Tips Aman Pasang Audio Mobil Agar Tidak Bermasalah

tips memasang audio mobil

Audio mobil berkualitas menjadi sumber hiburan bagi seseorang dalam perjalanan di mobil. Tidak heran jika beberapa pemilik mobil bersedia untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk memiliki sistem audio yang berkualitas.

Memasang Audio Mobil Dengan Tepat

Pemilik mobil perlu memperhatikan beberapa hal saat berniat membangun sistem audio. Jika ada kesalahan ketika memasangnya, bisa jadi bukan suara berkualitas yang didapatkan, namun malah masalah yang akan muncul. Nah agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda perlu menyimak informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika proses pemasangan dan instalasi sistem audio mobil berikut ini:

  1. Kabel

Sistem audio tentunya dihubungkan dengan berbagai kabel yang fungsinya menyalurkan daya listrik dari satu perangkat ke perangkat lainnya agar dapat bersinergi dan menghasilkan tata suara berkualitas.

Tetapi perlu diperhatikan, kabel audio tersebut jangan sampai ada yang terkelupas, jika kabel harus dipotong, maka ujung dari potongan tersebut harus diisolasi dengan rapi. Ini agar tidak terjadi arus pendek yang tidak diinginkan. Kabel tersebut juga harus disusun secara rapi agar tidak bertumpuk satu sama lain.

  1. Sumber listrik

Sumber listrik ini bisa diambil untuk sistem audio mobil yaitu dari kepala aki positif dan juga negatif. Anda harus memastikan pemasangan kabel audio di kepala aki telah dilakukan secara rapi, jika perlu tambah pula dengan sekring yang terpisah.

Sekring tersebut berguna untuk memutuskan arus listrik yang terjadi ketika konsleting dan juga bisa mengamankan sistem audio kendaraan ketika arus pendek terjadi.

  1. Power amplifier

Agar aki tidak bekerja terlalu keras dan membuat Anda rugi karena menambah kebutuhan listrik dari sistem audio, maka Anda harus mengaplikasikan power amplifier. Alat ini merupakan perangkat elektronik yang tidak memerlukan daya secara stabil.

Hal yang perlu diperhatikan adalah amplifier yang disambungkan dengan kabel speaker dan subwoofer harus ditutup memakai isolasi dengan rapi. Jangan lupa untuk memakai kabel yang sesuai daya dan jauhkan pula kabel signal dan kabel suplay.

  1. Speaker dan subwoofer

tips memasang audio mobil

Menambah kuantitas speaker dan memasang subwoofer adalah langkah yang paling efektif guna meningkatkan kualitas sistem audio mobil. Namun, perlu diperhatikan alat ini wajib direkatkan ke struktur inti kendaraan dengan erat.

Cara paling aman adalah dengan dibaut ke bodi dan jangan memakai double tape. Jika perlu Anda bisa membuat dudukan baru yang bagian kaki-kakinya merekat pada bodi. Speaker dan box subwoofer yang sudah menempel pada bodi berfungsi untuk menghindari perangkat bertebaran ketika mobil mengalami kecelakaan.

Jika Anda hanya memakai isolasi, daya rekatnya bisa menurun karena pengaruh air dan panas. Jika sudah begitu, perangkat bisa dengan mudah lepas saat mobil mengalami benturan. Hal tersebut juga berlaku ketika memasang amplifier.

Itu dia beberapa cara aman untuk memasang audio mobil agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Memasang audio pada mobil memang akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan, karena Anda akan merasa terhibur dengan suara-suara yang keluar dari media hiburan pada mobil tersebut.

Jika Anda ingin mengupgrade audio pada mobil, perlu juga untuk memperhatikan head unit mobil yang ada. Karena jika head unit tersebut memiliki kualitas bagus, pastinya audio juga akan berkualitas.

Nah, untuk melengkapi peralatan audio atau head unit, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Di sana terdapat banyak barang yang bisa membantu Anda untuk mengupgrade audio pada mobil. Selain banyak terdapat pilihan produk, Bukalapak juga memberikan promo menarik yang tentunya akan menguntungkan bagi Anda.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.