Tahapan Belajar Web Programming Untuk Pemula

Belajar web programming atau pemprograman web bisa dilakukan baik dengan ikut kursus, belajar dari akses internet atau melalui buku. Tapi tidak ada yang lebih pas untuk menguasai materi program website dengan langsung mempraktekkannya. Apapun pilihan belajarnya, Anda harus mengetahui kalau ada banyak hal yang perlu dikuasai sebelum bisa membuat sebuah situs.

Cara Belajar Web Programing Secara Bertahap

Beberapa program website yang cukup populer adalah HTML dan CSS. Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya untuk belajar tentang program website, ada tahapan yang perlu diketahui. Ada dasar untuk jenis pengetahuan ini yang semakin rumit nantinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipelajari dari awal sebagai pondasi sampai tingkat lanjut yang lebih rumit.

tahapan belajar web programming

1. Pelajari HTML (HyperText Markup Language)

Inti dari belajar web programming adalah membuat halaman web adalah dengan memahami HTML terlebih dahulu. Hal ini adalah dasar dari belajar web programming untuk bisa menguasai materi lainnya. Hampir tidak mungkin untuk menjadi web designer atau developer tanpa mempelajari HTML terlebih dahulu. Untuk saat ini versi bahasa HTML terbaru adalah HTML 5

belajar web programming html 5

Ada alasan mengapa HTML perlu diketahui oleh pemula yang berminat dengan bidang programming web, HTML terbilang mudah dibandingkan penguasaan lainnya. Saat belajar HTML yang dibutuhkan adalah sudah terbiasa memakai web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox yang merupakan hal dasar dari HTML.

2. Pemrograman Web dengan PHP

Kalau sudah mengenal dasar HTML maka Anda bisa memilih program lain untuk dipelajari. Pilihannya adalah antara CSS atau PHP. Kalau berminat ke desain web, maka CSS yang perlu Anda pelajari, sedangkan kalau ingin membuat aplikasi web maka selanjutnya Anda belajar tentang PHP.

belajar web programming php

PHP dalam web programming bukanlah Pemberi Harapan Palsu melainkan kependekan dari PHP Hypertext Preprocessor yang dapat dapat dipakai bersamaan dengan HTML, kombinasi ini adalah hal yang biasa dalam web programming, khususnya bila menginginkan tampilan tertentu yang hanya bisa dilakukan dengan memakai keduanya. Anda akan mempelajari kumpulan source code aplikasi dengan PHP untuk berbagai kebutuhan.

HTML bertanggung jawab sebagai pemrogramman disisi client side bersama CSS sementara PHP menangani urusan server side, berkaitan dengan database dan sebagainya. PHP merupakan contoh bahasa pemrograman komputer yang sebenarnya. PHP lah yang membuat program yang akan diterapkan pada sebuah website yang diproses dengan memakai HTML dan dikelola databasenya dengan MySQL. Jadi, diperlukan penguasaan beberapa hal untuk dapat membuat programming yang menarik pada situs.

3. Belajar CSS Untuk Desain

Sebenarnya CSS lebih cenderung berupa struktur website dengan perintah-perintah sederhana. Program ini bisa dipelajari untuk mengetahui cara untuk mempercantik tampilan situs sehingga enak dipandang dan nyaman dibaca sampai berlama-lama.

belajar web programming css 3

CSS atau (Cascading Style Sheets) sebenarnya bahasanya lebih rumit dari pada HTML tapi tidak sekompleks PHP. Jadi, CSS dan PHP adalah dua opsi yang bisa dipilih apakah Anda ingin mempelajari desain terlebih dahulu atau langsung ke inti belajar web programming tentang logika dan sistem dari sebuah website.

4. Database MySQL

Secara umum, penguasaan PHP akan memerlukan waktu yang lebih lama karena berkaitan dengan inti dari keseluruhan programming web. Tapi saat mempelajarinya juga perlu menguasai bagian-bagian dari program seperti penyimpanan data sesuai dengan kebutuhan situs yang disebut database. PHP merupakan bahasa dari server side untuk mengakses database, sementara untuk membangun database dapat menggunakan bahasa pemrogramman database yang umumnya berbasis SQL. Ada banyak bahasa pemrogramman database, misalnya MySQL, PostgreSQL, Oracle Database dan lain-lain

pemprograman database mysql

Aplikasi database yang bisa dipilih ada banyak, yang populer adalah MysQL(My Structured Query Language ) ini adalah aplikasi yang memakai relasi pada pengelolaannya. Jadi, semua bagian dalam programing saling terkait seperti Anda perlu paham MySQL dan PHP dalam waktu bersamaan.

5. Animasi dengan Java Script

Javascript adalah bahasa programming yang mudah yang akan membuat tampilan website yang lebih interaktif. Kalau program lainnya berkaitan dengan konten (HTML) atau desain (CSS). Java Script menitik beratkan layanan dari browser side dan memberikan apa yang dibutuhkan pengguna.

belajar web programming javascript 5

JavaScript adalah bahasa pemrograman murni. JavaScript umumnya masuk ke library pihak ketiga dan memberikan fungsionalitas lanjutan tanpa harus melakukan coding dari awal.

Itulah beberapa tahapan dalam belajar web programming. HTML + CSS + PHP + MySQL + JavaScript dapat dipelajari dengan singkat kalau hanya ingin mengetahui dasarnya saja. Tapi penguasaanya perlu diasah dengan praktek. Anda dapat mengunjungi code.candilkuya.com untuk download kumpulan source code aplikasi gratis. Anda bisa membuat berbagai bentuk web dengan memakai kombinasi beberapa program sekaligus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.