Proses pengajuan kartu kredit Pertama Anda, Simak Hal Penting Berikut!

Proses pengajuan kartu kredit berfungsi untuk Anda yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri seperti traveling. Keberadaan kartu kredit ini juga akan memudahkan nasabah melakukan transaksi pembelian dengan sistem mencicil. Tentu pihak bank akan mempertimbangkan pengajuan Anda sebelum menerbitkan kartu kredit tersebut.

Memilih pihak bank yang terbaik

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dalam memutuskan pembuatan kartu kredit adalah menentukan pihak bank yang akan menerbitkan kartu kredit pertama. Beberapa bank memang akan melakukan verifikasi cukup rumit untuk menentukan riwayat kredit Anda diterima. Namun, Anda tidak perlu panik sebab bisa memilih bank yang bisa menerima pengajuan kartu kredit pertama secara mudah.

Bank yang direkomendasikan antara lain Maybank Indonesia yang hanya memberikan persyaratan cukup mudah seperti minimal berusia 21-65 tahun dan memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah. Selain itu, bank yang menerapkan syarat pengajuan kartu kredit pertama cukup mudah adalah Bank Mega dan Bank CIMB Niaga. Tentu Anda juga wajib mempelajari kredibilitas bank yang akan menjadi pilihan pengajuan.  

4 aspek penting dalam pembuatan kartu kredit pertama

Sebelum Anda tertarik melakukan proses pengajuan kartu kredit, sebaiknya mengetahui 4 detail penting dalam membuat kartu kredit pertama Anda berikut ini.

  1. Pertimbangan kembali

event harbolnas tips belanja online menggunakan kartu kredit

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah mempertimbangkan kebijakan membuat kartu kredit pertama lebih dulu. Apakah keputusan memiliki kartu kredit bisa memenuhi prioritas kebutuhan hidup Anda? Apakah Anda sudah usia dan bijak memiliki kartu kredit? Pemikiran ini akan membantu Anda menentukan kembali pembuatan kartu kredit.

Sebaiknya Anda mengingat kembali bahwa memiliki kartu kredit berarti Anda menambah hutang bukan pendapatan finansial lho! Kalau tidak pandai mengatur keuangan, Anda harus siap dengan konsekuensi pembayaran tagihan nantinya. Jangan sampai Anda menyesal telah mengajukan pembuatan kartu kredit kepada pihak bank ya! Debt collector bisa saja mendatangi pintu rumah Anda kalau tidak segera membayar tagihan.

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki keuangan bulanan yang terjamin

blanja

Salah satu syarat pengajuan kartu kredit yang harus dipenuhi adalah Anda memiliki riwayat keuangan yang terjamin atau minimal berpenghasilan tiga juta. Pihak bank tentu akan mengecek riwayat keuangan mulai pembelian barang tertentu, pengajuan kredit rumah dan lain-lain. Selama Anda bisa menjamin tidak ada kredit macet sebelumnya, pengajuan kartu kredit ke pihak bank bisa dikonfirmasi dengan mudah.

  1. Mencari jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan

tarif diskon kartu kredit

Ada banyak jenis kartu kredit yang mungkin ditawarkan di tengah persaingan ekonomi global. Tetapi, alangkah baiknya untuk mencari jenis kartu kredit pertama Anda yang sesuai dengan kebutuhan. Anda memiliki kartu kredit bukan sekadar gaya hidup semata atau ingin tampil bak sosialita, bukan? Oleh sebab itu, Anda harus selektif memilih pihak bank yang akan menerbitkan jenis kartu kredit sesuai kebutuhan.

Sebaiknya pilih jenis kartu kredit yang menawarkan keuntungan seperti reward, bebas iuran tahunan atau potongan belanja di supermarket tertentu dan lain-lain. Kalau Anda awam dan tidak memiliki gambaran mengenai proses pengajuan kartu kredit ini, ada baiknya langsung menghubungi layanan konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai keuntungan dan syarat pengajuan.

  1. Melengkapi semua dokumen persyaratan dan mengisi formulir pengajuan kartu kredit

tips mengajukan KTA kredit

Jika Anda telah yakin hendak mengajukan kartu kredit, bisa langsung datang ke kantor bank yang dipilih. Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai dokumen persyaratan yang dibutuhkan setelah Anda mengisi formulir. Setiap bank yang ingin Anda tuju tentu memiliki persyaratan tertentu seperti fotokopi KTP, daftar slip gaji resmi, nomor NPWP dan lain-lain.

Saat Anda mengajukan pembuatan kartu kredit ini, sebaiknya langsung menanyakan pada pihak layanan konsumen mengenai semua hal seputar kartu kredit. Anda bisa menanyakan detail limit, iuran tahunan, bunga dan lain-lain agar tidak terjadi kesalahpahaman pasca Anda menandatangani formulir pengajuan ya!

Apakah orang yang tidak memiliki slip gaji bisa mengajukan kartu kredit perdana?

Kartu Kredit Cek Aja Hard Sell

Anda memang harus bisa membuktikan pada pihak bank mengenai gaji tetap minimal tiga juta per bulan untuk mendapatkan verifikasi. Slip gaji bulanan sangat membantu pengajuan kartu kredit Anda diterima. Lalu, bagaimana dengan orang non pegawai ingin memiliki kartu kredit? Tak perlu khawatir sebab Anda masih memiliki cara lain untuk mendapatkan kartu kredit pertama kok.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melengkapi dokumen persyaratan pengajuan kartu kredit untuk non pegawai? Anda bisa menggunakan jaminan berupa deposito di bank terkait yang juga akan berpengaruh pada limit kartu kredit sesuai nilai deposito. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti mengajukan penerbitan kartu kredit di bank tempat menabung. Ajukan pula di tempat asal Anda agar menjadi bahan pertimbangan pihak bank.

Kalau pengajuan Anda terus ditolak, bisa menggunakan jasa lembaga keuangan yang akan membantu proses pengajuan kartu kredit perdana Anda. Tinggal menunggu kabar baik saja saat Anda menerima kartu kredit dan bisa langsung menggunakannya. Namun, Anda wajib bijak menggunakan kartu tagihan agar terhindar dari risiko kalap belanja ya!

Tak hanya bergaya konsumtif, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit demi mendukung kemajuan yang produktif. Agar Anda bisa membuat keputusan finansial yang tepat, manfaatkan saja https://www.cekaja.com/kartu-kredit. Di sana Anda bisa melihat perbandingan yang netral sehingga dapat menemukan produk finansial yang sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:   Ajaklah Pasangan Anda Untuk Melihat lihat Rumah Baru Yang Akan Dibeli

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.