Mudah Kok! Cara Memotong Feed di WordPress dan Blogspot

Memotong feed, atau memperpendek RSS feed di blog baik yang berbasis wordpress maupun blogspot sangat disarankan. Feed sendiri adalah umpan, yang digunakan untuk membagikan informasi adanya artikel terbaru pada sebuah blog.

Karena hanya berfungsi sebagai umpan, untuk memancing pengunjung yang menggunakan agregator maupun untuk keperluan sharing social media, maka tidak perlu memberikan full feed RSS, cukup hanya sebagian saja. Jika pembaca tertarik dengan umpan feed kita, barulah ia akan mengklik tautan yang menuju artikel kita.

Resiko Full Feed

Salah satu resiko dengan tidak mengatur feed di blog kita, maka feed yang disebarkan secara default berbentuk full feed. Biasanya full feed ini digunakan oleh beberapa blogger blackhat untuk mengambil konten secara full dari blog kita. Pernah mendengar istilah AGC? Auto Generated Content bisa dilakukan salah satunya dengan mencuri artikel kita dengan menggunakan bantuan feed kita sendiri.

cara memotong feed RSS blog wordpress dan blogspot

Jika feed tersebut adalah full feed, bisa dibayangkan bahwa artikel kita akan dicopas mulai dari awal sampai akhir tulisan. Metode memotong feed/meringkas feed ini ditujukan untuk mengurangi resiko blog diambil sebagai konten AGC dari feed.

Cara Memotong Feed di WordPress

Untuk para pengguna wordpress, cara memotong feed RSS kita sangat mudah

  1. Masuk ke dashboard wordpress
  2. Masuk ke Pengaturan> Membaca
  3. Pada bagian feed seperti ini ubahlah menjadi kutipancara memotong feed RSS blog wordpress
  4. Klik tombol simpan

Dengan cara ini setiap umpan feed yang kamu share ke social media seperti linked.in, telegram, dll akan dipotong hanya sampai kode read more atau break. Jadi wajib banget buat kamu untuk selalu memberikan break code di artikel kamu

Cara Memperpendek Feed di Blogspot

Untuk pengguna blogspot cara memperpendek feed juga cukup mudah kok. Buat blogger yang menggunakan blogspot sebagai blog enginenya silahkan ikuti langkah berikut

  1. Masuk ke dashboard blogger
  2. buka halaman setting
  3. Scroll ke bawah sampai ketemu bagian feed
  4. Pilih sampai Jump Breakcara memotong feed RSS blogger blogspot
  5. Untuk pengguna blogspot kalian bisa menambahkan feed footer untuk menambahkan copyright blog kalian
  6. Jangan lupa disimpan

Nah itulah 2 cara memotong feed buat kalian yang menggunakan wordpress maupun blogspot. Jangan sampai deh hasil kerja keras kalian diambil sama pencuri konten yang enggak bertanggung jawab.

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.