Girls, Jangan Lakukan Ini Saat Datang Bulan

Datang bulan, atau menstruasi adalah periode dimana dinding rahim meluruh karena telur tidak dibuahi dalam satu periode menstruasi. Luruhan ini akan keluar dalam bentuk darah kotor melalui vagina. Karena proses ini merupakan proses yang rutin dialami wanita, hal ini merupakan hal biasa. Namun tidak jarang pada beberapa orang proses menstruasi ini mengakibatkan rasa nyeri yang tidak nyaman terutama di bagian perut.

Pada masa ini sering sekali seorang wanita menjadi lebih emosional, bagi para lelaki, periode ini adalah dimana pasangan mereka terlihat galak-galaknya. Sebenarnya hal ini terjadi karena kondisi badan wanita memang tidak nyaman selama masa haid.

Banyak wanita yang enggan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga pada saat menstruasi, karena mereka merasa lebih cepat lelah. Padahal secara medis, olahraga justru dapat membantu mengurangi kram perut dan nyeri saat datang bulan, selain itu aktivitas ini dapat memperbaiki mood wanita. Tentunya olahraga yang dilakukan juga jangan berlebihan ya girls.

Nah terus apa saja sih pantangan wanita selama masa haid?

Pantangan Wanita Saat Datang Bulan

Melakukan Hubungan Seks

Melakukan hubungan seks saat kondisi menstruasi sangat tidak disarankan oleh dokter. Karena selain menyebabkan rasa nyeri berlebih, vagina juga dalam keadaan kotor. Dalam kondisi ini, hubungan seks dapat memicu penularan penyakit kelamin baik bagi wanita maupun pasangannya. Jadi buat bapak-bapak yang istrinya sedang datang bulan, puasa dulu ya. Jika memang sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya untuk menghitung masa subur wanita dengan kalkulator penghitung masa subur.

Minum Susu

Secara umum, susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk manusia, terutama karena susu mengandung kalsium yang baik untuk menjaga tulang agar tidak mudah keropos. Namun, sebaliknya saat datang bulan, wanita sebaiknya menghindari minum susu maupun produk turunan susu.

manfaat minum susu

Hal ini karena pada susu terdapat kandungan lemak asam arakidonat yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin dalam tubuh. Zat satu ini dapat menyebabkan rasa kram pada tubuh menjadi berlipat ganda.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama masa menstruasi, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan seperti brokoli, pakcoy, ikan sarden, ikan salmon, wijen, tahu, bayam serta kacang almond.

Tidak Ngemil

pantangan datang bulan menstruasi

Saat sedih atau tidak nyaman, wanita cenderung lebih suka makan, begitu juga saat PMS, dan ini memang disarankan secara medis. Karena pada saat datang bulan, tubuh lebih cepat lelah, sehingga harus terus mendapat asupan nutrisi, jika harus makan berat, mungkin wanita enggan karena ingin tetap menjaga bentuk, ngemil ini salah satu solusi yang bisa dilakukan wanita. Jadi jika kalian lagi datang bulan, ngemil aja ya

Melakukan Waxing

Wanita seringkali ingin memanjakan diri pada saat menstruasi, dan salah satu pilihannya adalah memanjakan diri di salon. Ini gak masalah kok gaes, kalian bisa melakukan berbagai perawatan tubuh untuk memanjakan diri saat haid. Yang paling penting adalah kalian tidak melakukan waxing atau cabut bulu. Pada saat tidak menstruasi saja waxing ini sudah terasa sakit, apalagi pada saat yang sama kalian sedang menahan sakit karena datang bulan, so please, hindari waxing dulu, kalian bisa memilih jenis perawatan tubuh yang lain dulu ya girls.

BACA JUGA:   Tips Makanan Yang Mesti Di Konsumsi Pengidap Diabetes

Tidak Mengganti Pembalut

Selama proses menstruasi, sebaiknya kalian mengganti pembalut setiap 3-4 jam, bahkan meski kalian merasa pembalut kalian belum penuh. Masalahnya bukan pada kapasitas daya tampung pembalutnya ya girls, tapi karena area yang lembab dan kotor tersebut dapat memicu bakteri menyerang tubuh melalui vagina. Jadi sebaiknya kalian rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Di malam hari, kalian bisa menggunakan pembalut wing agar terbebas dari kebocoran saat tertidur pulas. Inget ya, yang ada sayapnya!

Hindari Fast Food

Fast food emang enak dan cepat tersaji, buat kalian girls, yang merasa level kesabarannya berkurang saat menunggu makanan, dan memilih fast food, sebaiknya hindari deh. Fast food seringkali mengandung kadar garam yang berlebih. Kandungan garam yang berlebih, akan mengacaukan hormon anda pada saat mengalami menstruasi.

makanan fast food burger

Melakukan Hal Yang Dapat Menyebabkan Emosi Negatif

Saat menstruasi, sebaiknya tidak menonton film yang dapat menguras air mata atau horor, mending enggak deh. Kalian juga tidak disarankan mengkonsumsi alkohol, merokok, maupun begadang. Pada periode ini kalian menjadi lebih sensitif girls, jadi lebih baik lakukan hal yang bisa meningkatkan mood booster, manjain diri di salon, shooping atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh kalian di saat datang bulan girls. Tetap sehat dan beraktivitas seperti biasa ya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.