Curug Pulosari, Wisata Alam Jogja di Kesunyian

Penggemar wisata alam Jogja mungkin bisa menyambangi salah satu air terjun yang terletak di Dusun Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul ini. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja. Di sekitar lokasi Curug Pulosari juga terdapat Air Terjun Banyunibo, dan Kedung Pengilon. Pengunjung dapat menyambangi ketiga lokasi wisata Jogja tersebut sekaligus melakukan wisata sejarah ke Goa Selarong, markas Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah. Dari Arah Jogja, pengunjung bisa masuk melalui pintu masuk Desa Wisata Kasongan. Dari sentral produksi gerabah di DIY ini pengunjung bergerak ke arah barat, melewati perempatan ke arah Goa Selarong sampai mentok di pertigaan Tugu Gentong, ambil kiri ke arah Pajangan. Selanjutnya mengikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk arah Jurang Pulosari di sisi kiri jalan.

Curug Pulosari dikenal juga dengan sebutan Jurang Pulosari, karena lokasi obyek wisata alam Jogja ini memang berada di bawah jurang. Untuk menuju ke lokasi sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat bisa masuk hanya sampai di lahan kosong yang terletak pada tebing sebelum lokasi parkir yang disiapkan oleh warga. Untuk menuju lokasi parkir pengunjung harus turun dari tebing dan memarkir kendaraan di salah satu pekarangan warga. Lalu melanjutkan turun ke dalam jurang.

wisata alam jogja curug pulosari pajangan

Lokasi Curug Pulosari masih sangat asri, pengunjung harus menuruni tangga dari batu dan tanah yang dibuat secara mandiri oleh warga. Pengunjung juga perlu berhati-hati pada saat musim hujan agar tidak tergelincir. Di bagian bawah curug. Kita bisa menyaksikan beberapa bongkahan batu yang terletak di bawah curug. Dengan air terjun yang kurang lebih tingginya hanya 5 meter. Meski tidak terlalu tinggi namun pada musim hujan curug ini memiliki debit air yang cukup banyak dan indah karena cukup lebar grojokannya.

wisata alam jogja curug pulosari

Pengunjung juga dapat menikmati hamparan gunung yang terletak di sebelah atas air terjun. Ada beberapa gazebo yang dibuat mandiri oleh warga untuk pengunjung yang datang ke sana. Kamar mandi di lokasi ini ada dua.  Dua unit yang berada di bawah tidak digunakan karena tidak ada instalasi air bersih, sementara di bagian atas sebelah selatan terdapat dua unit yang disupply warga menggunakan pipa paralon. Sangat disarankan menaiki curug dari sisi sebelah utara air terjun yang lebih rendah. Sisi selatan meski terlihat rendah tapi memiliki ketinggian hampir 2 kali lipatnya.

Curug Pulosari, Wisata Alam Jogja di Kesunyian 19624636 185004662034597 1391977528876335104 n

Tarif masuk di lokasi wisata alam Jogja Curug Pulosari ini gratis. Hanya biaya parkir yang diberikan kepada warga.