Tetap Produktif Selama Liburan Dengan Laptop Asus

Liburan dengan suasana yang tenang dan menenangkan? Yha itu adalah keinginan dari kita semua. Meskipun demikian bukan berarti bahwa selama liburan kita tidak produktif. Sebagai seorang guru dan pekerja lepas seperti aku, definisi libur bagiku tetap bukanlah yang pure bener-bener terlepas dari tetek bengek pekerjaan.

Libur ya libur, tapi tetap saja ada task, project dan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, meskipun sedang dalam kondisi liburan. Hal tersebut yang membuatku tidak boleh jauh-jauh dari benda elektronik yang bernama laptop ini. Seringkali, pekerjaan justru datang disaat yang sangat tidak kita inginkan, Liburan!!!! Tapi begitulah cara kehidupan bekerja, semampu apapun kita berusaha menyisihkan pekerjaan sebelum liburan tetap tidak akan menolong saat muncul project dadakan.

Bagiku, laptop masih merupakan sebuah senjata utama untuk menyelesaikan rangkaian pekerjaan baik yang bersifat formal, maupun bersifat insidental. Posisi laptop sebagai sebuah personal computer tentu tidak akan secara utuh mampu digantikan oleh sebuah smartphone.

Apa sih yang membuatku masih menyukai laptop meski saat ini kemampuan smartphone dalam membantu pekerjaan sudah cukup mumpuni.

Kelebihan laptop dibanding smartphone

Layar besar

Layar laptop adalah jaminan agar mata kita terasa lebih nyaman saat melakukan pekerjaan alih-alih menggunakan smartphone. Dengan ukuran layar yang lebar, kita bisa melihat dan menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan detail dan hanya bisa diselesaikan dengan layar lebar

Kursoring

Smartphone saat ini memang memiliki keunggulan dari segi multitouch dan penggunaan on-screen keyboard, mengetik dan melakukan permainan yang membutuhkan multitouching smartphone memiliki keunggulan. Lalu bagaimana dengan kemampuan drag n drop untuk dua object atau lebih. Nah disinilah smartphone memiliki kekurangan mendasar. Untuk melakukan drag n drop dalam pekerjaan semacam desain grafis misalnya, atau sekedar memperbesar cell dalam spreadsheet, tidak semua smartphone memiliki kemampuan yang sama. Laptop lebih mudah digunakan untuk menyelesaikan tugas kecil semacam itu.

Kemampuan lengkap

Smartphone adalah sebuah embedded system atau sistem tertanam, karenanya, kemampuan sebuah smartphone meski memiliki segudang fitur tetaplah sistem terbatas, sedangkan laptop memiliki fungsi setara dengan sebuah personal computer.

Sayangnya, laptop memiliki ukuran yang tidak bisa dibilang kecil untuk bisa dimasukkan ke dalam tas travelling. Seringkali, aku menyiasatinya dengan membawa dua buah tas, agar aku masih bisa membawa laptop selama berlibur. Dan ya terpaksa banget kan ya harus mengorbankan space, demi biar semua kebutuhanku juga keangkut. Untungnya sekarang udah ada nih laptop yang bisa banget buat jadi solusiku kemana-mana, Yes namanya adalah ASUS Zenbook UX391UA.

Kenapa sih milih ASUS Zenbook UX391UA

harga asus zenbook s ux391ua
Pict by: Mirasahid.com

1 Laptop Tipis dengan Ketangguhan Ala Militer

Tetap Produktif Selama Liburan Dengan Laptop Asus 1

Dengan berat 1kg dan ketebalan 12mm saja, laptop ini ringkas buat dimasukin ke tas, tapi jangan salah lho meskipun tipis, tapi soal ketangguhan ASUS Zenbook UX391UA ini boleh dicoba. Sebelum dirilis dan dijual secara masal, laptop ini sudah lulus quality test yang tidak bisa dibilang gampang, misalnya, drop test dari ketinggian 1 meter, diinjak, vibration test, bekerja di kondisi ekstrem pada suhu super tinggi maupun super rendah, uji ketinggian dan masih banyak aneka uji penyiksaan lain yang dilakukan pada laptop ini sehingga lulus dengan standar Military Grade, Mil-Std 810G.

BACA JUGA:   Smartwatch Keren yang Berkualitas, Bagus dan Murah 2016

FYI aja nih ya, dalam dunia industri elektronika, ada beberapa kualifikasi industri, misalnya untuk pengguna rumahan, industri atau militer. Standar pengguna rumahan adalah yang memiliki standar paling rendah, karena hanya digunakan untuk kemampuan sehari-hari, standar industri lebih tinggi dari standar rumahan atau end user, karena membutuhkan durability yang lebih stabil. Spesifikasi Zenbook UX391UA ini bisa dibilang ekstrem untuk ketangguhannya karena menggunakan standar militer, standar militer adalah standar tertinggi untuk jenis produk elektronik yang diciptakan, dia bukan hanya harus durable untuk pemakaian jangka panjang, tetapi juga mampu bertahan di segala medan dan segala cuaca. Jadi kalo sekedar kamu bawa camping ke gunung? sama sekali gak ada masalah buat Zenbook UX391UA ini. Standarnya militer cuiy!!!!! Makanya, tidak heran jika laptop-laptop ASUS selama ini juga terkenal bandel dan jarang banget aku temuin di bagian pesakitan di toko-toko service center laptop di Jogja.

2 Kejernihan layar dengan NanoEdge Display

Sebagai keluarga Zenbook S, laptop ini memiliki dua fitur premium, yang pertama adalah layar NanoEdge, teknologi NanoEdge dengan bezel super tipis 5,9mm saja, memungkinkan resolusi layar yang lega dengan ketajaman yang jernih, up to 1920×1080 FHD dan kedalaman 331ppi pixel density, jauh lebih rapat daripada laptop dengan spesifikasi FHD lainnya. Sementara untuk kemampuan pengolahan warna, laptop ini mendukung 72% format NTSC dan 100% superRGB.

Kecerahan laptop akan membantu mata kamu tetap produktif selama masa traveling di luaran sana. Kamu gak perlu merasa takut klo cahaya laptopnya kurang atau terlalu terang.

3 Work Longer, Charge Faster

Namanya lagi liburan, jelas lah alokasi waktu untuk nemu yang namanya colokan perlu dipertimbangkan, bisa sih asik ngecharge semalaman di hotel, tapi gimana klo lagi jalan ke lokasi wisata dan tempatnya outdoor?

Nah ASUS ngerti banget kebutuhan para traveler dengan menyajikan laptop yang punya kapasitas daya 50Wh dan kemampuan up to 13.5 hours battery life. Selain itu, kecepatan chargingnya juga bisa diandalkan, mampu mengechas hingga 60% pada kondisi nol, hanya selama 49 menit saja. Cepet kan ya, kamu bisa sambil duduk di warung ngabisin kopi dan menikmati makan siang, maka laptopmu udah kembali siap untuk dipakai bertempur.

4 Ergolift Design yang Nyaman

Tetap Produktif Selama Liburan Dengan Laptop Asus 2

Laptop dengan spek militer mungkin terdengar gahar, kaku dan enggak nyaman digunakan, tapi buang deh jauh-jauh stigma semacam itu, ASUS Zenbook UX391UA ini dilengkapi dengan fitur premium yang namanya ErgoLift Design, desain yang berfungsi untuk memberi ruang pada papan keyboard kita agar lebih nyaman untuk digunakan. Tahu kan, kenapa kalo kita beli keyboard USB itu selalu ada kakinya yang dipakai buat ngangkat papan bagian belakang agar lebih naik sedikit?

Hal tersebut adalah bagian dari adaptasi terhadap user experience, setelah dilakukan banyak penelitian, posisi keyboard yang terangkat lima derajat memberikan kenyamanan pengguna untuk mengetik tuts yang di sebelah atas, jari tidak lagi pergi terlalu jauh untuk menekan number button yang terletak di bagian atas papan. ASUS menyiasatinya dengan ErgoLift Design, sehingga saat kamu membuka laptop, body laptop akan terangkat sejauh 5 derajat. Desain ini selain mampu membuat kita lebih nyaman dalam mengerjakan project juga punya fungsi yang tidak kalah penting. Memperlancar arus sirkulasi udara di bagian bawah laptop. Seperti kita tahu bersama, masalah terbesar laptop ada pada tidak lancarnya sirkulasi udara di bagian bawah laptop yang membuat laptop itu terasa sangat panas setelah digunakan pada waktu yang lama. Kamu perlu banget pendingin tambahan buat ini jika tidak menggunakan laptop yang memiliki desain Ergolift.

BACA JUGA:   Solar Robot Kit, media pembelajaran motorik untuk anak

5 Evolved Cooling

Jika kamu adalah seorang laptop enthusiast yang pekerjaannya butuh spesifikasi yang gahar n butuh pendinginan yang paripurna, Zenbook UX391UA ini punya spek yang bisa memenuhi ekspektasi kamu. Kita akan ngomongin soal pendinginan lagi nih, jika sirkulasi udara bawah laptop buat kamu masih kurang. ASUS menggunakan kristal cair dengan ketebalan 0,3mm dipadukan dalam pipa panas dengan dinding setebal 0,1 mm untuk mendinginkan suasana laptop. Dengan adanya kemampuan ini laptopmu memiliki keunggulan 5 derajat lebih dingin dibanding laptop lain, dan sirkulasi udara dalam pipa yang dibuang melalui ventilator yang terdapat pada body laptop akan membantu sirkulasi udara sebesar 13,4%. Tambahkan dengan keunggulan ErgoLift desain tadi yang membuatmu jadi lebih asik lagi aliran udaranya.

6 Fastest Connectivity

Tetap Produktif Selama Liburan Dengan Laptop Asus 3

Kecepatan transfer data boleh lho diujicoba, karena teknologi yang digunakan adalah Thunderbolt 3 USB C dengan kemampuan transmisi data up to 40Gbps, waow. Bandingkan dengan USB 3.1 Gen 1 yang hanya mampu memindahkan 5Gbps data untuk durasi satu detik. Kecepatan ultra ini 8x kemampuan USB 3.1.

Kemampuan ini masih didukung oleh tidak tanggung-tanggung karena menggunakan dual band Wireless 802.11ac, standar konektifitas wifi tercepat yang ada saat ini dan ada juga Bluetooth untuk kamu yang ingin mengkoneksikan berbagai perangkat pintar ke laptop kamu.

7 SSD Super Cepat

harga asus zenbook s ux391ua terbaru

Untuk urusan transfer data yang aman dan nyaman, kamu perlu banget mempertimbangkan keberadaan hardisk bertipe SSD, selain tidak berisik, tipe solid state drive lebih handal dan reliable dibandingkan hardisk bertipe piringan. Kecepatan transfer data juga menjadi lebih cepat dibanding piringan.

Bayangkan jika kalian berhadapan dengan sebuah data sebesar 50gb dan berada di cluster-cluster berbeda pada piringan hardisk. Proses pembacaan menjadi sangat lama, karena head hardisk harus berputar sesuai dengan urutan data yang tersimpan di cluster-cluster berbeda. Proses ini membuat akses data pada HDD lebih lambat dibandingkan pada SSD yang tidak memerlukan mekanisme pembacaan keping hardisk menggunakan laser head. Dengan penggunaan SSD kamu bisa mentransfer data sebesar 5Gb hanya dalam waktu 16 detik saja. Bayangkan betapa cepat dan mudahnya memindahkan semua foto dan video dari kameramu ke dalam Zenbook UX391UA ini?

8 Otak Cerdas dan RAM maksimal

Tetap Produktif Selama Liburan Dengan Laptop Asus 4

Akan tetapi semua fitur di atas tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya processor yang bandel dan RAM yang berkualitas. Zenbook UX391UA hadir dengan pilihan processor i7 8550U dan keping RAM sebesar 16GB. Wuihhhhh mantep banget ini buat keperluan editing dan rendering video-video traveling kamu sebelum diupload ke Youtube.

Nah, dari alasan-alasan di atas, masuk akal banget kan klo ASUS Zenbook UX391UA ini sangat-sangat recommended agar kita tetap produktif selama liburan?

artikel ini disertakan dalam lomba blog Mirasahid

#LiburanASikDenganLaptopASUS #2019PakaiZenbook #AsusxMiraSahid 

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.