Belajar Cara Membuat Program Fundraising

Buat kalian yang sedang menjadi pengurus organisasi/komunitas tentunya mengenal apa itu program fundraising. Program ini merupakan salah cara cari sponsor yang bisa dilakukan guna mendapatkan tambahan finansial guna menyelenggarakan agenda kegiatan organisasi/komunitas kalian. 

Nah bicara soal program fundraising ini tentunya kalian perlu memahami bagaimana cara mendapatkan sponsor agar tertarik mendanai program yang tengah kalian jalankan. Artikel ini akan mencoba mengupas tips bagaimana mengajukan kerjasama sponsor yang bisa kalian terapkan di dalam komunitas kalian nantinya. 

Cara Mendapatkan Dana Lewat Program Fundraising

Program fundraising adalah aksi penggalangan dana untuk mendukung program utama sebuah organisasi, baik untuk kegiatan kemanusiaan, event komunitas maupun pendidikan agar memperoleh dana segar dari pihak lain.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan sponsor event komunitas yang bisa kalian terapkan

Buat Proposal Kegiatan Terperinci

Proposal kegiatan adalah hal pokok dalam program fundraising, fungsi prosopal kegiatan menginformasikan mengenai latar belakang akan dilaksanakannya kegiatan tersebut, tujuan kegiatan, susunan panitia, kebutuhan biaya, konsep dan tema kegiatan, rundown acara serta impact yang diharapkan dari penyelenggaraan event komunitas tersebut.

Kalian perlu menyebutkan deskripsi acara tersebut secara terperinci guna menarik minat pihak ketiga yang akan kalian gandeng dalam kerjasama sponsor ini. 

BACA JUGA:   Foodbank Of Indonesia Menyelenggarakan Qurban Hingga Pelosok

Gunakan Desain Visual yang Menarik 

Desain visual menarik dalam proposal program fundraising ini tidak sekedar mendesain covernya saja lho ya, tetapi juga bagaimana panitia membuat proposal yang memiliki desain visual menarik secara keseluruhan dari depan hingga akhir proposal.

Sebagai contoh, jika event kalian menargetkan pelajar usia sekolah menengah atas, kalian bisa buat dalam bentuk grafis, rentang usia target event, jenis kelamin dan bagaimana demografi tersebut dapat membuat pihak lain tertarik karena event yang kita selenggarakan ditujukan untuk target market yang sama dengan bisnis mereka.

Alih-alih membuat latar belakang dalam bentuk paragraf panjang yang melelahkan dibaca, kamu bisa hadirkan infografis yang menyebutkan pentingnya event kamu diselenggarakan.

Menurut PandaDoc, proposal jenis visual ini akan memberikan impact yang lebih baik saat dihadapkan pada calon pemberi sponsor agar mereka mau terlibat dalam kegiatan kita sebagai penyandang dana.

Buat Grading Sponsorship

Grading sponsorship adalah cara kalian untuk memberikan opsi pada calon donatur guna bergabung dalam kerjasama sponsor kalian. Mereka bisa memilih opsi A, B, C dari yang kita tawarkan.

Semakin tinggi nominal, maka semakin tinggi pula presence brand mereka di acara kita. Sebagai contoh sponsor utama dengan nominal pendanaan Rp. 20 juta berhak mendapatkan ekslusivitas brand mereka akan disandingkan dengan nama event yang kita buat.

Logo brand akan tampil di semua media yang kita buat mulai dari pemutaran iklan selama acara, penyebutan oleh MC, banner, poster, kaos, social media, dan seterusnya.

Grade B misal nominal pendanaan Rp. 7 juta rupiah berhak mendapatkan logo di banner, poster, penyebutan oleh MC, social media dan lain sebagainya

Grade C nominal pendanaan Rp. 1 juta ke atas, mendapatkan penyebutan MC, banner, social media dan poster.

BACA JUGA:   Dukung Masker Untuk Indonesia

Jelaskan Benefit yang Mereka Dapatkan

Perusahaan, pelaku usaha, UMKM tentu gak ingin mengeluarkan uang begitu saja untuk membiayai sebuah program yang tidak memberi manfaat bagi mereka. Orientasi mereka adalah bisnis, jadi meski program fundraising kamu adalah program sosial, tetap saja kalian perlu mengakomodir kebutuhan promosi dari para sponsor.

cara membuat program fundraising proposal pengajuan dana

Jelaskan dalam proposal apa benefit yang mereka dapatkan dengan memberikan sponsor dalam nominal tertentu. Pembuatan grading dan mockup desain promosi seperti banner, kaos, poster akan membantu mereka melihat presence brand mereka selama acara.

Infokan juga bahwa segmen market dari event ini sama dengan segment market mereka, sehingga mereka bisa overriding acara ini sebagai marketing event mereka juga

Gunakan Bahasa Yang Tepat

Jika kalian membuat program fundraising, sudah tentu tujuan pengajuan sponsorship kalian adalah dunia usaha, seperti perusahaan, UMKM, instansi pemerintah, LSM dan lain sebagainya.

Sesuaikan bahasa dalam proposal kalian sesuai target penyandang dana yang kalian sasar, untuk instansi pemerintah dan perusahaan BUMN misalnya tentu bahasa yang dipergunakan lebih baku dibanding kita mengirimkan kerjasama sponsor ke pelaku UMKM.

Gunakan Social Media/Minisite

Kalian bisa membuat social media atau minisite untuk menampilkan detail acara yang akan kalian buat tersebut. Social media komunitas dapat menjadi garda terdepan untuk menginformasikan event yang akan digelar, sekaligus menjadi ajang promosi untuk para penyandang dana, bahwa produk mereka dapat ditampilkan secara gratis di social media/mini site komunitas tersebut.

Daftarkan Komunitas/Event di MudaBerdaya

MudaBerdaya.id adalah sebuah platform yang berupaya mengembangkan kreativitas anak muda, di sekolah, kapus maupun komunitas guna mendapatkan pendanaan dari berbagai sumber. MudaBerdaya by ST22 Youth Empowerment, bisa memberikan benefit untuk komunitas/organisasi kita dalam program fundraising berupa dana organisasi, dana sponsorship, dana kewirausahaan, penghasilan tambahan serta berbagai benefit lainnya. 

Dalam upaya mendukung pengembangan diri anak muda ini MudaBerdaya bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan brand untuk kerjasama sponsor sebagai bentuk CSR perusahaan. Nah dengan MudaBerdaya ini, kalian bisa cari sponsor event dengan lebih mudah tentunya. 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.