Ajak Donasi, Rumah Zakat Luncurkan Bantuan untuk PPKM Covid19

Rumah Zakat mengajak masyarakat Indonesia untuk turut ambil bagian bersama-sama menghadapi pandemi corona, sebagai salah satu lembaga nirlaba di Indonesia, Rumah Zakat telah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi corona selama setahun ini.

Dalam press conference yang diselenggarakan online oleh Rumah Zakat melalui Zoom meeting, Chief Executive Officer Rumah Zakat Nur Efendi serta Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mempresentasikan berbagai program unggulan Rumah Zakat yang telah diluncurkan sebagai bentuk kepedulian Rumah Zakat terhadap masyarakat yang terdampak oleh pandemi Corona

Program Bantuan Bersama Hadapi Corona Rumah Zakat

Menurut Murni Alit Baginda, hingga saat ini telah ada 219.701 masyarakat yang merasakan manfaat program Bersama Hadapi Corona. Hal tersebut termasuk jaminan sosial, bantuan kesehatan serta layanan ambulan dan mobil jenazah

.

PPKM darurat bersama hadapi corona rumah zakat

CEO Rumah Zakat Nur Efendi menyatakan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Rumah Zakat mengalokasikan anggaran sebesar 10 Miliar guna meringankan beban masyarakat, beberapa bantuan tersebut didistribusikan dalam bentuk bantuan kesehatan dan juga logistik untuk masyarakat. Bantuan kesehatan yang disalurkan antara lain perlengkapan Rumah Sakit Covid-19, bantuan tabung oksigen, ventilator, layanan ambulans pasien dan jenazah Covid-19, layanan konsultasi, vaksinasi Covid serta pemberian suplemen untuk rekan-rekan tenaga kesehatan.

“Kita melihat bahwa saat ini kebutuhan masyarakat akan layanan Kesehatan sangat tinggi. Oleh karena itu kami berharap bantuan yang merupakan titipan donator dan para mitra ini dapat membantu mereka yang terdampak,” Sebut Nur Efendi

bantuan ppkm darurat ambulans dan tabung oksigen rumah zakat

Salah satu program yang dilaksanakan adalah vaksinasi yang dilakukan Rumah Zakat bermitra dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Rumah Zakat menggelar vaksinasi gratis untuk masyarakat selama 10 hari dengan target 4000 warga masyarakat. Dengan layanan 400 vaksin per hari. Per 6 Juli 2021 merupakan hari kelima dari program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat.

BACA JUGA:   Pengertian Voucher Diskon

Selain itu pada kesempatan yang sama lewat press release melalui media Zoom, Rumah Zakat juga meluncurkan bantuan kesehatan dengan melepaskan bantuan berupa mobil Ambulan, tabung oksigen serta logistik untuk keperluan penanganan Covid-19.

Mobil Ambulans ini merupakan bagian dari ambulans gratis Rumah Zakat yang saat ini tersebar di 11 kota di Indonesia. Untuk kebutuhan tabung oksigen, Rumah Zakat memberikan bantuan tabung oksigen di daerah zona merah yang cukup tinggi antara lain di Pontianak, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek. Tabung ini nantinya didistibusikan untuk pasien yang melakukan isolasi mandiri dan mengalami sesak napas namun tak bisa ke rumah sakit.

bantuan tabung oksigen rumah zakat

Untuk bantuan jangka panjang, Rumah Zakat merilis bantuan di bidang ekonomi dan ketahanan pangan yaitu dengan menyasar sektor UMKM  serta mendirikan lumbung pangan. Hingga saat ini terdapat 19 lumbung pangan yang sudah terbangun di desa berdaya serta terdapat 1204 penerima wakaf UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menyambut Hari Raya Idul Qurban tahun ini, Rumah Zakat meluncurkan program Super Qurban. Program ini memungkinkan masyarakat untuk menyalurkan daging kurban dalam bentuk yang lebih tahan lama serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu lama dan tentunya dapat distribusikan secara mudah. Daging kurban disalurkan dalam bentuk kaleng sehingga dapat bertahan lama, untuk masa PPKM darurat ini, daging kurban yang disalurkan berasal dari daging kurban tahun lalu.

Daging kurban yang dikelola lewat program Super Qurban, selain bisa bermanfaat untuk masyarakat yang mengalami dampak pandemi Covid, juga dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Dengan kemasan kaleng memungkinkan daging tersebut dapat disimpan, dikelola, didistribusikan secara lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA:   Berbagi Warna Bersama Kanisius

Dalam kesempatan yang sama, Rumah Zakat mengajak partisipasi masyarakat Indonesia untuk bergotong royong Bersama Hadapi Corona dengan Rumah Zakat dan berdonasi melalui donasi online Covid 19.

Masyarakat calon donatur Rumah Zakat dapat memilih mendonasikan uangnya untuk berbagai kebutuhan masyarakat seperti

  1. Bantuan Rumah Singgah Covid 19
  2. Ambulans Pasien Covid 19
  3. Sedekah Oksigen Pasien Covid
  4. Vaksinasi Covid
  5. Berbagi Makan Keluarga
  6. Wakaf Ruang Pasien Covid
  7. Bingkisan Keluarga Prasejahtera
  8. APD Tim Medis Covid19
  9. Lindungi Relawan Covid19
Berbagai program unggulan Rumah Zakat selama Pandemi Corona
Berbagai program unggulan Rumah Zakat selama PPKM Darurat Covid 19

Dalam Bantuan Rumah Singgah serta Wakaf Ruang Pasien Covid misalnya merupakan respon Rumah Zakat dalam mengantisipasi tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit yang semakin mengkhawatirkan. Program Bantuan Rumah Singgah ditujukan untuk menyiapkan lokasi tempat isolasi mandiri bagi warga masyarakat yang membutuhkan. Sedangkan Wakaf Ruang Pasien difokuskan untuk membantu Rumah Sakit menambah ruang perawatan serta bed bagi para pasien Covid 19.

Program Ambulans Pasien Covid 19 ditujukan untuk pengadaan armada ambulans di masa PPKM ini difokuskan guna membawa pasien Covid 19 serta jenazah pasien Covid 19.

bantuan ambulans bersama hadapi corona rumah zakat
CPO Rumah Zakat Mutia Alit Baginda Melepas bantuan Ambulans dan Tabung Oksigen untuk PPKM Darurat

Program APD Tim Medis serta Lindungi Relawan Covid ditujukan untuk mereka para pahlawan kemanusiaan yang terlibat langsung dalam penanganan pandemi Covid mulai dari dokter, perawat, tim medis, petugas ambulan, maupun petugas terkait yang mengurusi pemindahan pasien Covid serta jenazah Covid sejak dari rumah sakit hingga dikuburkan.

Calon donatur dapat memilih alokasi bantuan dalam upaya bersama menghadapi corona bersama Rumah Zakat, tentunya, permasalahan ini tidak bisa serta merta diselesaikan Rumah Zakat sendiri tetapi juga kita sebagai warga masyarakat terdampak ikut berjuang bersama, bersinergi dengan memberikan bantuan semaksimal mungkin lewat berbagai program yang ada di Rumah Zakat.

 

 

30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.