Cara Membuat Artikel Baru Cepat Terindeks di Moz

Saat menerima job placement, salah satu kebutuhan yang dibutuhkan selain backlink tentunya agar artikel baru cepat terindeks, baik di Google Search maupun lewat Moz. Memang tidak semua klien meminta hal ini, beberapa klien tidak terlalu peduli dengan kecepatan indeks artikel di Google, beberapa hanya butuh backlink saja. Namun beberapa yang lain juga membutuhkan indikator awareness lain seperti pageview, jumlah komentar maupun wajib terindeks,baik itu terindex di Google SERP, search console, Moz, ahrefs maupun tools SEO yang lain .

Artikel kali ini aku gak mau bahas soal cara membuat artikel baru cepat terindeks di Google. Beberapa poin sudah pernah aku sampaikan dalam artikel-artikel yang terkait dengan SEO maupun Google Search Console, silahkan kepoin artikel-artikel tersebut ya gengs. Disini aku mau fokus pada cara membuat artikel baru cepat terindeks di Moz.

Oke, buat kalian yang belum tau Moz, Moz adalah salah satu penyedia layanan pengecek authority website, parameter ini yang sering kalian dengar adalah DA dan PA. Domain authority dan page authority merupakan 2 parameter yang diciptakan oleh Moz untuk mengukur tingkat trust worthy sebuah halaman atau website. Parameter lain yang juga diciptakan Moz antara lain Moz Rank, Moz Trust dan tentu saja spam score yang juga udah pernah aku bahas di artikel lain.

Sedikit cerita sebelum aku mulai ngasih tau tips agar artikel terbaru kalian bisa dengan mudah terindeks oleh Moz, adalah saat akhir tahun kemaren. Dimana pada salah satu campaign, backlink dari artikelku tidak kunjung muncul di aHrefs. Lho kok aHrefs? yep, waktu itu emang case yang bermasalah adalah indexing dari ahrefs.

Dari hasil risetku selama kurang lebih 3 minggu untuk memunculkan backlink dari situsku itu aku menemukan clue mengapa backlink dari artikelku tidak kunjung terindeks di ahrefs? Mengapa artikel tersebut susah sekali terindex? Meskipun aku sudah menambahkan cukup banyak backlink baru.

Dan dari sinilah aku kemudian mencoba untuk melakukan beberapa eksperimen, dan bisa digunakan untuk mempercepat artikel baru terindeks, baik di Google Search, Moz maupun Ahrefs.

Cara Membuat Artikel Baru Cepat Terindeks di Moz

Dari pengalamanku, beberapa artikel baru yang cepat terindeks di Moz karena artikel tersebut melakukan sindikasi. You know what i mean? Yes, dalam artian, gini deh. Coba perhatikan beberapa website besar seperti Mojok.co dan Tirto.id, di bagian bawah artikel mereka, ada informasi mengenai artikel terbaru dari rekan sejawat. Rekan sejawat ini siapa?

BACA JUGA:   Membangun bisnis online berbasis hobi

Tips Cara Membuat Artikel baru Cepat Terindeks di Moz

Aku gak beneran tahu sih hubungan sejawat mereka apaan dengan Tirto dan Mojok, kesimpulanku mereka berada di grup media yang sama sehingga mengijinkan sindikasi di website sebesar 2 web itu. Dengan adanya backlink dari kedua situs tersebut, maka website lain pun naik DA nya, punya peluang mendapatkan lebih banyak pengunjung dari klik referral serta lebih cepat terindeks.

Darimana aku tahu? karena aku juga meriset beberapa artikel terbaru di website-website sindikasi tersebut dan kurang lebih 36 jam artikel tersebut sudah terindeks di Moz, berikut backlink ke situs lain, jika ada. Tidak sulit untuk artikel terbaru mereka nangkring di hasil pencarian Google maupun muncul dalam daftar url yang terdeteksi di Moz.

Hal yang sama aku terapkan pada beberapa artikel milik rekan yang juga ikut campaign yang sama dan sudah lebih dulu terindeks. Sebagai blogger tentu kalian bertanya, salahku dimana?

Sindikasi adalah Kuncinya

Sindikasi, dalam dunia blogging dikenal dengan istilah RSS, Really Simple Syndication,atau bahasa yang lebih umum adalah feed. Dengan memiliki feed, kita bisa melakukan update otomatis ke social media seperti FB, Twitter, LinkedIn dan Pinterest, saat kita mempublish sebuah blog baru.

Sayangnya, setiap jenis website di atas adalah social media, dan sosial media umumnya punya kebijakan tersendiri terkait perijinan bot crawler untuk merayapi URL milik mereka. Jadi meski kita sering sharing di grup facebook  pun, belum tentu artikelnya terindeks, karena backlink yang kita buat ada di social media. Solusinya adalah mendapatkan backlink terhadap artikel terbaru dari website lain selain sosial media.

Tempatkan RSS Blog Kita di Blog Lain

Jika kita memiliki lebih dari satu blog, kita bisa menggunakan sidebar masing-masing blog untuk menempatkan RSS blog lain yang kita miliki dengan bantuan widget. Anggaplah aku punya blog A dan blog B, Di blog A aku memasang widget RSS milik blog B, begitu juga sebaliknya aku memasang RSS milik blog A di blog B. Cukup 2-3 artikel untuk setiap feed, mengapa memilih teknik ini? RSS ini sifatnya automatis, saat ada artikel baru di blog A, maka di blog B feed tersebut akan menampilkan link menuju artikel terbaru

Mengapa Memilih Menempatkan Feed di Sidebar

Lalu ada pertanyaan, bukankah itu nanti jadinya link juice atau link reciprocal? Memang iya, tapi gak masalah lah, toh linknya balik juga ke sesama website kita. Jika Tirto dan Mojok aja melakukannya kenapa kita mesti takut?

Lagipula, jika masalah yang kita takutkan adalah link juice, buatlah Feed blog A di blog B, feed blog B di blog C dan seterusnya, jika kita memiliki cukup banyak blog alternatif maupun dummy blog.

BACA JUGA:   Mewarnai Indonesia, Kelas Blogging Gratis Bareng Pojok Duta Damai

Mengapa menempatkan link feed tersebut di sidebar? Alasan pertama adalah sidebar diload oleh semua halaman, sama seperti link homepage, menu dan footer. Jika blog B punya 100 halaman, maka artikel terbaru blog A akan punya 100 backlink baru, dan satu atau duanya bakalan terendus oleh botcrawler. Dengan demikian artikel blog tersebut akan lebih cepat terindeks di Moz.

Jika Ada Artikel Baru Lagi, Linknya Ilang Dong?

Jika kita hanya menempatkan 1 item pada feed, jelas link akan hilang, makanya tadi aku sarankan 2-3 artikel, berapa estimasi artikelnya bergantung kecepatan produksi konten kalian. Jika seminggu kalian bisa membuat 4 artikel di blog A, ya saran aku buatlah item feed A pada blog B sebanyak 4 item. Ini agar 4 artikel terbaru tersebut punya backlink paling tidak selama satu minggu.

Tapi Aku Cuma Punya Blog 1 Doang

Bikin dong blog dummy, kan gratis bisa pake blogspot sama wordpress.com, kalian juga bisa tukeran feed dalam bentuk blogroll di blogspot dengan teman, cuma ya lebih enak kalo blog punya sendiri sih. Blog baru itu tidak perlu punya banyak konten, atau harus update rutin enggak, namanya dummy, toh yang kita update cuma link terbaru ke blog utama kita.

Cara Mempersiapkan Feed Agar Artikel Cepat Terindeks Moz

Tutorial ini digunakan untuk blog yang akan menjadi tempat kita memasang feed ya, jika kita ingin artikel di blog A yang cepat terindeks, maka kalian perlu mempersiapkannya di blog B. Caranya sebagai berikut

Pengguna WordPress

Untuk blog B yang wordpress silahkan ikuti tutorial berikut

  1. Masuk ke dashboard wordpress kalian
  2. Buka tampilan – widget
  3. Drag n Drop menu RSS pada sidebar
  4. Tempatkan di bagian paling bawah atau footer tidak masalah
  5. Masukan URL umpan untuk feed RSS, misalnya https://anotherorion.com/feed/
  6. Berikan judul umpan RSS dan tentukan berapa banyak artikel baru yang boleh muncul
  7. Klik tombol selesai.

Pengguna Blogspot

Jika kalian menggunakan blogspot sebagai blog B, maka cara membuat artikel terbaru cepat terindeks di Moz lewat metode RSS ini adalah

  1. Masuk ke halaman dashboard blogger
  2. Pilih Layout
  3. Di bagian sidebar pilih add Gadget
  4. Pilih RSS
  5. Masukan URL umpan blog A
  6. Tentukan jumlah item feed yang diijinkan
  7. Klik OK
  8. Jangan lupa simpan layout

Setelah melakukan tahapan di atas, silahkan cek di homepage atau halaman apapun pada blog B dan pastikan feed terbaru dari blog A sudah muncul di bagian sidebar. Jika kalian mempublish artikel terbaru di blog A, secara otomatis di seluruh halaman blog B kalian sudah mendapatkan backlink organik. Tinggal silahkan dicek menggunakan Moz dalam waktu 24 jam. Metode ini umumnya berhasil membuat artikel terbaru terindeks dengan cepat di Moz berkat penanaman backlinknya. Selamat mencoba

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.