Pilihan Gadget Pricebook Editorial Choice 2021

Buat kamu yang bingung mencari pilihan gadget terbaik untuk kamu, Pricebook Editorial Choice 2021 ini bisa menjadi panduan untuk memilih gadget terbaik yang cukup komprehensif. Bisa dibilang sejak pandemi melanda di awal 2020, pasar gadget sedikit terganggu, belum jika kita menghitung perang dagang antara China dan Amerika di tahun sebelumnya.

Kondisi Market Gadget di Kuartal 3 2021

Penurunan cukup terasa di Quartal ketiga 2021 dimana pada Q3 tahun ini terjadi penurunan pengapalan unit smartphone dari sebelumnya 365.6 juta di Q3 2020 menjadi hanya 342 juta di kuartal ketiga 2021.

Meskipun terjadi penurunan yang cukup signifikan di pasar smartphone, pasar PC global justru mengalami peningkatan 9.3% YoY pada kuartal ketiga 2021. menjadi 84.2 juta unit. Selain itu di sisi pasar wearable devices peningkatan juga terjadi sebesar 9.9% untuk pasar earphone sendiri peningkatan cukup signifikan sebesar 26.5% pada kuartal ketiga 2021.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2021, Pricebook mencatat para vendor smartphone, laptop maupun gadget lain terhitung tetap rajin memperbaharui pasar mereka dengan meluncurkan puluhan produk.

Pricebook Editorial Choice 2021

Dan seperti biasanya, jelang akhir tahun Pricebook merilis Pricebook Editorial Choice yang memberikan rekomendasi terbaik untuk para penggemar gadget di Indonesia.

Pricebook Editorial Choice 2021

Tahun 2021 menjadi tahun kedua bagi Pricebook untuk meluncurkan Pricebook Editorial Choice, mengingat situasi di tahun ini yang masih terimbas oleh pandemi, Pricebook sengaja mencarikan rekomendasi device yang memiliki harga terjangkau namun tetap memberikan value terbaik untuk masyarakat di Indonesia.

Ada empat kategori utama yang menjadi fokus Pricebook Editorial Choice yaitu

  1. Best Value Smartphone – Pricebook mencoba memberikan rekomendasi pilihan smartphone yang memiliki best value, mulai dari Best Value untuk harga 1 jutaan, Best Value untuk harga 2 jutaan, Best Value untuk harga 3 jutaan serta Best Value Smartphone – High Performance
  2. Best Value Wearable Device – di sini Pricebook menghadirkan rekomendasi berbagai wearable device seperti Best Value Smartwatch dan Best Value Smartband untuk para pengguna gadget di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama pasar wearable device turut mengalami peningkatan seiring trend IoT dan wearable device
  3. Best Value Laptop – Menghadirkan laptop terbaik yang terjangkau di kisaran harga 6 jutaan, baik untuk keperluan pekerja kantoran maupun para siswa yang sangat butuh device untuk pembelajaran online
  4. Best Brand – pada kategori ini, Pricebok menghadirkan beberapa device di luar tiga device utama di atas antara lain Best Value Smart TV Brand, Best IoT, Best Value ISP, Best Smart Home dan Price to Quality Brand

Biar gak semakin penasaran yuk kita simak satu persatu produk yang menjadi pilihan Pricebook Editorial Choice 2021 ini

Best Value Smartphone

Seperti sedikit disinggung di atas, best value bukan berarti smartphone paling canggih di kelasnya, namun best value adalah bagaimana perusahaan memberikan nilai terbaik untuk harga yang ditawarkan. Dan di pasar smartphone tahun ini ada 4 rekomendasi yang diangkat oleh Pricebook Editorial Choice 2021

Best Value Smartphone – 1 Jutaan Terbaik 2021: POCO M3

POCO M3 menjadi pilihan Pricebook Editorial Choice untuk smartphone di rentang harga 1 jutaan. Ponsel sub-brand Xiaomi ini menggunakan processor Snapdragon 662 sebagai dapur pacu yang dipadukan dengan RAM 4 GB serta ROM 64 GB. POCO menghadirkan dua versi M3, yakni versi M3 4G dengan processor Snapdragon 662 dan POCO M3 Pro 5G yang menggunakan chipset Mediatek Dimensity 700 5G.

Best Value Smartphone 1 jutaan Pricebook Editorial Choice 2021

Pricebook memilih POCO M3 versi 4G ini karena sudah dibekali resolusi FullHD+ serta perlindungan Gorilla Glass 3. Selain itu dari sisi baterai POCO memberikan baterai dengan kapasitas cukup besar yakni 6000 mAh dengan kemampuan fast charging.

Penggunaan chipset Snapdragon dan konektor USB type C memungkinkan pengguna untuk memilih fast charging Power Delivery atau Qualcomm Quick Charge

Best Value Smatphone – 2 Jutaan Terbaik 2021: Infinix Note 10 Pro NFC

Di kategori Best Value Smartphone – 2 jutaan terbaik 2021, Infinix Note 10 Pro NFC muncul sebagai jawara, dengan resolusi FulHD+ dan refresh rate 90Hz, ponsel ini memberikan kenyamanan pada penggunanya. Dengan ukuran layar 6.95 inch yang lega, pengguna bisa memainkan game dengan mudah atau menikmati sajian konten digital di smartphone kesayangannya.

Di bagian rear camera, Infinix Note 10 Pro NFC menyematkan quad camera dengan resolusi kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, depth 2 MP serta mono camera 2 MP. Menggunakan chipset Mediatek G95.

Di sisi baterai, meski tidak sebesar POCO M3, Infinix Note 10 Pro NFC menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah didukung dengan fast charging 33W. Tentunya, dari namanya kita tahu ponsel ini sudah dibekali teknologi NFC yang memudahkan proses transaksi elektronik dengan e-money

Smartphone Best Value – 3 Jutaan Terbaik 2021: POCO X3 Pro

POCO rupanya tidak main-main dalam urusan mengeluarkan produk terdepan mereka, hal ini dibuktikan dengan dua smartphone mereka menempati peringkat pertama Pricebook Editorial Choice 2021, dan di harga 3 jutaan, POCO menghadirkan POCO X3 Pro yang berukuran 6.67 inch dengan refresh rate 120 Hz.

Refresh rate sebesar itu memberikan kenyamanan setara dengan para pengguna PC, terlebih POCO menghadirkan HDR10 di ponsel POCO X3 Pro mereka. Fitur yang bisa dibilang menyamai smartphone flagship lainnya adalah penggunaan processor Snapdragon 860, jenis processor yang sering ditemui di smartphone papan atas ini dihadirkan POCO dalam best value smartphone 3 jutaan.

POCO menghadirkan POCO X3 Pro dengan opsi kapasitas 6/128 GB dan RAM 8/256 GB. Dengan harga 3 jutaan, kamu bisa menikmati quadcam beresolusi 48/8/2/2 MP untuk smartphone berkapasitas daya 5160 mAh ini. Seperti saudaranya POCO M3, POCO X3 Pro juga memiliki kemampuan fast charging yang mendukung power delivery maupun quick charge

Best Value Smartphone- High Performance: Xiaomi 11T

Tahun 2021 ini bisa dibilang tahunnya Xiaomi, Xiaomi berhasil menyabet beberapa Best Value Smartphone, salah satunya adalah Best Value – High Performance smartphone di Pricebook Editorial Choice 2021 ini. Jawara Best Value Smartphone -High Performance ini dipegang oleh Xiaomi 11T. Selain tentunya, dua ponsel besutan sub-brand mereka, POCO M3 dan POCO X3 Pro

Pada sisi kamera, Xiaomi 11T menghadirkan kamera utama pro-grade 108 MP didukung ultra wide 8MP serta kamera tele macro 5 MP. Dengan kualitas kamera semacam itu, tidak berlebihan jika smartphone Xiaomi 11T bakal menjadi buruan para penggemar fotografi smartphone.

Best Value Smartphone High Performance Pricebook Editorial Choice 2021 Xiaomi 11T

Selain itu, kamera Xiaomi 11T juga mendapatkan optimalisasi teknologi 9-in-1 pixel binning dan Dual Native ISO. Untuk perekaman video, “One-Click AI Cinema” yang disematkan dapat digunakan untuk memberikan efek unik pada video seperti Freeze Frame, Magic Zoom, Time Freeze, Parallel World, Night-time Lapse, Slow Shutter serta Telemacro Video.

Hadir dengan panel AdaptiveSync AMOLED 6.67 inch dan resolusi FullHD+, layar Xiaomi 11T mendukung refresh rate 120 Hz, rasio kontras hingga 5000000:1, dukungan HDR10+ dan kecerahan 1000 nits. Untuk proteksi layar unggulan mereka, Xiaomi menempatkan teknologi terbaru Corning Gorilla Glass Victus.

Pada bagian dapur pacu, Xiaomi 11T menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1200-Ultra, yang merupakan chipset flagship dengan fabrikasi 6nm. Processor besutan Mediatek ini memiliki clock speed hingga 3Ghz, dan kemampuan meredam panas, tentunya processor flagship ini sudah mendukung teknologi 5G.

Di sisi memory, Xiaomi 11T menghadirkan RAM 8 GB dan kapasitas internal 256 GB, sementara untuk masalah daya, baterai yang disematkan berkapasitas 5000 mAh, dengan fitur fast charging 67W. Dengan fitur satu ini pengisian baterai 100% dapat dilakukan hanya dalam waktu 36 menit

Best Value Laptop – 6 Jutaan Terbaik: RedmiBook 15

Seolah belum puas menjadi jawara di pertarungan smartphone, Xiaomi membuktikan mereka mampu memenuhi permintaan para pengguna laptop akan kebutuhan Best Value Laptop.  Xiaomi menghadirkan RedmiBook 15 di rentang harga 6 jutaan dengan processor Intel gen-11.

Menggunakan RAM 8 GB dan SSD 256 GB di dalamnya, laptop ini akan memberikan performa yang signifikan dalam kecepatan eksekusi perintah. Tidak lupa layar luas berukuran 15.6 inch FHD mampu memberikan pengalaman terbaik untuk para pengguna.

Layar RedmiBook 15 ini juga dibekali fitur Anti-Glare guna mereduksi efek refleksi pada layar sehingga tampilan layar RedmiBook 15 tetap tajam meski dilihat dari berbagai sudut. Untuk menambah kenyamanan mata pengguna, disertakan juga teknologi DC Dimming flicker-free agar mata pengguna tidak cepat lelah meski bekerja dengan laptop dalam waktu lama.

Best Value Laptop Redmibook 15 Pricebook Editorial Choice 2021

Untuk performa baterai, RedmiBook 15 menggunakan fitur fast charging power delivery 65W yang memungkinkan pengisian daya sampai 50% hanya dalam 33 menit. Sementara itu, durability laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian.

Di sisi kelengkapan, RedmiBook 15 membawa dual speaker stereo 2 watt serta resolusi webcam 720HD. Hmmm aku sih setuju klo RedmiBook 15 ini emang layak dapetin Best Value Laptop di tahun 2021 ini.

Best Value Wearable Device

Pricebook Editorial Choice 2021 juga menghadirkan pilihan gadget di segmen wearable device, mengingat pasar ini saat ini tidak terpisahkan dari pasar gadget di tahun 2021.

Best Value Smartwatch: realme Watch 2 Pro

Kita mulai segmen best value wearable device ini dengan kategori smartwatch. realme, berhasil menyita perhatian pengguna smartwatch dengan menghadirkan realme Watch 2 Pro, dengan kapasitas baterai besar yang mampu bertahan hingga 14 hari dan penggunaan GPS satelit ganda untuk meningkatkan presisi lokasi pengguna. realme Watch 2 Pro layak mendapatkan predikat Best Value Smartwatch.

Best Value Smartwatch Pricebook Editorial Choice 2021

Untuk penggunaan para penggemar olahraga, realme Watch 2 Pro dibekali 90 mode olahraga, dengan berbagai fitur yang memanjakan pengguna seperti fitur monitor oksigen darah dan detak jantung.

Best Value Smartband: Mi Smart Band 6

Generasi ke enam keluarga Mi Smart Band besutan Xiaomi ini menjadi pilihan Best Value Smartband pada Pricebook Editorial Choice 2021. Harga yang cukup terjangkau, dengan dibekali 30 mode olahraga serta sertifikasi 5ATM Water Resistant menjadikan Best Value Brand untuk kategori smartbrand ini dipegang oleh Mi Smart Band 6 sebagai pilihan terbaik untuk para pengguna smartband di tahun 2021 ini.

Best Value TWS: realme Buds Air 2

Best Value Wearable Device berikutnya kita fokus ke segmen earphone TWS. Kebutuhan hiburan tentunya akan kurang maksimal tanpa penggunaan earphone berkualitas, terlebih di tahun 2021, cukup banyak brand yang menghadirkan teknologi True Wireless Stereo (TWS) pada earphone buatan mereka.

Dan di kategori ini, Pricebook Editorial Choice 2021 memilih realme Buds Air 2 yang memiliki kemampuan delivery suara yang sangat baik. Adanya fitur Bass Boost+ untuk para penikmat yang ingin mendapatkan hentakan bass jernih berkat adanya Active Noise Cancelling.

Selain itu fitur Dual Mic Noise Cancellation, mampu mereduksi gangguan suara pada saat menelpon atau sedang melakukan perekaman. Ditambah dengan fitur gaming mode dan durasi pemakaian 25 jam, rasanya tidak berlebihan jika realme Buds Air 2 menyabet gelar Best Value TWS di Pricebook Editorial Choice 2021.

Kategori Brand

Selain 3 kategori utama, yakni smartphone, laptop dan wearable devices, tentunya ada perangkat lain yang menarik untuk disimak dan diminati para pengguna teknologi digital di Indonesia. Oleh karenanya Pricebook Editorial Choice 2021 turut mengangkat beberapa kategori Best Value Brand di bawah ini

Best Value Smart TV Brand: TCL

Pasar smart TV di satu sisi juga ikut menggeliat, kemampuan smart TV untuk dihubungkan dengan berbagai perangkat elektronik menjadi salah satu fitur yang dicari banyak orang. Untuk kategori Best Value Smart TV ini, Pricebook Editorial Choice 2021 memilih Brand TCL sebagai Best Value Smart TV Brand.

Perusahaan TCL mulai memproduksi TV LCD sejak 2008 mulai dari jenis DTV, ATV, HDTV, FHD, Android TV, UHD TV serta 8K QLED TV. TCL berhasil menerapkan teknologi Dolby Division yang dicombine dengan Trendsetting Quantum Dot pada 8K QLED TV ciptaan mereka sehingga muncul warna, kecerahan dan kontras terbaik di kelasnya. Dan Best Value Smart TV Brand dari Pricebook Editorial Choice 2021, turut mengamini kualitas produk Smart TV dari TCL.

Price to Quality Brand: realme

Sebagai sub-brand OPPO, realme mulai menancapkan performa dengan berbagai varian produk mereka, yang tidak hanya menyuguhkan teknologi terbaik dengan spesifikasi mumpuni, namun juga mampu memberikan harga yang affordable untuk para pengguna smartphone dan IoT.

Segmen menengah untuk smartphone realme rata-rata sudah menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh, dan pemilihan chipset gaming di kelasnya.

Di segmen IoT, realme menciptakan perangkat TWS dengan sertifikasi IPX5 yang tahan terhadap air hujan serta keringat berlebih. Misalnya realme Buds Air 2 yang dibanderol dengan harga kurang dari 1 juta.

Di kategori smartwarth sendiri, smartwatch besutan realme memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mendukung aktifitas berolahraga meski berharga kurang dari 1 juta.

Tidak ketinggalan, seperti pabrikan smartphone yang meramaikan pasar laptop, realme menawarkan realme Book, laptop dengan processor intel gen-11 ini sudah meluncur di pasar Indonesia, maka tak heran jika kategori Price to Quality Brand jatuh pada realme.

Best IoT Brand: Samsung

Mungkin ada yang bertanya dimana brand asal negeri ginseng Samsung berada? Samsung yang dulu merupakan pemimpin di segmen smartphone kini mulai merambah ke produk IoT, tentu tidak mengherankan karena merk ini punya sejarah panjang di dunia elektronik mulai dari smartphone, laptop, smartwatch, kamera, TV dan perangkat rumah tangga.

Samsung SmartThings mengakomodasi kinerja tiap device Samsung dalam satu aplikasi terintegrasi, dan bukan hanya smartphone flagship saja yang mampu menjalankan semua fitur SmartThings, melainkan juga produk-produk di level entry dan mid-end pun dapat mengakses semua fitur SmartTHings.

Smart Home Solution: Bardi

Jenama lokal satu ini memiliki beraneka produk penunjang smart home. Maka tak heran jika Bardi terpilih sebagai Pricebook Editorial Choice 2021 di kategori Smart Home Solution.

Produk Bardi, selain dapat dikonfigurasi menggunakan Bardi Smart Home Solution juga dapat terintegrasi secara penuh dengan aplikasi Google Home, Alexa, Siri, maupun Samsung SmartThings. Yang menarik, pengguna dapat menggunakan fitur Google Voice Assistant untuk mengontrol perangkat smart Bardi di dalam rumah

Affordable Data Package: Tri

Di segmen penyedia layanan paket data murah dengan kapasitas internet besar, provider Tri menjadi pilihan terbaik Pricebook Editorial Choice 2021. Dan sebagai pengguna Tri aku juga merasakan provider ini memang memberikan pilihan harga terjangkau namun dengan performa paket data yang berkualitas serta kapasitas paket yang mumpuni.

Omong-omong Apa Sih Pricebook?

Pricebook merupakan platform perbandingan harga gadget terbaik yang ada di Indonesia, para pengguna gadget dapat menemukan perbandingan berbagai produk teknologi terbaru mulai dari smartphone, laptop, smart tv, wearable devices, IoT dan masih banyak lagi di Pricebook.

Selain dapat diakses melalui website, Pricebook juga menyediakan berbagai channel di media sosial serta Youtube. Dan berikut adalah beberapa channel Pricebook

  • https://www.pricebook.co.id/
  • https://www.instagram.com/pricebook_id
  • /https://twitter.com/Pricebook_ID
  • https://www.facebook.com/Pricebook.co.id

 

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.