Cara Mengembangkan Usaha di Masa Pandemi

Mungkinkan kita menemukan cara mengembangkan usaha di masa pandemi? Kenapa tidak? strategi pengembangan usaha bisa kita lakukan meski ada atau tidaknya pandemi. Pandemi hanyalah satu dari sebagian tantangan yang muncul dalam kehidupan kita, para pengusaha tentu sudah merasakan berbagai tantangan lain dalam menjalankan usahanya. Resesi, ketidakstabilan politik, switching, pelemahan nilai tukar, dan masih banyak hal lain yang menjadi dinamika yang mengikuti perkembangan usaha kita.

Sebagai seorang entrepreneur, kita diharapkan memiliki kemampuan untuk tetap bisa melihat dengan jelas peluang yang dihasilkan dalam berbagai kondisi ekonomi, utamanya seperti yang sedang kita jalani pada saat ini dengan adanya pandemi. Karena bagaimanapun juga, ketangguhan seorang pengusaha baru akan teruji jika ia berhasil mempertahankan bisnisnya di masa yang penuh badai, bukan di masa yang tenang-tenang saja.

Cara Mengembangkan Usaha di Masa Pandemi

Salah satu kutipan terkenal dalam sejarah sepakbola yang diperkenalkan Johan Cruyff yaitu  ‘pertahanan terbaik adalah menyerang’. Konsep permainan total football ini juga bisa digunakan dalam bisnis kita, alih-alih kita bertahan di tengah pandemi, justru sebaiknya kita bergerak mengembangkan usaha kita di masa pandemi ini, lho mengapa demikian?

Goal kita saat ini mungkin sulit, tapi dengan strategi pengembangan usaha yang baik, kita bisa menemukan cara mengembangkan usaha kita. Perhatikan apa saja perubahan di masyarakat, dan apa celah yang bisa kita manfaatkan, ada gak sih cara mengurangi resiko produk tidak terjual, gimana cara mendapatkan imbal balik yang menguntungkan, adakah akses pinjaman modal usaha di masa pandemi? bisa gak produk kita ditambah variannya?

Gunakan Momen Pasca PSBB

Pandemi, di sisi lain memang memukul usaha yang kita jalankan, menurunnya jumlah permintaan, serta terbatasnya supply bahan baku akibat penerapan PSBB membuat arus supply dan demand produk kita menurun. Pun demikian, meski saat ini pandemi belum selesai namun ada sesuatu yang bisa kita syukuri dari pola hidup masyarakat sekarang dibanding pada bulan-bulan pertama pandemi.

Masyarakat lebih selektif menerima dan memilah informasi, mereka sudah berani beraktifitas di luar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mereka mulai beraktifitas normal seperti sebelum pandemi. Buatlah penawaran khusus tentang produk anda, anda bisa menawarkan produk yang sesuai dengan tetap menjaga agar tidak terjadi kerumunan

Ingat, yang terpukul saat pandemi bukan hanya bisnis kita saja, tetapi juga para kompetitor kita selama ini. Semakin cepat kita memanfaatkan momentum, bukan tidak mungkin kita juga bisa mengambil celah pasar yang dulunya dimiliki kompetitor kita

Brandingkan Kepedulian

Bisnis memang tujuannya untuk membuat hidup kita terjamin, atau dalam bahasa merakyatnya membuat kita lebih cepat kaya. Namun, di masa ini, orang tidak ingin menjadi pemerkaya orang lain, oke apakah anda mau memperkaya saya? Saya yakin jawabannya adalah tidak.

cara mengembangkan bisnis branding kepedulian (1)

Mengembangkan bisnis juga perlu mengembangkan branding, produk diciptakan bukan agar kita sebagai produsen memperoleh untung, tetapi produk diciptakan agar masyarakat sebagai konsumen mendapat manfaat sebaik-baiknya dari produk kita. Orang yang mendapat manfaat dari produk kita, akan mengingat keunggulan produk milik kita. Lalu bagaimana jika produk kita belum begitu dikenal?

Brandingkan dengan kepedulian. Banyak produsen, pengusaha yang membagikan produk mereka secara gratis ke masyarakat, panti asuhan, para pengguna jalan. Selain membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi, hal ini juga meningkatkan citra brand kita di masyarakat. Masyarakat akan merasa bahwa mereka tidak sendirian menghadapi pandemi, tetapi ada brand kita yang membersamai mereka melalui masa-masa sulit ini.

Penambahan fasilitas seperti tempat cuci tangan dan pemeriksaan suhu badan di outlet bisnis kita juga merupakan bagian dari kepedulian kita terhadap masyarakat. Masyarakat merasa lebih aman berbelanja dengan adanya fasilitas tersebut.

Tambahkan Channel Bisnis Online

Saat ini banyak peluang menambah lebih banyak calon pengguna dengan menambahkan channel bisnis online. Mulai dari social media seperti instagram dan facebook, youtube, maupun merambah lewat jejaring marketplace bisa kita lakukan.

Dengan menggunakan media online kita bisa mendapatkan lebih banyak calon pelanggan, kita juga bisa mengedukasi para pelanggan kita dengan konten-konten di social media, youtube maupun di website official kita. Tentunya, kita tidak sekedar menambah channel media online saja, tetapi juga meningkatkan kualitas konten yang ada di dalamnya. Memiliki seorang staff yang khusus menangani social media adalah sebuah ide yang bagus agar branding produk kita lebih terarah dan mudah dikenal oleh para calon pelanggan.

cara mengembangkan usaha dengan pinjaman modal usaha

Kita bisa membagikan tips seputar bagaimana cara menggunakan produk, cara yang aman untuk bekerja dengan produk kita, keunggulan produk kita bagi para pelanggan yang tidak dimiliki kompetitor, atau berkaitan dengan tips seputar dunia yang erat dengan produk kita.

Selain bisa digunakan untuk branding dan edukasi produk, channel digital bisa digunakan sebagai wahana bisnis online, baik itu marketplace maupun channel kita di social media.

Kita juga bisa menambahkan alamat usaha kita lewat Google My Bussiness yang terintegrasi dengan Google Maps, dengan menambahkan alamat kita di dalam Maps, kita bisa memperoleh tambahan calon pelanggan yang umumnya mencari produk berdasar kategori produk/jasa yang kita tawarkan. Dengan adanya GMaps, kita menjaring lebih banyak calon pelanggan yang memiliki area sama dengan kita, sehingga layanan kita lebih menjangkau di wilayah kita sendiri.

Tambahkan Variasi Produk

Produk baru selalu bermunculan, bahkan dalam kondisi tenang-tenang saja, bukan berarti produk kita akan tetap aman begitu saja di tengah pasar, kompetitor tentunya selalu berusaha menambah variasi produknya. Lalu bagaimana dengan kita?

Cara mengembangkan usaha kita berikutnya adalah dengan menambahkan juga variasi produk kita, bisa berupa menu baru, rasa baru, media baru, kemasan baru, bisa jadi kita menggunakan kemasan yang lebih ekonomis, tetapi jika dibranding dengan tepat justru bisa menciptakan hype baru di kalangan pelanggan kita bahkan pelanggan kompetitor kita.

cara mengembangkan usaha dengan pinjaman modal usaha

Selain itu, penambahan variasi produk ini juga memberikan kita peluang untuk mengembangkan sub image baru di benak pelanggan. Bukan tidak mungkin, kelak justru varian produk inilah yang bisa kita kembangkan lebih jauh dan menjadi sub brand atau bahkan menjadi brand tersendiri dari produk utama  kita.

Gunakan Pinjaman Modal Usaha

Dengan adanya pandemi, hampir semua bidang pekerjaan mengalami penurunan produksi, entah fast moving goods, layanan jasa, produk-produk lain semuanya mengendurkan promosi, produksi dan penjualan. Disinilah sebenarnya kita memerlukan pinjaman modal usaha untuk men-take-over pasar yang ditinggalkan oleh para kompetitor akibat pandemi.

Salah satu media pinjaman modal usaha adalah GoModal, GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga 150 juta rupiah dengan pilihan jangka waktu cicilan 2, 3, 6, dan 12 bulan. GoModal ini sudah terintegrasi dalam layanan GoBiz. Saat ini, fitur GoModal dapat diapply oleh para pengusaha yang tergabung dalam Mitra Usaha Gojek dalam layanan GoFood. Pengajuannya sendiri cukup mudah, hanya perlu melakukan pengajuan pinjaman modal menggunakan smartphone kita di rumah, pencairan dana bisa segera dilakukan kurang dari 13 jam ke rekening kita. Pinjaman modal usaha ini bisa kita gunakan untuk mengembangkan usaha kita

Dengan mempersiapkan lebih banyak produk, lebih banyak channel dan outlet yang mendekatkan ke para pelanggan. Kita bisa menciptakan branding baru bahwa produk kita lebih siap berada di tengah mereka dibandingkan dengan produk lain. Kita memerlukan strategi pengembangan usaha untuk melakukan ini, produk apa yang bisa kita subsitusi dengan produk milik kita, dimana target market mereka, berapa margin keuntungan yang bisa kita maksimalkan.

Menambah pinjaman modal tentu bisa menjadi salah satu opsi cara mengembangkan usaha saat ini agar kita bisa menempatkan diri di tengah persaingan yang cukup mengendur karena adanya pandemi. Akan lebih baik lagi jika kita mendapat pinjaman usaha dengan syarat dan ketentuan yang mudah, serta bunga yang bisa kita cover dengan keuntungan yang bisa didapat dari ekspansi bisnis kita.

So, apakah kalian setuju bahwa cara terbaik mengembangkan usaha di tengah pandemi adalah dengan filosofi total footbal ala Johan Cruyff, atau kalian punya gagasan yang lebih baik menyikapi kondisi saat ini? Share di komentar ya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.