KKN PPL

Hari ini entah sengaja apa enggak tiba2 gw dicemplungin ke grup FB KKN-PPL UNY 2013. Sebenernya agak herman juga lha wong gw ini udah terhitung bangkotan kok ya 😀 Tapi gak papa lah itung2 menyamar biar kelihatan awet muda 😀

What is KKN PPL?

KKN PPL adalah kependekan dari Kuliah Kerja Nyata Praktik Pengenalan Lapangan, jika dibanding dengan program KKN lain mungkin program ini yang agak santai karena dilakukan di sekolah. Klo KKN masyarakat biasanya setiap tim terdiri dari maksimal 10 orang, di KKN PPL bisa sampai 30an itupun waktu KKN nya gak terlalu spanneng karena setengah hari dihabiskan untuk program praktik mengajar di sekolah.

Gw sendiri ikut KKN PPL UNY episode 2007, di SMKN 2 Pengasih, KulonProgo n disana justru gw gak banyak cawe2 di KKN nya, hanya fokus di PPL, ya karena setahun sebelumnya gw sudah ikut KKN relawan waktu gempa Jogja di Karangsemut, Bantul.

Pun biar gitu klo temen2 KKN PPL gw bikin event, tetep gw ikut biarpun sifatnya sunah, ikut ngecat lapangan, tamanisasi, nyiapin pensi n servis gratis, gimana juga gak enak kan klo mereka kerja gw nya ongkang2 meski mereka juga dah maklum klo gw udah KKN duluan.

Tim-KKN-PPL-UNY-2007-SMKN-2-Pengasih KKN PPL  wallpaper

Jaman gw dulu, penempatan KKN PPL disiapkan dari pihak UPPL dan setahu gw jurusan juga, mereka memformulasikan biar anak2 dapet tempat KKN PPL yang gak terlalu jauh dari domisili mereka, meski emang anak2 rantau ada yang dapet daerah pelosok/kota, gw sendiri biar keluarga dah pindah di Jogja toh jarak dari rumah – sekolah tetep aja 25 km.

Dan sekarang yang bikin gw bengong di grup KKN PPL itu, ngeliat anak2 pada rame rebutan tempat, meski gw juga gak yakin apa iya mereka rebutan tempat di grup FB otomatis besok mereka bakal mangkal KKN di sekolah yang mereka rebutin itu?

BACA JUGA:   Nikmat makan pedas mana yang kamu dustakan

I don’t know blabarblas

Tapi yang pasti dengan adanya keramean semacam itu gw ngeliat ada kesemrawutan dalam penempatan mahasiswa yang akan diterjunkan, seolah2 anak2 harus nyari sendiri dan rebutan tempat. Ini kan bakal ngerepotin mahasiswa sendiri? iya klo yang bersangkutan orang Jogja asli atau udah hidup menahun di Jogja kek gw, gagal dapet di sekolah yang dia incer bisa gampang cari sekolah lain karena emang sudah tahu medan, lha klo anak2 rantau dari sulawesi, sumatra yang ke Jogja nya aja baru jaman kuliah, gak punya motor? mau KKN PPL di mana? ngajar TPA?

Gw gak tau sistemnya berubah sejauh apa sekarang ini, yang gw lihat dari UPPL sendiri mereka bikin web di sikap.uny.ac.id meski gw juga gak tau fungsinya apaan dan apa hubungannya sama keributan anak2 yang rebutan tempat. Klo melihat setahun ke belakang waktu gw penelitian n ketemu anak KKN PPL di sekolah temen emang ada beberapa jurusan yang mahasiswanya terpaksa harus nyari sekolah sendiri, gak dicariin seperti jaman gw, yaitu anak2 prodi Mekatronika karena emang jurusan mekatronika di SMK belum banyak jadi mereka bebas cari sendiri.

Itu tahun lalu, gw denger tahun ini pesertanya meningkat tajam, mungkin itu yang bikin suasana kacau karena peserta meningkat sementara stok sekolah penerima terbatas. Mereka harus rebutan cari sekolah waktu pendaftaran online, tapi gw sendiri skeptis dengan format seperti ini, sangat memungkinkan terjadi crash dan chaos buat anak2 yang mau KKN PPL, dan menurunkan semangat mereka klo akhirnya mereka diterjunkan di tempat yang enggak mereka inginkan.

BACA JUGA:   Gerbang Logika Dasar

Apa urusan gw ya ngomong ginian, ngasih saran kagak, cuma berwacana doang, hmmm ya sebenernya gw emang gak ada urusan, n apa lah saran yang bisa gw berikan, UPPL sendiri pasti punya pertimbangan dan sudah dirapatkan berkali2 mengenai format yang ada sekarang, gw berharap aja nantinya mereka bener2 bisa menjalankan tugas mereka saat diterjunkan sebagai mahasiswa KKN PPL, mengabdi pada masyarakat lewat sekolah, belajar mengorganisir diri, team dan kelas mereka, bisa memberikan inspirasi dan suntikan semangat bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

jika kkn ikut setengah, emang nya kalo ppl dan kkn duluan sudah bisa jamin wisuda deluan ?, Informasi Tempat KKN jurusan Mekatronika, smkn 2 pengasih 2007

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan untuk “KKN PPL

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: