Ingin Buka Usaha Kuliner, Mulai Dengan Sajian Nasi Goreng

Salah satu bisnis kuliner yang bisa Anda coba adalah berjualan nasi goreng. Makanan yang satu ini memiliki banyak peminat. Cara pengolahannya pun praktis dan cepat.

Bisnis kuliner semakin berkembang pesat seiring dengan melonjaknya minat masyarakat terhadap eksplorasi kuliner. Bukan hanya berburu makanan-makanan yang kekinian dan hits, para pecinta kuliner ini pun tetap menikmati menu legendaris yang diolah dengan resep turun-temurun. Sederhananya, kuliner selalu dapat menggugah dan membuat banyak orang tertarik.

Nah, salah satu jenis kuliner atau masakan khas Indonesia yang dapat dijumpai di mana-mana adalah nasi goreng. Makanan ini mudah disukai karena rasanya memang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Bukan hanya itu, cara mengolahnya juga mudah dan praktis.  Saat ini, nasi goreng pun sangat variatif dan ada yang unik, mulai dari topping hingga bentuknya.

Memulai Usaha Kuliner Nasi Goreng

Karena peminatnya banyak, tak heran warung yang menjual nasi goreng bertebaran di mana-mana. Sejumlah restoran pun memasukkan nasi goreng dalam menu yang disajikannya. Hal tersebut menandakan bahwa menu yang satu ini memang dibutuhkan dan dicari sehingga berpeluang menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Untuk memulai bisnis kuliner berbasis nasi goreng, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tempat atau lokasi berjualan. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir karena bisnis ini pun bisa dijalankan di rumah sendiri. Syaratnya adalah tersedia tempat yang memadai untuk memasak sekaligus bersantap bagi para pelanggan yang datang.

Jika rumah sendiri dirasa kurang strategis, baik dari segi lokasi maupun kondisinya, Anda pun dapat mencari tempat lain. Pilihan utamanya adalah menyewa tempat khusus atau menggunakan warung tenda. Opsi kedua membutuhkan usaha lebih karena Anda harus siap bongkar pasang warung saat mulai atau seusai berjualan. Namun, biayanya dipastikan lebih murah daripada menyewa tempat khusus.

Memilih lokasi berjualan yang tepat merupakan langkah yang sangat penting demi menggaet calon pelanggan. Apalagi jika bisnis kuliner Anda belum dikenal banyak orang. Jadi, dalam tahap awal, persiapkanlah bujet untuk sewa lokasi jika diperlukan. Pilihan lain adalah menjalankan usaha kuliner nasi goreng tanpa gerai, misalnya hanya menerima orderan untuk acara tertentu.  

Supaya Bisnis Kuliner Semakin Dikenal

Setelah menentukan lokasi atau cara yang paling tepat untuk berjualan nasi goreng, langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi bisnis yang harus dilakukan. Pasalnya, kompetitor yang menjual nasi goreng sangat banyak. Jika hanya mengandalkan resep nasi goreng dan kemampuan memasak, Anda mungkin akan jauh ketinggalan.

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar bisnis kuliner nasi goreng semakin banyak dikenal, yaitu:

  • Inovasi dalam penyajian

cara memasak nasi goreng

Karena bisa ditemukan di mana-mana, penjual nasi goreng harus berjuang untuk meraih perhatian calon pembeli. Hal utama yang harus ditelateni adalah konsistensi rasa nasi goreng yang disajikan. Semakin enak, penggemarnya tentu akan semakin banyak. Oleh karena itu, Anda harus memiliki resep nasi goreng yang jelas dan tidak mudah ditiru, misalnya seperti di link ini.

Selain rasa, inovasi dalam penyajian pun perlu dilakukan. Saat ini, ada banyak jenis nasi goreng unik sehingga menjadi cara baru untuk menyantap nasi goreng. Selain memancing rasa penasaran, adanya inovasi seperti ini juga menghilangkan rasa bosan terhadap jenis makanan yang itu-itu saja.

  • Pelayanan yang memuaskan

Tidak bisa dimungkiri jika segi pelayanan merupakan hal yang sangat berdampak terhadap bisnis kuliner. Jika dilayani dengan baik, pelanggan akan puas dan memiliki rencana untuk datang kembali pada hari selanjutnya. Bahkan, bisa jadi ia akan membagikan pengalaman positifnya tersebut kepada orang lain sehingga akhirnya menjadi promosi gratis bagi bisnis Anda.

Pelayanan juga bisa dalam bentuk memberikan potongan harga khusus kepada pembeli pada waktu tertentu. Jika Anda berkolaborasi dengan Shopback, para pembeli yang menggunakan aplikasi ini pun dapat melakukan pembayaran dengan mudah sekaligus mendapatkan cashback. Melalui Shopback, Anda dapat menarik perhatian calon pembeli dengan lebih mudah.

  • Melakukan promosi efektif

Selanjutnya, Anda pun perlu melakukan langkah-langkah promosi yang efektif untuk memperkenalkan bisnis tersebut kepada khalayak. Media promosi yang mudah dan sangat berdampak saat ini adalah media sosial. Anda bisa memanfaatkannya seoptimal mungkin dengan membangun brand yang kuat sehingga semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda.

Inilah sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat hendak membuka usaha kuliner nasi goreng. Tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.