SEO Off Page: Pengertian dan Metode-Metodenya

Peran SEO Off Page pada Sebuah Website

Untuk meningkatkan performa sebuah website, tidak cukup dengan melakukan optimasi kata kunci pada konten artikel saja. Tapi juga harus mempertimbangkan upaya SEO Off Page pada website yang Anda jalankan. 

Selain kedua hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat website yang dikelola semakin optimal. Salah satunya adalah VPS (Virtual Private Server) yang berguna sebagai server pada website yang memiliki traffic yang tinggi.

Apa Itu SEO Off Page secara Keseluruhan?

SEO Off Page biasanya disebut sebagai off page optimization, secara garis besar merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan traffic sebuah website yang mengacu pada hal-hal di luar halaman website. Jadi, secara teknis SEO Off Page cenderung kebalikan dari upaya SEO On Page, namun memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan traffic pada sebuah website. 

Jika di dalam upaya SEO On Page berfokus pada internal link, keyword, dan konten artikel yang dibuat. Lain halnya dengan optimasi website menggunakan SEO Off Page yang lebih fokus dengan link building atau yang biasanya disebut sebagai backlink. 

Baca juga: Cara Menggunakan A/B Testing untuk Meningkatkan Penjualan Online Anda

Untuk mendapatkan peningkatan traffic, melakukan SEO Off Page atau On Page saja akan terasa kurang maksimalkan. Jika tidak disertai dengan menjaga dan meningkatkan reputasi brand awareness website yang Anda kelola. Oleh sebabnya semuanya harus berimbang untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Kenapa SEO Off Page Sangat Penting?

Melakukan upaya SEO Off Page sangat penting dilakukan, terutama jika Anda ingin meningkatkan brand awareness perusahaan atau bisnis. Ketika seseorang mencari tahu mengenai informasi terkait suatu produk atau brand, pastinya mereka akan mendapatkannya melalui mesin pencari seperti Google dan pengalaman dari orang-orang di sekitarnya.

Dengan melakukan upaya SEO Off Page, secara tidak langsung Anda memberi tahu kepada mesin pencari (Google) untuk mengetahui pendapat pengunjung mengenai brand Anda. Serta membantu meningkatkan performa website agar mudah ditembak oleh pengunjung.

Pengertian SEO off page dan teknik offpage

Sebagian besar orang menganggap bahwa metode SEO Off Page hanya berupa link building saja. Padahal tidak demikian, ada beberapa metode di dalam upaya SEO Off Page yang bisa dilakukan selain hal tersebut. Berikut akan membahas tentang macam-macam metode SEO Off Page yang bisa diterapkan pada website Anda.

Upaya SEO Off Page dengan Metode Lama

Mengapa metode SEO Off Page yang pertama dibahas disebut dengan metode lama? Disebut sebagai metode lama karena cara optimasi kali ini sudah tidak banyak dilakukan. Itu karena dianggap tidak terlalu efektif dalam meningkatkan performa website.

Baca juga: 7 Tips Content Advertising yang Efektif untuk Toko Online

Sehingga kebanyakan orang lebih memilih metode lain yang lebih cepat dan efektif, namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui metode lama ini. Jika, ingin mencobanya sebaiknya Anda tidak menaruh harapan besar karena kecil kemungkinannya bisa melewati celah tersebut. Berikut ini beberapa metode lama dalam upaya melakukan optimasi website dengan SEO Off Page.

  • Memasukkan website dalam mesin pencari, contohnya Google.
  • Mempromosikan website melalui forum dan sosial media.
  • Menggunakan website direktori.

Namun, metode lama tersebut juga bisa dilakukan sebagai upaya optimasi pendamping, setelah melakukan metode SEO Off Page yang cukup efektif seperti link building dan beberapa metode lainnya yang akan dibahas selanjutnya.

Metode Optimasi SEO Off Page yang Efektif 

Metode optimasi SEO Off Page yang akan dibahas tergolong cara baru dan terbilang efektif. Anda bisa melalui metode berikut ini untuk memaksimalkan traffic pada website Anda.

Link Building

Metode yang paling dinilai cukup efektif dalam melakukan optimasi SEO Off Page yaitu link building. Link building adalah sebuah upaya yang bertujuan untuk membuat website lain merekomendasikan website Anda kepada para pengunjungnya dengan mencantumkan link website Anda.

Aktivitas tersebut biasanya dikenal dengan istilah backlink, untuk mendapatkan backlink dari suatu website. Anda harus memastikan bahwa website tersebut memiliki kredibilitas yang bagus, jika asal memilih website malah akan menurunkan performa website Anda sendiri.

membacklink backlink tier building

Jadi sebaiknya gunakan jasa backlink yang terpercaya dan memiliki rekanan website yang memiliki kredibilitas yang baik. Jangan gunakan backlink dari website yang tidak relevan dan karena akan dianggap sebagai spam oleh Google.

Baca juga: Inspirasi Jenis Konten DIY untuk Blog Crafting dan Tips Pembuatannya

Backlink menjadi salah satu hal utama yang dijadikan penilaian oleh mesin pencari seperti Google, untuk menentukan kredibilitas suatu website. Dengan memiliki banyak backlink dari website yang berkualitas akan mendorong performa website Anda.

Itu karena di mata Google website Anda akan dinilai sebagai sumber terpercaya, melalui banyaknya link dari berbagai website yang relevan dan memiliki kredibilitas yang bagus. Pada umumnya website yang menempati posisi pertama di halaman Google.

Rata-rata memiliki backlink setidaknya 3 kali lebih banyak dibandingkan website yang memiliki posisi di bawahnya. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam melakukan backlink, di antaranya adalah:

  • Link building dengan mengunggah konten artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya berisi backlink ke website Anda.
  • Guest blogging dengan membuat konten artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya terdapat link rekomendasi menuju website Anda.
  • Broken link building dengan menjalin kerja sama dengan website lain untuk mengunggah konten artikel Anda di website tersebut sebagai pengganti konten yang mengalami broken link.

Meningkatkan EAT

Dengan meningkatkan EAT akan mengarahkan Google untuk mempercayai bahwa konten yang ditampilkan merupakan yang terbaik dan paling informatif. EAT atau singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness menjadi sebuah indikator yang menentukan kualitas suatu website yang sesuai dengan Search Quality Evaluator. 

Baca juga: Manfaat Video Testimonial untuk Media Marketing Bisnis Online

EAT menjadi faktor SEO Off Page yang sangat penting karena saat ini Google tidak ingin menampilkan informasi dan berita palsu di halaman pencariannya. Terutama pada konten yang berisi informasi seputar kesehatan, Google sangat berhati-hati untuk memberikan hasil pencarian yang akurat dan cepat.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan EAT pada sebuah website, di antaranya dengan cara berikut:

  • Brand Mention

Cara melakukan brand mention dengan cara bekerja sama dengan website lain untuk menyebut brand atau website Anda, baik tanpa memberikan link ataupun dengan menyertakan link menuju ke website Anda. Keduanya memiliki efek yang baik untuk meningkatkan EAT pada website Anda.

tips digital marketing branding strategy

Tapi, secara umum brand mention yang paling bagus yaitu dengan menyertakan link website yang dimaksud. Selain EAT meningkat, Anda akan mendapatkan tambahan traffic dari website tersebut.

  • Backlink dari Seed Sites

Seed sites merupakan website yang memiliki rekam jejak yang bagus menurut Google karena dinilai menyajikan informasi yang akurat. Contohnya seperti portal berita dan website yang menggunakan domain EDU dan GOV. Dengan mendapat backlink dari jenis-jenis website tersebut, EAT website Anda akan mengalami peningkatan yang signifikan.

  • Review Positif

Review positif dari konsumen atau pengunjung juga dapat meningkatkan EAT dalam upaya optimasi SEO Off Page pada website Anda. Review yang positif akan menjadi bukti yang kuat  menurut Google Quality Rater dalam menentukan bahwa website tersebut memiliki reputasi yang baik.

Baca juga: Manfaat Ulasan Produk bagi Bisnis Online

Setelah mengetahui metode yang efektif dalam upaya melakukan SEO Off Page untuk meningkatkan traffic dan performa website. Ada hal penting yang harus diketahui bahwa, semakin tinggi aktivitas traffic pada sebuah website. Anda membutuhkan VPS sebagai web hosting,  karena memiliki resource dan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.