Mengetahui Pengertian RAM, Fungsi, Perbedaan, Beserta Jenis-Jenis RAM

jenis jenis ram memory

Pengertian RAM

Ada apa saja di artikel ini?

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. RAM merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk menyimpan data sementara atau memori. Selain menyimpan data, fungsi RAM adalah untuk menyimpan berbagai jenis instruksi program pada sebuah komputer. RAM merupakan memory utama yang merupakan jenis volatile memory, artinya data yang ada di RAM hanya akan bertahan saat ada arus listrik. Berbeda dengan cara kerja hardisk. Hardisk adalah non volatile memory.

Disebut Random Access Memory karena dapat diakses secara acak. Artinya, RAM bisa diakses tanpa tergantung pada tata letak data. Selain itu, RAM juga merupakan sistem penyimpanan yang sifatnya sementara, tidak seperti hardisk yang merupakan penyimpanan permanen. Artinya, data yang ada pada RAM bisa hilang ketika perangkat komputer dimatikan.

Fungsi Memori RAM

RAM merupakan bagian penting yang mendukung jalannya sebuah perangkat komputer. Telah disebutkan bahwa RAM merupakan media penyimpanan. Fungsi RAM sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara. RAM akan menyimpan data selama program dalam komputer sedang berjalan atau dalam keadaan menyala. RAM merupakan primary memory pada komputer, artinya RAM dapat diakses secara langsung oleh processor sebagai tempat untuk melakukan pemrosesan data. Data di RAM diambil dari hardisk selaku secondary memory. Mengapa processor tidak langsung mengakses hardisk? karena hardisk tidak dapat dialamati secara langsung oleh processor

Selain berfungsi sebagai media penyimpanan, RAM juga memiliki fungsi untuk membaca data. Pengguna komputer bisa mengakses data yang tersimpan di hardisk karena peran RAM sebagai pembaca data. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kemampuannya untuk membaca data sehingga semakin lancar pula performa sebuah komputer.

Ketka kita membeli komputer atau laptop, kapasitas RAM akan menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Jika kapasitas RAM besar maka anda bisa menggunakan komputer atau laptop dengan lebih lancar. Kapasitas RAM yang besar akan membuat semua proses mulai dari penyimpanan data, pencarian data, hingga akses program menjadi lebih cepat.

Perbedaan RAM dan ROM

Selain RAM, kita juga mengenal adanya ROM. Sebenarnya apa itu ROM? Pengertian memori ROM merupakan kependekan dari Read Only Memory. ROM merupakan perangkat keras atau hardware pada sebuah perangkat komputer berupa chip memori semi konduktor. Pada umumnya, ROM memuat program-program yang sifatnya default. Meski sama-sama bertindak sebagai memory, tetapi fungsi RAM dan ROM itu berbeda.

Lalu apa bedanya dengan RAM? RAM merupakan tempat penyimpanan yang mudah untuk diakses kapan saja sedangkan ROM tidak sembarangan bisa diakses. Selain itu, ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data tetapi tidak bisa menulis data seperti yang bisa dilakukan oleh RAM. Baca juga : perbedaan fungsi ram dan rom

RAM merupakan media penyimpanan data yang sifatnya sementara sedangkan ROM bersifat permanen. Data pada RAM bisa hilang jika komputer dimatikan. Sementara itu, data pada ROM tidak akan hilang meskipun komputer dalam kondisi mati. Data yang ada pada ROM juga tidak akan berubah, tidak seperti RAM yang datanya bisa berubah-ubah.

Jenis RAM

Berikut adalah beberapa jenis RAM yang bisa digunakan pada perangkat komputer maupun laptop :

1 SRAM

SRAM adalah Static Random Access Memory. Kata “statik” menandakan bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM) yang membutuhkan untuk “disegarkan” (“refreshed”) secara periodik. Hal ini dikarenakan SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. SRAM merupakan kependekan dari Static Random Access Memory. SRAM merupakan jenis RAM yang berkualitas tinggi dan harganya tergolong mahal. Di masa kejayaannya, kecepatan SRAM bisa sama seperti kecepatan pada prosesor dengan kapasitas 500 Mhz.

2 DRAM

DRAM merupakan kependekan dari Dynamic Random Access Memory. DRAM adalah jenis memori semikonduktor dan memiliki kepadatan yang cukup tinggi. Frekuensi kerja DRAM bervariasi antara 4,7 Mhz sampai 40 Mhz. DRAM memiliki kemampuan untuk diakses secara random, sehingga disebut dengan Dynamic RAM, Dynamic RAM ini kemudian menjadi standar penggunaan RAM dalam skala yang lebih lanjut. 

pengertian ram adalah
Jenis jenis RAM

3 SDRAM

SRAM merupakan kependekan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM dikembangkan di medio 90 dan banyak digunakan sebagai memory pada tahun 1996 sampai 2003. SDRAM memiliki dua lubang di bagian pin sebagai penanda agar pin memory tidak terbalik saat dipasang. SDRAM memiliki kecepatan yang cukup tinggi yaitu antara 100 sampai 133 Mhz.

gambar sdram
gambar ram jenis SDRAM

4 RDRAM

RDRAM merupakan kependekan dari Rambus Dynamic Random Access Memory. RDRAM merupakan jenis RAM yang biasa digunakan pada perangkat komputer gaming karena memiliki kecepatan yang tinggi. RDRAM memiliki jalur data sempit sebesar 8 bit, tetapi karena teknologinya, kecepatan memory ini sulit ditandingi oleh jenis RAM lain yang meski berkekuatan 16-32 bit. Sayangnya, jenis memory primer ini gagal bertarung dipasaran karena tidak didukung oleh banyak pengembang motherboard. Karena memerlukan slot khusus yang berharga mahal dan kurang populer di pasaran. Saat ini jarang ada pengembang motherboard yang menggunakan slot RDRAM

perbandingan rdram dan ddr sdram
Perbandingan RDRAM (bawah) dengan DDR (atas)

5 DDR SDRAM

Double Data Rate SDRAM adalah pengembangan dari SDRAM yang menjadi standar RAM paling populer dan paling banyak digunakan di pasaran. DDR sendiri dibuat beberapa versi seperti DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5. Sementara untuk kebutuhan memory graphic cards yang membutuhkan memory terpisah dari memory komputer juga dibuat berbagai versi Graphical DDR atau GDDR.

6 EDORAM

EDORAM merupakan kependekan dari Extended Data Out Random Access Memory. EDORAM memiliki slot memori 72 pin. Jenis RAM ini cocok dipasang di komputer berbagai pentium.

gambar edo ram fungsi ram
gambar edo ram

Jenis RAM sangat beragam dan penting sekali untuk menyesuaikan jenis RAM dengan perangkat komputer maupun laptop yang akan digunakan.

DRAM (memory) modules

Ada beberapa jenis packaging, atau bentuk dari modul keping memory DRAM, antara lain

  • Single In-line Pin Package (SIPP)
  • Single In-line Memory Module (SIMM)
  • Dual In-line Memory Module (DIMM)
  • Rambus In-line Memory Module (RIMM), teknisnya DIMMs tetapi disebut RIMMs karena keeksklusifan slot.
  • Small outline DIMM (SO-DIMM), sekitar setengah ukuran DIMMs biasa, sebagian besar digunakan dalam notebook,komputer ukuran kecil (seperti mini-ITX Motherboard), upgradable kantor printer dan perangkat keras jaringan seperti router. Datang dalam versi:
    • 72 pins (32-bit)
    • 144 pins (64-bit) yang digunakan untuk PC100/PC133 SDRAM
    • 200 pins (72-bit) yang digunakan untuk DDR and DDR2
    • 204 pin (72-bit) yang digunakan untuk DDR3
  • Small outline RIMM (SO-RIMM).Versi yang lebih kecil RIMM, yang digunakan pada laptop. Teknis SO-DIMMs tetapi disebut-SO RIMMs karena keeksklusifan slot

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.