Rises of Skill

Mendekati akhir semester, anak2 udah mulai ribut buat nyelesain tugas media pembelajaran yang aku kasih, something new buat mereka, secara urutan permatakuliahan sendiri menurut dosen gak seharusnya mata kuliah ini dikasih di semester tiga, sementara dasar2 teori pembelajaran mereka belum dapat banyak, tapi menurutku, selalu ada yang pertama buat semuanya.
leo-uny-picblog-copy Rises of Skill  wallpaperAnak2 PTI emang di awal2 kuliah lebih banyak dicekoki mata kuliah teknis, mulai dari bahasa pemprograman sampai jaringan, mata kuliah kependidikan mungkin baru akan diintensifkan semester depan, untuk membekali mereka menghadapi KKN – PPL, pun bukan berarti tanpa dasar mata kuliah kependidikan itu mereka tidak bisa maksimal dalam menghasilkan media.
Aku yakin, anak2 sudah sering mendapatkan pembelajaran berbasis media, baik itu presentasi maupun media komputer selama sekolah, jadi paling tidak mereka bisa mendapatkan gambaran bagaimana menerapkan sebuah media untuk belajar.
Setidaknya dalam media pembelajaran itu ada tahapan2 pembelajaran, dari judul, kompetensi yang ingin dicapai, materi, simulasi baru kemudian evaluasi. Dengan mereka belajar membuat media di awal, harapanku nanti klo mereka dapat mata kuliah kependidikan mereka tidak terlalu abstrak, mengingat kuliah kependidikan lebih banyak kajian filosofis yang lumayan susah dicerna, bahkan kadang cenderung abstrak bagi anak2 yang belum memiliki gambaran sama sekali.
Aku yakin, akan ada surprise dari kemampuan anak2 membuat media pembelajaran, baik itu dari segi konsep maupun eksekusi medianya. Dengan latihan ini setidaknya bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah bahan ajar menjadi sesuatu yang lebih atraktif, interaktif dan komunikatif buat siswa.
Dan sebenernya dibalik tugas yang aku berikan sama mereka sih, niatku biar mereka gak mengulangi kesalahanku, berlama2 mencari ide untuk judul TA & skripsinya, klo terpaksa mereka mentok gak punya judul, mereka bisa mengembangkan media mereka agar layak diangkat menjadi proyek mandiri ataupun judul skripsi. Siapa tahu kedepannya mereka bisa menjadi animator media pembelajaran handal seperti mbak febby 😀
gambar taken from here

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: