Perbedaan Roller Bearing dan Ball Bearing yang Wajib Anda Ketahui

Ketika pertama kali mendengar kata bearing, apa yang terlintas di pikiran Anda? Jika Anda membayangkan tentang sebuah alat yang berhubungan dengan otomotif, maka Anda benar. Bearing atau juga sering disebut dengan laher atau bantalan adalah bagian dari suatu mesin yang fungsinya menjaga komponen yang bergerak lurus atau linier agar bergerak sesuai jalurnya. Bearing pun berfungsi untuk mencegah aus akibat gaya gesek mesin yang terlalu kuat yang dapat menyebabkan berkurangnya bahkan hilangnya tenaga di mesin.

Terdapat dua jenis bearing yang banyak digunakan pada mesin, baik itu mesin peralatana rumah tangga, mesin pengolahan, mesin industri, maupun mesin lain. Berdasarkan bentuknya, bearing dibedakan menjadi roller bearing dan ball bearing. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dan berfungsi untuk mesin yang berbeda sesuai kebutuhan Anda.

Informasi lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan roller bearing dan ball bearing

Perbedaan Roller Bearing dan Ball Bearing

1. Roller Bearing

bagian roller bearing

Roller bearing adalah tipe bearing yang bentuknya roll atau dan memiliki kontak antara inner surface dan outer surface. Kelebihan tipe roller bearing adalah dapat meopang atau menanggung beban yang sangat berat. Sedangkan kelemahannya adalah tidak dapat dioperasikan dengan kecetapatan tinggi. Hanya dapat dioperasikan dalam kecepatan sedang dan rendah saja.

2. Ball Bearing

gambar ball bearing

Ball bearing merupakan jenis bearing yang berbeda dengan roller bearing. Ball bearing adalah tipe bearing yang kontaknya berupa point atau titik antara raceway dengan komponen gelinding. Hal inilah yang menyebabkan ball bearing memiliki kecepatan yang tinggi karena bisa menurunkan gaya gesekan. Meskipun demikian, kelemahan dari ball bearing adalah tidak dapat menahan beban yang berat. Beban yang dapat ditanggung atau ditopang hanya beban rendah hingga sedang saja.

perbedaan roller bearing dan ball bearing
perbedaan roller bearing dan ball bearing

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan roller bearing dan ball bearing. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang digunakan atau diaplikasikan untuk mesin yang berbeda. Apabila lebih mengutamakan kemampuan dalam menopang beban, lebih baik menggunakan roller bearing. Sedangkan apabila Anda menghendaki mesin yang dapat berjalan dengan kecepatan tinggi, maka lebih baik memasang ball bearing pada peralatan Anda. 

Begitu banyak supplier atau distributor yang menjual bearing dan peralatan sejenisnya dengan tipe yang beragam. Bagi Anda yang berencana untuk membeli atau hanya sekedar ingin tahu mengenai produk-produk bearing, Anda dapat mengunjungi toko otomotif online seperti logam makmur. Toko tersebut merupakan supplier bearing terpercaya di Jakarta. 

perbedaan roller bearing dan ball bearing

Di sana tersedia berbagai macam produk bearing, diantaranya adalah ball bearing, tapered roller bearings, cylindrical roller bearings, spherical roller bearings, needle roller bearing, linear bearing, automotive bearing, water pump bearings, slewing bearing, rod end, eccentric bearing, pillow block bearings, steel balls, roller chains, plain and sleeve bearings, dan automotive pulleys. Semua jenis bearings tersebut tersedia di Logam Makmur. Kualitas barang yang dijual di Logam Makmur pun dijamin dengan mutu yang baik. Jadi, untuk apa ragu lagi? Yuk segera belanja di Logam Makmur. Karena Logam Makmur buka setiap hari, kecuali di hari Minggu dengan jam buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di hari Senin hingga Jumat, dan sampai pukul 14.00 WIB di hari Sabtu. Apabila Anda memiliki pertanyaan dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman yang sudah tertera atau dapat mengubungi melalui email [email protected] atau melalui kontak ke nomor whatsapp yaitu 0819-0538-3841.

Selamat beraktivitas dan selamat berbelanja~

BACA JUGA:   Keunggulan Toyota Hiace Komuter

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.