Apa itu Power Bank


Jaman dulu, klo bepergian tidak membawa dompet, berasa nyawanya hilang sebagian, setelah jaman berganti, gak bawa hape, nyawanya berkurang lagi, eh sekarang ini gak bawa power bank, nyawanya mendekati kritis deh klo main-main.

Betul atau tidak coba tanyakan ke diri temen2 sendiri, bukan sesuatu yang aneh jika sekarang ketinggalan power bank rasanya jadi kurang greget. Nah apa sih power bank itu sebenarnya?
Power bank adalah sebuah perangkat pengisi daya portabel yang bisa digunakan untuk mengisi cell baterai pada smartphone atau tablet PC. Ukurannya yang simpel menjadikannya primadona untuk keperluan charging portabel di masa smartphone boros daya seperti sekarang ini.

Memang sebenarnya soal pengisi daya portable yang bukan berasal dari arus listrik utama PLN sebenernya dari jaman dulu sudah ada. Masih inget jamannya pake tivi hitam putih dan disetrum menggunakan aki ? Nah aki itu dasarnya adalah sebuah power bank pada masanya tetapi dengan ukuran yang lebih besar, berat dan memiliki power yang lebih juara.

BACA JUGA:   4 Varian Samsung Galaxy J1

power bankKemudian menginjak generasi personal computer, muncullah UPS, Uninteruptable Power Supply, fungsi UPS adalah menjaga komputer dari mati mendadak akibat hubungan pendek arus listrik atau pemadaman listrik secara tiba-tiba untuk melindungi data yang belum tersimpan ke hardisk sekaligus memastikan agar perangkat komputer tidak mengalami kerusakan akibat naik turunnya arus listrik akibat pemadaman.

Mengingat kedua benda tersebut baik aki maupun UPS kurang portable untuk dibawa-bawa, dan juga ukuran dan beratnya yang gak mungkin dibawa di saku kantong maka diciptakanlah power bank.

Mengapa power bank baru muncul hampir 2 dekade setelah kemunculan ponsel pertama di tanah air ini?

Tidak lain dan tidak bukan karena permintaan pasar akan adanya sumber power portable untuk mengikuti ritme kebutuhan daya smartphone yang terbilang boros baterai. Jaman ponsel masih berlayar hitam putih sampai kejayaan sistem operasi symbian kebutuhan daya masih belum terlalu terasa. Namun di zaman android dan iphone inilah kebutuhan sumber power eksternal semakin dibutuhkan.

Teman-teman tentunya paham bahwa smartphone bukanlah sebuah ponsel biasa melainkan sebuah ponsel cerdas dengan fitur melimpah dan kemampuan untuk dipasangi berbagai aplikasi yang berguna. Fitur kamera, wifi, GPS, bluetooth dan paket data merupakan beberapa contoh yang boros daya, belum jika smartphone tersebut digunakan untuk bermain game kualitas tinggi yang membutuhkan GPU dan RAM tinggi.

BACA JUGA:   Apa yang dimaksud USB On The Go

Inilah mengapa baterai smartphone cepat terkuras tenaganya dan power bank dapat menjadi solusi pengisian daya tanpa harus ribut mencari colokan listrik.



DMCA.com Protection Status

apa yang dimaksud power bank (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan pada “Apa itu Power Bank

  • Katerina

    (Maret 5, 2015 - 9:07 pm)

    Betul itu. Berasa bener kalo ketinggalan power bank, langsung mati gaya :))

  • ira

    (Maret 5, 2015 - 1:48 pm)

    Bener banget, Mas. Kalau bawa power bank gak perlu rebutan colokan lagi kalau pergi2. 🙂

Berikan tanggapan anda