10 Peluang Bisnis Online selama Ramadhan


Bulan Ramadhan selain merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan juga merupakan bulan penuh peluang usaha bagi mereka yang tanggap dengan kebutuhan masyarakat menyambut kedatangan bulan suci ini. Jika kita perhatikan setiap sore hari di bulan puasa kita akan mendapatkan banyak warung dadakan menjual aneka menu buka puasa.

Kebiasaan orang Indonesia yang gemar melakukan ritual ngabuburit menjadi berkah tersendiri bagi para penjual tahu goreng bulat dadakan ini. Dalam waktu relatif singkat, jajanan yang mereka sajikan diborong oleh para pembeli yang sedang menunggu waktu berbuka puasa.

Selain berbisnis menu masakan berbuka puasa, masih banyak lagi beberapa peluang bisnis musiman di bulan puasa, misalnya menjual kurma, baju muslim, jual mercon dan kembang api, , jasa penukaran uang baru dan lain sebagainya. Nah jika kita bicara soal peluang bisnis online ramadhan yang bisa kita maksimalkan, berikut ini ada 10 peluang bisnis online Ramadhan yang bisa kalian maksimalkan selama ramadhan.

#1. Berjualan Kurma Online

Buah kurma selalu menjadi primadona pada saat bulan puasa, buah kering yang dapat bertahan lama ini tentunya bisa kita jual secara online. Ada banyak pilihan kurma, mulai kurma mesir, kurma arab, kurma yaman dan lain sebagainya.

10 peluang bisnis online ramadhan

#2. Berjualan pakaian muslim

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan persiapan merayakan hari raya Idul Fitri, kebanyakan masyarakat kita akan membeli baju muslim model terbaru untuk dikenakan pada saat sholat ied maupun saat bersilaturahmi ke sanak keluarga. Anak-anak muda umumnya menyukai baju koko yang terlihat trendi dan simpel. Gadis-gadis umumnya menyukai baju gamis, hijab modis, maupun dipadu padankan dengan batik. Sementara untuk mereka yang sudah berkeluarga, baju sarimbit menjadi pilihan utama untuk hari yang fitri.

gamis ramadhan lebaran baju muslim terbaru 2016

#3. Berjualan baju anak

Selain pakaian muslim, pakaian anak menjadi salah satu barang yang banyak dicari di bulan puasa. Pembeli pakaian anak di musim puasa ini tidak didominasi oleh orang tua yang ingin mencarikan baju terbaik untuk putra putri kesayangannya. Akan tetapi anak-anak muda yang sudah bekerja dan belum berkeluarga umumnya juga akan membeli baju anak untuk dihadiahkan kepada keponakan di kampung halaman. Jadi berjualan baju anak secara online di Bulan Ramadhan pasti banyak peminatnya.

BACA JUGA:   Local Wisdom

baju anak muslim terbaru


#4. Menjual aneka kue kering lebaran

Seperti pada perayaan-perayaan khas yang lain, hari raya Idul fitri selain identik dengan ketupat dan opor ayam, juga dengan kue kering khas lebaran seperti kue nastar, kastangel, lidah kucing, dll yang disajikan di rumah-rumah. Kebanyakan warga tentu mendapatkan kue kering ini dari membeli di toko atau orang yang menjual kue kering. Jadi kenapa tidak kita jadikan bisnis online Ramadhan?

jual aneka kue kering lebaran online

#5. Jual aneka toples lebaran dan wadah makanan.

Ada kue, tentu harus ada tempatnya, untuk kue-kue kering seperti nastar dan kastengel biasanya sudah dijual dengan toplesnya. Akan tetapi makanan lain seperti snack dan jajanan umumnya harus diletakkan dalam toples atau piring. Selain toples, tempat minuman gelas bisa menjadi aksesoris multifungsi dalam ruang tamu saat menyambut sanak saudara yang datang berkunjung.

aneka toples lebaran online

Untuk kerabat dekat, yang umumnya dipersilahkan menikmati hidangan makan besar, akan membutuhkan wadah makanan seperti piring, sendok-garpu, mangkuk sop, panci bermotif untuk menyemarakkan suasana makan bersama.

#6. Menjual amplop angpau bergambar

Para orangtua umumnya mempersiapkan hadiah angpau kepada anak-anak dari sanak kerabat yang berkunjung di hari raya. Sebagian memberikan angpau mereka dalam amplop tertutup tapi ada juga yang menyerahkan uangnya secara langsung.

jual angpao lebaran muslim murah

Di tempat orangtuaku, masyarakat sekitar menyukai memberikan angpau dalam amplop bergambar, bahkan agar lebih personal mereka tidak segan2 memesan amplop dengan desain dan nama mereka sendiri. Amplop ini selain bisa digunakan pada saat lebaran, juga dapat digunakan pada saat mereka menghadiri undangan resepsi dari rekan dan tetangga.

BACA JUGA:   Bagaimana memilih Deposito terbaik untuk anda

#7. Menjual aksesoris muslim

Selain para penjual baju muslim dan anak yang kebanjiran rezeki di bulan puasa. Para penjual aksesoris muslim juga kebagian rejeki. Aksesoris seperti songkok, sarung, mukena, sajadah, AlQuran, tasbih cukup banyak diminati, baik untuk dikenakan sendiri atau dibagikan kepada kerabat dan alim ulama di sekitar rumah.

jual aksesoris lebaran

#8. Berjualan sendal dan sepatu online

Sendal dan sepatu pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan perayaan keagamaan ini, akan tetapi sudah jamak jika menyambut lebaran juga dilakukan dengan cara berbelanja, tidak hanya kaum Hawa yang membeli alas kaki di bulan puasa lho, kaum Adam juga tidak ingin ketinggalan tampil trendi dengan sendal dan sepatu baru.

sepatu online murah

#9. Menjual kosmetik

Wanita karir, sosialita, mahasiswi dan ibu muda umumnya akan berusaha menjadi yang tercantik di hari yang fitri. Salah satu elemen yang selalu menjadi incaran mereka untuk mempercantik diri tentu selain produk fashion, juga produk-produk perawatan wajah dan tubuh. Produk kosmetik seputar wajah biasanya menjadi incaran, jadi siap-siap mengambil peluang ini.

kosmetik wardah muslimah hijab lebaran

#10 Jasa Parcel Online

Menjelang hari raya Idul Fitri, jasa pembuatan parcel umumnya diminati masyarakat. Jangan takut untuk menjual jasa parcel secara online. Untuk segmentasi market jika masih kuatir dengan kualitas pengiriman, kita bisa melayani hanya di area tertentu saja. Untuk pengiriman bisa menggunakan layanan transportasi online seperti Gojek, atau jika layanan online belum tersedia di kota anda, bisa menggunakan jasa abang tukang ojek terdekat untuk mengantarkan. Akun semacam instagram dan twitter tentu bisa dimaksimalkan menjelang sepuluh hari terakhir ramadhan.

Itulah sepuluh peluang bisnis Ramadhan yang bisa dimaksimalkan selama ramadhan. Anda bisa menjualnya lewat marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, lewat social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram, atau lewat aplikasi chatting seperti Line, Whatsapp, dan BBM


DMCA.com Protection Status

jajan kalengan lebaran (1), jajan lebaran kalengan (1), model toples lebaran model arab (1), toples lebaran vicenza 2016 (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

5 tanggapan pada “10 Peluang Bisnis Online selama Ramadhan

  • Laras Wati

    (Juni 13, 2016 - 10:38 am)

    Artikel keren ini, terima kasih ya ide segarna

  • cputriarty

    (Juni 13, 2016 - 11:20 am)

    Kayaknya jualan parcel cukup menantang, saya juga suka toples2 cantiknya mbak☺

    • anotherorion

      (Juni 13, 2016 - 1:39 pm)

      Monggo mbak lumayan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui

  • Ardiba

    (Juni 11, 2016 - 2:05 pm)

    Pokoke dodolan opo we ki payu nek bln puasa. Kan bulan barokah jare. Hehe

Berikan tanggapan anda