Road Trip, Apa Saja Keuntungannya?

Road trip merupakan salah satu cara manusia untuk bisa mencapai tempat wisata yang berada di kota lain. Berbeda dengan menggunakan transportasi umum, road trip menggunakan kendaraan sendiri untuk menuju ke kota tujuan. Tentunya ada banyak pertimbangan saat kita memutuskan untuk melakukan road trip bersama keluarga.

Di artikel kali ini kita akan mengupas seluk beluk tentang road trip, apa saja yang harus disiapkan dan apa keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Persiapan Road Trip

Seperti halnya perjalanan yang lain, road trip juga perlu dipersiapkan baik-baik, terutama karena kita menggunakan kendaraan pribadi harus diingat bahwa persiapannya harus lebih matang dibanding dibanding menggunakan transportasi umum.

Pelajari Daerah Tujuan

destinasi wisata kuliner legendaris yogyakarta

Kita sebaiknya mempelajari daerah yang akan menjadi tujuan wisata kita, apa saja yang menarik yang ada disana, tempat apa saja yang paling direkomendasikan. Tidak jarang kita akan memperoleh informasi mengenai keberadaan tempat wisata baru yang unik atau destinasi kuliner yang patut dicoba saat kita sampai di kota tujuan.

Cek Kendaraan

tips memilih oli mobil

Ini wajib banget ya untuk pelaku perjalanan jauh. Mengingat perjalanan akan memakan waktu lama dan tentunya butuh kendaraan dengan kondisi prima, lakukan cek kendaraan terlebih dahulu di bengkel kesayangan. Pastikan jika tidak ada hal kecil yang dapat membuat road trip kamu berantakan.

Pastikan bahwa kondisi mobil kita mulai dari oli, ban, karburator, mesin sudah aman untuk berkendara dalam durasi lama. Jangan lupa isi kembali air radiator jika sudah berkurang. Pastikan juga aliran AC dan interior kendaraan kalian nyaman digunakan untuk berangkat ke kota tujuan. Bawa juga alat-alat praktis untuk perbaikan mobil jika diperlukan

Siapkan Dana Cadangan dalam Bentuk Cash

Selain uang cash untuk keperluan pembelian bensin/mampir di warung makan selama perjalanan, ada baiknya untuk meminimalisir adanya gangguan selama perjalanan, siapkan dana cadangan dalam bentuk cash. Siapa tahu mogok dijalan dan kita tidak tahu lokasi ATM terdekat, sementara bengkel yang ada tidak memiliki fasilitas internet banking.

Memilik dana cadangan dalam bentuk cash adalah bentuk pencegahan terhadap resiko saat melakukan road trip.

Pastikan Kondisi Fisik Bugar

Sebaiknya tunda road trip jika memang kondisi fisik kita atau anggota keluarga sedang tidak fit, apalagi di masa seperti ini, sangat disarankan tetap menjaga kesehatan. Jika kebetulan tidak ada anggota lain yang bisa menggantikan kita dibelakang kemudi, pastikan bahwa kondisi tubuh kita juga prima. Dan siap melakukan perjalanan.

Siapkan juga obat-obatan untuk keperluan selama perjalanan. Jika memiliki penyakit bawaan, sebaiknya berjaga dengan membawa obat yang diperlukan di dalam tas yang mudah diakses. Siapkan obat-obatan lain dalam kotak P3K

Keuntungan Road Trip

road trip keluarga

Apa sih keuntungan road trip? Bukannya malah bikin badan lebih capek karena harus nyetir sendiri, bisa bisa sampai kota tujuan capek gak jadi kemana-mana. Tadi sudah dijelaskan bahwa kita harus melakukan beberapa persiapan untuk mengatasi hal yang mungkin terjadi termasuk juga kelelahan mengemudi jarak jauh. Pun demikian ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari road trip dibanding menuju kota wisata dengan kendaraan publik

Menjangkau Lebih Banyak Lokasi Wisata

Dengan menggunakan kendaraan sendiri kita bisa menjangkau lebih banyak lokasi wisata, tentu setelah kita mempelajari potensi wisata daerah tujuan. Jangan mengambil tujuan yang saling berjauhan. Pilihlah lokasi yang banyak memiliki tempat wisata berdekatan, atau bisa kita lalui dalam 1 rute saja.

menemukan lokasi unik baru road trip
Tentu ini berbeda jika kita harus menggunakan transportasi publik di kota tujuan. Karena tidak semua lokasi wisata memiliki trayek transportasi publik, dan kita sangat mungkin tidak paham dengan jalur masing-masing trayek tersebut. Sementara menggunakan transportasi sewaan di kota tujuan kita memiliki keterbatasan waktu durasi lama penyewaan kendaraan selama disana.

Menemukan Tempat Unik Baru

Meskipun kita sudah mengumpulkan itinerary dan menentukan tujuan. Bisa saja kita akan melewati sebuah lokasi unik yang tidak ada dalam rencana perjalanan kita, gak salah kok jika kita berhenti sebentar dan menghabiskan waktu disana. Tentunya ada pengalaman yang berbeda saat kalian menemukan tempat baru ini, sesuatu yang fresh, unik dan tidak pernah kalian bayangkan akan jumpai sebelumnya.

Lokasi ini bisa berupa tempat wisata, wisata kuliner, sentral oleh-oleh, atau bahkan, sekedar bentang alam yang menyegarkan mata. Dan menemukan tempat baru di luar itinerary terkadang bisa menjadi alasan road trip kali ini menjadi sangat berkesan

Lebih Dekat Dengan Anggota Keluarga

road trip membangun kedekatan anggota keluarga

Jika di rumah mungkin kita terbiasa dengan rutinitas bareng keluarga, terkadang ada satu dua anggota keluarga yang agak cuek, asyik dengan dirinya sendiri. Dalam road trip, sebuah keluarga adalah sebuah tim yang utuh. Anak-anak yang sudah berusia remaja tidak jarang mendapat tanggung jawab dari orang tuanya untuk beberapa tugas kecil, mengawasi adiknya, atau menjaga tas yang lebih kecil. Selain menanamkan rasa tanggung jawab, kita juga bisa mengajari anak cara bekerja dalam tim dengan suasana yang hangat.

Dalam perjalanan panjang, tentu akan membosankan jika kita tetap diam, biasanya akan terjadi obrolan yang melibatkan semua anggota perjalanan. Tentu karena ini tujuannya wisata, obrolannya cukup hal-hal ringan yang bisa diikuti oleh semua anggota keluarga.

Lebih Aman di Masa Pandemi

Saat ini jika kita ingin menggunakan tranportasi publik di masa pandemi, banyak sekali biaya tambahan yang harus kita keluarkan, ada kewajiban rapid test. Maupun harga yang mungkin lebih tinggi karena kebijakan pengurangan kursi penumpang.

hindari kerumunan saat berwisata

Pun demikian, bukan berarti kita akan aman selama perjalanan dengan transportasi publik tersebut, pada dasarnya memang tidak ada yang benar-benar terjamin keamanannya dari pandemi. Namun, setidaknya, road trip mampu menghindarkan kekuatiran kita akan terpapar dari orang asing yang berada dalam kendaraan yang sama, setidaknya kita hanya berada di dalam mobil dengan anggota keluarga kita/orang-orang yang kita kenal baik.

Lebih Hemat?

Menggunakan media kendaraan sendiri tidak selalu akan lebih hemat dibanding kita menggunakan transportasi publik. Tergantung jarak dan kebutuhan berkendara yang dibutuhkan, road trip antar kota di Jawa tentu berbeda dengan antar pulau. Selain jarak, jumlah anggota yang ikut, kondisi kendaraan kita juga akan menentukan apakah lebih hemat melakukan road trip atau menggunakan transportasi publik.

road trip lebih hemat?

Tapi setidaknya secara garis besar kita hanya memerlukan uang bensin dan membayar biaya akomodasi kita selama di kota tujuan tanpa perlu membeli tiket untuk semua anggota keluarga.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.