Manfaat Video Testimonial untuk Media Marketing Bisnis Online

Ada banyak sekali pilihan cara untuk mempromosikan bisnis online Anda. Salah satunya adalah dengan mengunggah konten-konten promosi melalui website. Gunakan layanan web hosting termurah dan berkualitas untuk membantu Anda membuat website bisnis yang stabil. Lewat website ini pula Anda bisa mengunggah video testimonial yang ternyata bisa sangat menguntungkan bagi bisnis yang Anda jalankan. 

Manfaat Video Testimonial

Sesuai dengan namanya, video ini dibuat dengan konten utama berisikan testimoni dari pelanggan atau konsumen. Testimoni merupakan kesan dan komentar yang diberikan pelanggan terhadap pelayanan sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat video testimonial sebagai media marketing bisnis online Anda:

  • Meningkatkan Kredibilitas

Manfaat video testimonial yang pertama adalah untuk meningkatkan kredibilitas dari bisnis tersebut. Lewat video testimonial ini maka konsumen akan memberikan komentarnya. Dari situlah nanti identitas bisnis akan semakin dikenal oleh masyarakat. Brand awareness sebuah bisnis juga bisa meningkat tajam berkat adanya video testimonial pelanggan yang beredar luas.

Tentunya kredibilitas bisnis akan semakin bertambah kuat jika konten video testimonial tersebut diunggah di platform yang tepat. Website menjadi platform terbaik untuk membantu mengangkat kredibilitas bisnis online Anda. Gunakan layanan web hosting dan stabil untuk membantu Anda mengelola website bisnis secara optimal.

  • Menumbuhkan Rasa Percaya Konsumen

Video testimonial akan membantu menumbuhkan rasa percaya dari konsumen, khususnya untuk konsumen baru. Calon konsumen yang melihat video testimonial tersebut akan merasa semakin yakin dan percaya terhadap bisnis Anda. 

Jika testimoni yang diberikan pelanggan memang jujur dan benar-benar sangat positif, pasti kepercayaan kepada brand juga semakin meningkat. Itulah mengapa penting sekali untuk membuat pelanggan Anda memberi testimoni yang sifatnya positif.

Baca juga: Inspirasi Jenis Konten DIY untuk Blog Crafting dan Tips Pembuatannya

Banyak sekali calon konsumen yang mencari video testimoni terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk atau menggunakan layanan jasa tertentu. Lewat video testimoni ini mereka mencoba mencari nilai positif dari sebuah bisnis. Dari konten tersebut pula mereka akan menjadi lebih percaya dan kepercayaan inilah yang Anda butuhkan dalam pengembangan sebuah bisnis online.

  • Memberi Bahan Evaluasi

Konten testimonial tidak hanya bermanfaat untuk menarik konsumen tapi juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi. Lewat video testimonial pelanggan, Anda bisa mencatat apa saja poin lebih dan kurang dari bisnis yang Anda jalankan. Hal ini sangat penting untuk diketahui sebagai pelaku usaha. Anda bisa membuat usaha berkembang lebih luas lagi berkat komentar dari pelanggan tersebut.

manfaat membuat video testimonial pelanggan

Sebagai pelaku usaha, jangan takut mendengarkan testimoni dari para pelanggan. Justru Anda harus mendengarkan banyak testimoni atau komentar agar bisa berkembang lebih optimal. Lewat video testimoni ini Anda jadi punya bahan yang memadai dalam melakukan evaluasi dan memperbaiki diri agar kualitas layanan Anda jadi lebih baik lagi.

  • Memberi Apresiasi kepada Konsumen

Pembuatan video testimonial ternyata juga bisa bermanfaat untuk memberikan apresiasi kepada konsumen. Mari posisikan diri sebagai konsumen sebuah toko atau bisnis online. Jika Anda diminta untuk memberi komentar atau testimoni, artinya Anda dihargai oleh bisnis online tersebut. Anda dianggap sebagai pelanggan yang memiliki peran dalam usaha yang mereka jalankan.

Baca juga: 7 Tips Content Advertising yang Efektif untuk Toko Online

Itulah mengapa penting sekali bagi pelaku usaha untuk menyediakan ruang bagi pelanggan agar bisa menyampaikan testimoni mereka. Salah satunya adalah lewat pembuatan video testimoni tersebut. Tentunya pelanggan akan lebih merasa senang jika video testimoni mereka diunggah di website bisnis Anda. 

  • Menjadi Materi Iklan yang Orisinal

Manfaat lain dari video testimonial adalah bisa memberikan Anda materi iklan atau promosi yang sifatnya orisinal. Saat ini ada banyak sekali konten iklan yang beredar di masyarakat. Tentu Anda membutuhkan konten promosi yang unik dan orisinal. Video testimonial ini bisa jadi contoh konten iklan yang sifatnya orisinal karena hanya dimiliki oleh bisnis Anda.

Secara otomatis konten video testimonial ini akan berisikan komentar detail mengenai bisnis yang Anda jalankan. Pelanggan yang memberi testimoni akan berbicara tentang layanan bisnis Anda. Oleh sebab itu materi ini tidak akan dimiliki oleh pelaku bisnis lainnya.

Tips Mendapatkan Testimoni Positif

manfaat membuat video testimonial pelanggan

Semua pelaku usaha tentu berharap bisa mendapatkan penilaian atau testimoni yang positif dari konsumennya. Bukan hal yang mudah untuk bisa menerima testimoni positif namun bukan juga hal yang mustahil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapat menerima testimoni positif dari semua pelanggan:

  • Berikan Pelayanan Terbaik

Prinsip penting dalam menjalankan bisnis online adalah pelayanan terbaik. Upayakan untuk memberi pelayanan terbaik kepada konsumen Anda. Jika layanan yang diberikan memuaskan maka secara otomatis konsumen akan memberi testimoni yang positif. Mulailah dengan menjalin hubungan positif dengan semua target konsumen Anda. Bisa lewat memberikan konten-konten menarik di media sosial misalnya.

Pelayanan berkualitas tidak hanya diberikan kepada konsumen yang membeli produk Anda tetapi juga untuk calon konsumen yang bahkan belum melakukan transaksi. Jika ada pertanyaan yang mereka ajukan, jawablah dengan ramah. Pelayanan yang ramah kepada semua calon konsumen akan memberikan hasil yang positif.

  • Berikan Respon yang cepat

Testimoni positif dari pelanggan juga bisa Anda dapatkan dengan cara memberikan respon yang cepat kepada mereka. Tentunya sebelum melakukan transaksi pelanggan perlu menjalin komunikasi dengan pihak penjual terlebih dahulu. Upayakan untuk memberi respon yang cepat setiap kali ada konsumen yang membutuhkan pelayanan.

Penggunaan website bisnis dapat menjadi salah satu upaya untuk menyediakan respon dan pelayanan cepat kepada pelanggan. Pilihlah layanan hosting dan reseller SSL murah namun berkualitas agar pelayanan konsumen lewat website berjalan optimal. 

  • Utamakan Kualitas

Pastikan untuk selalu mengutamakan kualitas produk yang Anda jual kepada konsumen. Ingat, kualitas tidak akan pernah bisa berbohong. Jika Anda menjual kualitas kepada konsumen maka sangatlah mudah mendapatkan testimoni atau penilaian yang sifatnya positif. Jadi usahakan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan produk yang Anda jual.

Baca juga: Digital Marketers, Ini 5 Keahlian yang Wajib Dikuasai

Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk melihat seperti apa kualitas produk yang Anda jual tersebut di pasaran. Usahakan untuk hadir dengan kualitas terbaik sehingga bisa bersaing dengan usaha lainnya yang mengeluarkan produk sama. Selama kualitas selalu dijaga maka pelanggan pun tidak akan ragu untuk memberikan pujian.

  • Penuhi Keinginan Konsumen

Jangan malas memenuhi keinginan dari konsumen. Cari tahu apa yang sebenarnya konsumen harapkan dari produk atau layanan Anda. Jika konsumen terpenuhi keinginannya maka mereka secara otomatis akan merasa puas. Kepuasan inilah yang kemudian akan membuat mereka memberikan testimoni positif dengan mudah. 

Baca juga: Cara Menggunakan A/B Testing untuk Meningkatkan Penjualan Online Anda

Bangunlah website bisnis Anda sekarang juga dan berikan layanan terbaik bagi konsumen. Semua ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan testimoni yang positif. Gunakan layanan jasa hosting dan SSL murah yang berkualitas untuk memaksimalkan website bisnis Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.