada anak. Apa lagi pada penanganan mimisan ini sebaiknya dicari tahu dulu apa penyebab dari mimisan tersebut.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Penyebab mimisan pada anak bisa terjadi karena pengaruh udara yang sangat panas. Bisa juga terjadi karena anak menghembuskan nafas yang terlalu keras, misalnya ketika membuang kotoran hidung atau ketika mengorek hidung terlalu dalam.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

cara mengatasi mimisan pada anak

Melihat anak mengalami mimisan tentu membuat Anda merasa khawatir. Nah, agar mimisan pada anak segera mereda, berikut adalah cara mengatasi mimisan pada anak yang dapat Anda terapkan.

  1. Menenangkan anak

Ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa lebih mudah melakukan penanganan awal. Anak akan merasa tenang jika Anda juga bisa bersikap tenang ketika menangani mimisan.

  1. Dudukkan anak dengan posisi kepala agak menunduk

Minta anak untuk tidak duduk bersandar agar terhindar dari kemungkinan darah yang mengalir dari hidung bagian dalam ke dalam tenggorokan, kerongkongan, atau malah keluar dari mulut. Jika hal tersebut terjadi, anak bisa tersedak, batuk, atau malah muntah. Jadi dalam hal ini sebaiknya dudukan anak dengan posisi kepala yang agak menunduk.

  1. Tutup hidung menggunakan tisu atau lap bersih

Tutup hidung anak menggunakan lap bersih atau tisu. Caranya dengan menekan bagian hidung yang lunak. Namun hindari untuk memasukkan tisu atau lap ke dalam lubang hidung.

  1. Tekan bagian hidung yang lunak selama sekitar 10 menit

Selanjutnya Anda bisa menekan bagian hidung yang lunak selama 10 menit dengan kekuatan tekanan yang stabil. Anda juga bisa memberikan kompres yang dingin pada bagian pangkal hidung ketika menekan hidung yang mimisan. Tujuannya agar pendarahan segera terhenti.

  1. Lepaskan setelah 10 menit

Jika sudah 10 menit berlalu, lepaskan dan perhatikan apakah pendarahan sudah terhenti atau belum

  1. Jika pendarahan belum terhenti, Anda bisa mengulangi langkah tersebut.

Obat Alami untuk Mengatasi Mimisan

Untuk mengatasi mimisan, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, bahan ini memang sudah dikenal sebagai obat mimisan yang ampuh. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat mimisan.

  1. Air garam

Air garam bisa digunakan untuk meredakan pendarahan karena udara dingin dan juga kering. Bahan ini bisa membantu melembabkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung.

  1. Kompres es

Es yang dingin juga bisa menghentikan pendarahan dengan cara menyempitkan pembuluh darah yang ada pada bagian hidung yang terkena mimisan.

  1. Bawang merah

Bawang merah memiliki senyawa belerang yang mampu membantu pembekuan darah secara alami dan dapat meredakan pendarahan pada hidung.

  1. Daun sirih

daun sirih obat alami mengatasi mimisan pada anak

Daun sirih mengandung hydroxycatechol, chavibetol, hydroxycatechol, chavicol, eugenol, kariofilena, tanin, gula, pati dan lainnya. Kandungan-kandungan inilah yang mampu membantu menghentikan pendarahan yang terjadi ketika mimisan.

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi mimisan pada anak yang dapat Anda terapkan. Lakukan cara-cara di atas apabila si kecil mengalami mimisan. Namun apabila mimisan tidak kunjung sembuh, tidak ada salahnya Anda mengajak si kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis.

 

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.